Tidak Sulit! Ini Cara Efektif Mencatat Keuangan

Tidak Sulit! Ini Cara Efektif Mencatat Keuangan

No comments

Apakah saat ini mencatat keuangan sudah menjadi kebiasaan yang rutin dilakukan? Jika ya, berarti tujuan finansial Anda akan segera tercapai. Meskipun kebiasaan tersebut punya banyak manfaat tapi tidak sedikit juga orang yang masih kesulitan untuk melakukannya. 

Bahkan kegiatan mencatat keuangan dirasa belum cukup maksimal untuk bisa mengatur keuangan secara efektif. Nah, supaya kebiasaan mencatat keuangan jadi lebih efektif, lakukan beberapa hal ini.

Baca Juga: Siapa Bilang Mahasiswa Tidak Bisa Menabung? Ini Tipsnya

Cara Efektif dalam Mencatat Keuangan

1. Catat Keuangan Segera

Segera catat apapun pengeluaran yang dilakukan, baik belanja kebutuhan sehari-hari atau sekadar beli jajan dan pulsa. Lalu jangan lupa untuk mencatat dari mana uang tersebut dikeluarkan, apakah dari dompet, kartu debit, atau bahkan dari kartu kredit?

Kebanyakan orang, kerap menunda-nunda untuk mencatat apa saja pengeluaran yang dilakukan hingga membuatnya terlupakan, bahkan tidak sampai tercatat. Nah, hal inilah yang mungkin menjadi lubang tersembunyi dan bisa membuat pengeluaran membengkak di luar dugaan. 

Oleh karena itu, ada baiknya untuk segera catat semua transaksi yang dilakukan sesampainya di rumah. Tulis semua secara rinci atau simpan semua nota struk belanja, supaya nanti bisa dievaluasi kembali. Kebiasaan ini terbukti cukup efektif dalam membantu mencatat keuangan jadi lebih mudah.

2. Buat Anggaran Keuangan

Meski terdengar klise, namun dengan membuat anggaran keuangan, proses mencatat keuangan akan jadi semakin efektif. Cara ini sebaiknya dilakukan sebelum mulai mencatat pengeluaran yang dilakukan. Dengan memiliki anggaran, Anda akan jadi lebih mudah untuk mengontrol pengeluaran. 

Walaupun misalnya Anda kelupaan mencatat pengeluaran yang dilakukan, anggaran tersebutlah yang akan membantu mengingat dan melacak ke mana saja uang tersebut dikeluarkan.

3. Gunakan Aplikasi Pencatat Keuangan

Di era digital yang semakin modern seperti saat ini, Anda juga bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk membantu mencatat keuangan. Ada banyak aplikasi keuangan yang tersedia di Play Store (untuk pengguna Android) dan App Store (untuk pengguna iOS). 

Anda bisa memilih satu dari ratusan aplikasi pengatur keuangan tersebut dan jangan lupa untuk memilih aplikasi yang sekiranya mudah untuk dioperasikan.

Jadi, tak perlu repot membawa catatan ke mana-mana. Cukup dengan smartphone yang dimiliki, Anda sudah bisa mencatat semua pengeluaran yang dilakukan setiap hari. Sehingga pengeluaran yang dilakukan bisa langsung dicatat, tanpa harus menunggu sampai di rumah. 

4. Review Catatan Keuangan Setiap Hari

Setelah rutin mencatat keuangan yang dilakukan, jangan sampai lupa untuk menyisakan waktu paling tidak 5 – 10 menit untuk me-review ulang catatan keuangan yang sudah dibuat. Kemudian bandingkan lagi dengan anggaran pengeluaran yang sebelumnya sudah dibuat.

Cek apakah semuanya sudah sesuai dengan anggaran atau bisa jadi pengeluaran yang dilakukan justru lebih banyak? Ingat-ingat kembali adakah pengeluaran yang belum tercatat supaya hasilnya sesuai dengan kenyataan yang terjadi. 

Review setiap hari ini, akan memudahkan pencatatan keuangan nantinya serta meminimalisir kesalahan catatan pengeluaran yang mungkin saja terlupa karena banyaknya pengeluaran yang dilakukan. 

5. Jadikan Kebiasaan Mencatat Keuangan Sebagai Kebutuhan!

Yang tak kalah penting agar kegiatan mencatat keuangan jadi semakin efektif ialah dengan menanamkan anggapan bahwa mencatat keuangan adalah kebutuhan. Anggapan ini penting untuk ditanamkan dalam benak dan pikiran diri sendiri. 

Pasalnya, kebiasaan mencatat keuangan kadang masih dianggap bukan hal yang penting atau sebuah keharusan. Sehingga saat melakukannya, Anda jadi merasa terpaksa dan terbeban hingga akhirnya malas-malasan. Hal inilah yang justru membuat kebiasaan mencatat keuangan jadi tidak efektif sama sekali, bahkan sia-sia belaka.

Namun, ketika pola pikir diri sendiri sudah berubah dan mulai menyadari betapa pentingnya kebiasaan mencatat keuangan. Maka, tak akan ada rasa terpaksa bahkan dengan sendirinya merasa jika kebiasaan tersebut sangat penting untuk dilakukan demi menjaga kondisi keuangan pribadi tetap terkendali.

Jadi bangun anggapan atau pola pikir bahwa mencatat keuangan itu penting untuk mendukung kehidupan finansial yang lebih tertata dan terjamin. 

Biasakan Diri Mencatat Keuangan dari Sekarang

Mencatat keuangan punya banyak sekali manfaat, terutama untuk membantu mengelola keuangan agar tetap terkendali. Dengan menjadikan hal tersebut sebagai kebiasaan, setidaknya keuangan jadi lebih terorganisir dan tidak akan berantakan. 

Beberapa cara tersebut bisa Anda gunakan untuk membantu melakukan pencatatan keuangan pribadi secara lebih efektif. Jangan lupa, bangun juga pola pikir bahwa mencatat keuangan sangat penting sehingga tidak akan membebani diri sendiri dan jauh lebih maksimal saat mempraktikannya.

Baca Juga: Penting untuk Masa Depan, Ini Bedanya Hobi dan Passion