Rekomendasi Skincare untuk Kulit Sensitif Agar Wajah Makin Cantik

No comments

Bagi pemilik kulit sensitif, memilih produk skincare bisa jadi tantangan tersendiri. Keliru dalam memilih skincare, bisa-bisa kulit wajah terasa perih bahkan muncul kemerahan akibat iritasi. 

Terlebih di usia yang masih remaja, umumnya kulit cenderung lebih sensitif dan mudah berjerawat. Untuk itu, pemilihan skincare yang sesuai sangatlah penting untuk diperhatikan.

Agar tahu produk skincare tersebut sesuai atau tidak untuk kulit wajah kamu, penting untuk membaca kandungannya lebih dulu. Pastikan tidak ada kandungan bahan-bahan yang dapat memicu iritasi maupun alergi misalnya Paraben, alkohol, SLS, maupun pewangi buatan. 

Akan lebih baik jika memilih produk skincare yang sifatnya melembutkan atau menenangkan. Buat kamu yang masih bingung soal produk skincare untuk kulit sensitif, berikut rekomendasi produk skincare yang wajib dimiliki untuk kulit wajah sensitif. 

1. Pembersih wajah oil based 

Pembersih wajah oil based

Buat kamu pemilik jenis kulit sensitif, sebaiknya gunakan pembersih wajah dengan oil based daripada water based. Penggunaan pembersih wajah dengan bahan dasar air biasanya dengan kapas. Hal tersebut dapat mengakibatkan iritasi pada kulit dikarenakan gesekan kapas. 

Jadi pastikan untuk memilih pembersih wajah berbahan dasar minyak ketimbang yang lain. Akan tetapi, pastikan untuk lebih teliti saat memilihnya karena akan sangat berpengaruh pada kondisi kulit.

2. Sabun wajah bebas deterjen

Sabun wajah bebas deterjen

Produk pembersih wajah selanjutnya yang mesti dimiliki oleh pemilik kulit wajah sensitif adalah facial wash yang tidak mengandung deterjen. Pasalnya, kandungan deterjen dalam sabun wajah membuat seluruh minyak di kulit wajah terangkat, sehingga membuat kulit wajah terasa kaku setelah dibasuh dengan sabun wajah. 

Hal ini akan membuat kulit mudah mengalami iritasi karena kandungan minyak alaminya hilang. Selain itu kelembaban kulit wajah juga berkurang, jadi sebaiknya pilih facial wash yang bebas deterjen.

3. Gunakan toner berbahan alami 

Gunakan toner berbahan alami

Produk skincare yang selanjutnya harus dimiliki oleh pemilik wajah sensitif adalah toner. Tapi pastikan toner tersebut mengandung bahan-bahan yang alami dan mampu menenangkan kulit. Seperti chamomile, aloe vera, dan calendula

Toner yang berbahan calendula juga dapat menjadi anti-bacterial untuk kulit wajah, bahkan juga menjadi immunostimulant yang mampu meredakan iritasi pada kulit wajah akibat jerawat. Sementara toner berbahan Aloe Vera mampu memberikan kelembaban yang baik pada kulit sensitif dan mencegah terjadinya iritasi.

4. Pelembab wajah bebas silikon, alkohol, hingga pewangi buatan 

Pelembap wajah

Untuk pemilik jenis kulit sensitif sangat disarankan untuk memilih produk pelembab wajah yang bebas kandungan silikon, alkohol, dan pewangi buatan. Pasalnya penggunaan silikon untuk wajah jangka panjang dapat mengganggu fungsi alami kulit dan menciptakan lapisan di kulit wajah yang dapat membuat pori-pori tersumbat. 

Sementara penggunaan alkohol dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi lebih kering, dan pewangi buatan dapat memicu alergi dan iritasi pada kulit wajah.

5. Face mist

Face mist

Bagi pemilik kulit wajah yang sensitif, face mist bisa jadi skincare wajib yang harus dimiliki. Terlebih jika kamu harus bekerja di ruangan yang ber-AC sepanjang hari, karena akan membuat kulit wajah cenderung kering. Menggunakan pelembab wajah biasa tak akan cukup menghidrasi kulit sensitif dan cenderung kering.

Setelah 2-3 jam menggunakan pelembab biasa, kelembaban kulit wajah akan mulai berkurang. Apalagi jika kamu berada di ruangan ber-AC, di saat itulah kulit wajah butuh face mist

Untuk kulit wajah sensitif, sebaiknya pilih face mist bebas pewangi, alkohol, hingga bahan-bahan kimia lainnya. Pilihan face mist dengan kandungan rose water, centella asiatica, aloe vera, dan juga ginseng sangat disarankan. 

6. Sheet mask 

Sheet mask

Jangan takut untuk meremajakan kulit wajah dengan rutin memakai masker wajah. Untuk jenis kulit sensitif, ada baiknya untuk menghindari produk berbasis scrub, karena dapat merusak skin barrier wajah kamu. 

Sebaiknya gunakan sheet mask dengan kandungan bahan-bahan natural yang mampu menutrisi kulit wajah. Misalnya seperti sheet mask dengan kandungan ceramide dan hyaluronic acid. Keduanya sangat direkomendasikan untuk pemilik jenis kulit sensitif.

Sheet mask dengan kandungan ini tak hanya memberikan kelembaban pada kulit saja. Tapi juga mengangkat sel-sel kulit yang mati secara lembut sekaligus membersihkan sumbatan pori-pori.  

7. Gel pelembab mengandung Aloe Vera 

Gel pelembap mengandung aloe vera

Aloe vera kaya akan kandungan mineral, enzim, vitamin A, vitamin C, vitamin E, dan antioksidan yang bekerja sangat baik dalam menyehatkan kulit. Menurut Debra Jaliman, MD seorang ahli dermatologi sekaligus penulis buku berjudul Skin Rules, Aloe Vera sangat melembabkan. 

Lidah buaya pun kaya akan kandungan polifenol, dimana sangat baik dalam mencegah dan melindungi kulit akibat radikal bebas dan kanker.

Selain itu, aloe vera juga sangat bagus untuk beberapa kondisi kulit yang bermasalah seperti eczema, rosacea, dan psoriasis. Ini karena gel aloe vera mengandung asam lemak dan enzim yang dikenal dengan bradykinin, dimana kandungan tersebut mampu menenangkan kulit.

Pilih Produk Skincare dengan Kandungan yang Aman

Merawat kulit sensitif memang tidak gampang, tetapi bukan berarti tidak mungkin untuk dilakukan. Sebab, merawat kulit adalah wajib agar kulit tetap sehat dan cantik. Kamu perlu tepat dalam memilih produk perawatan wajah akan membuat masalah yang kerap dihadapi kulit sensitif berkurang.

Jadi pastikan untuk selalu memperhatikan kandungan bahan-bahan dalam produk skincare sebelum membelinya. Agar lebih mudah dalam pembelian produk skincare, kamu bisa beli di merchant-merchant Indodana. Plusnya lagi, kamu bisa mendapatkan promo belanja produk kecantikan. Ini tentunya akan menghemat pengeluaran belanja produk skincare kamu.

Promo Belanja Produk Kesehatan dan Kecantikan

Baca Juga: