Penting untuk Masa Depan, Ini Bedanya Hobi dan Passion

Penting untuk Masa Depan, Ini Bedanya Hobi dan Passion

One comment

Tak banyak yang tahu apa perbedaan antara hobi dan passion. Banyak yang beranggapan jika keduanya merupakan hal yang serupa dan sama, tapi sejatinya kedua hal tersebut sangatlah berbeda. Meskipun demikian, hobi dan passion masih memiliki kaitan yang cukup erat antara satu dengan yang lain.

Sebelum lebih jauh mengenali apa saja perbedaan dari hobi dan passion, mengetahui pengertiannya adalah sebuah keharusan.

Secara literal, passion memiliki arti sebagai sebuah gairah. Lantas apakah arti gairah di sini sama dengan hobi yang bermakna kegemaran? Berikut perbedaan yang cukup menonjol antara kegemaran dan gairah. 

Baca Juga: Siapa Bilang Mahasiswa Tidak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

5 Perbedaan Hobi dan Passion

1. Tidak Berkaitan dengan Uang

Cukup berbeda dengan kegemaran atau hobi, gairah merupakan sesuatu yang tak melulu harus berkaitan dengan uang atau materi setiap kali ingin mengerjakannya. Anda bahkan akan secara tulus mengerjakannya dengan teratur dan rutin hingga mendapatkan hasil maksimal. Barulah, usaha tersebut bisa menghasilkan uang.

Sementara hobi cenderung berkaitan dengan sebuah tren yang sedang booming. Tren membuat seseorang harus mengeluarkan uang atau materi untuk bisa mengikuti segala perkembangannya. 

Misalnya saja saat ini sedang tren bersepeda, pastinya akan muncul banyak penggemar sepeda baru. Untuk memenuhi hobinya, tentu butuh sepeda, bukan? Karena hal inilah seseorang harus membeli sepeda baru agar bisa mengikuti hobinya. 

2. Berdampak Luas Bagi Banyak Orang

Seseorang dengan gairah atau passion yang besar dalam dirinya merupakan orang yang akan melakukan sesuatu hal yang besar pula. Selain itu, orang tersebut juga akan mengumpulkan segala informasi yang terkait lalu menyebarkannya pada semua orang yang memerlukan.

Misalnya saja, seseorang memiliki sebuah passion di dunia fotografi atau hal yang lain. Tentu yang akan dilakukan bukan cuma sekadar memotret saja untuk mendapatkan gambar yang bagus. Melainkan juga akan membuat banyak orang jadi terinspirasi dengan karya yang telah dihasilkan.

Hal ini, sedikit berbeda dengan yang namanya hobi. Hobi cenderung berkutat pada kepentingan pribadi atau kepuasan diri sendiri. Biasanya hal tersebut tidak banyak berpengaruh pada kehidupan orang lain.

3. Lebih Mendalami Satu Bidang Tertentu

Jika saat ini Anda sedang merasa jatuh cinta atau tertarik dengan suatu hal, tentu akan ada usaha atau tindakan yang nyata untuk menjadi seorang expert di bidang tersebut. Misalnya saja, saat ini Anda sedang suka sekali membuat vlog dan merasa jika vlog tersebut bermanfaat bagi banyak orang. 

Ini saatnya untuk mulai menekuni hal tersebut dan membagikannya ke social media yang memiliki pengaruh lebih besar, seperti Youtube dan Instagram. Dari social media tersebut juga Anda bisa memperoleh banyak penghasilan.

Sementara hobi hanya sebagai kegiatan yang dilakukan untuk menghilangkan rasa jenuh, stres, dan sebagainya. Tentunya, hal ini juga akan hilang atau berganti dengan hobi yang baru seiring dengan berjalannya waktu.

4. Tak Pernah Tergerus Zaman

Dibandingkan dengan hobi, passion lebih diiringi dengan adanya tekad di dalam hati yang cukup kuat. Jadi tak akan mudah gampang tergerus oleh zaman maupun keadaan apapun.

Seseorang bahkan akan melakukan apapun untuk mewujudkan gairah akan sesuatu hal demi bisa mendapatkan kepuasan batin. Sehingga, gairah bisa memberikan kepuasan pada batin sementara hobi hanya memberikan kepuasan secara lahiriah saja. 

5. Hobi dan Passion dapat Berjalan Berdampingan

Meski antara hobi dan passion memiliki sejumlah perbedaan, namun keduanya dapat berjalan secara beriringan. Terlebih lagi jika Anda mampu menyeimbangkan keduanya maka akan banyak uang yang bisa dihasilkan dengan sangat mudah dan menyenangkan. 

Karena itu, dari sekarang mulailah menggali setiap potensi dan juga passion yang ada dalam diri Anda. Kemudian jangan sampai lupa untuk meluangkan sedikit waktu untuk menyalurkan hobi supaya pikiran tetap fresh.

Terlebih di saat akhir pekan telah tiba, tentu harus lebih banyak meluangkan waktu untuk sekadar bersenang-senang dengan hobi.

Passion dan Manfaatnya Untuk Masa Mendatang

Anda dapat menjadikan passion untuk menjadi pembuka jalan sukses dalam meniti karir. Sebab pada dasarnya memang bukan cuma sekadar kesukaan ataupun kegemaran saja tapi lebih pada panggilan hati.

Apalagi jika Anda melakukan sesuatu hal atas dasar panggilan dari hati, tentu semua masalah yang menghadang tak lagi menjadi halangan. Dengan besarnya gairah atau passion akan suatu hal atau bidang tertentu, ini membuat gambaran masa depan nanti menjadi terlihat sangat jelas.

Dengan begitu, buah dari ketekunan dan keseriusan dalam berpegang teguh pada passion akan berbuah kesuksesan di kemudian hari. Dari sekarang temukan apa yang menjadi passion Anda saat ini, untuk membantu menata masa depan yang lebih baik. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Naik Daun Akibat Pandemi, Ini Keuntungan Investasi Emas

1 comments on “Penting untuk Masa Depan, Ini Bedanya Hobi dan Passion”

Comments are closed.