lemari

Sebelum Beli, Simak Kelebihan dan Kekurangan Lemari Pakaian dari Plastik dan Kayu

No comments

Memilih furniture, seperti lemari pakaian tak jauh berbeda seperti memilih furniture yang lainnya. Pastinya ingin furniture yang awet, tahan lama dan tidak gampang rusak! Secara umum, lemari pakaian di pasaran ada dua jenis, diantaranya lemari pakaian berbahan kayu dan ada yang berbahan plastik. 

Dari kedua jenis lemari pakaian tersebut mana yang paling bagus dan sesuai untuk kebutuhan?

Lemari Pakaian dari Kayu atau Plastik?

Satu hal yang jadi pertimbangan sebagian masyarakat Indonesia dalam memilih lemari untuk pakaian adalah jenis lemari tersebut. Beli lemari pakaian dari bahan kayu atau dari plastik? Keduanya cukup populer di tengah masyarakat. 

Antara lemari pakaian kayu dan plastik, keduanya punya fungsi yang tak jauh berbeda. Yakni sebagai tempat penyimpan pakaian tapi dengan fitur dan juga harga yang relatif berbeda. 

Untuk jenis perabot yang satu ini memang harus disesuaikan dengan kebutuhan jika ingin membelinya. Dari harga dan bahan yang digunakan saja sudah berbeda, pastinya antara lemari pakaian kayu atau lemari pakaian plastik memiliki kelebihan dan keunggulannya masing-masing. Jika masih bingung mau pilih yang mana, simak dulu ulasan singkat berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Pakaian Plastik

Lemari pakaian plastik

Lemari pakaian berbahan plastik yang banyak ditemukan di pasaran saat ini umumnya berbentuk susun. Bisa terdiri dari tiga rak dan ada pula yang lima rak. Secara desain, lemari pakaian berbahan plastik umumnya lebih sederhana dan simpel dengan pilihan warna-warna yang cerah.

Karena terbuat dari bahan plastik, jadi lemari pakaian jenis ini lebih ringan ketika dipindah-pindahkan. Selain itu, jenis lemari plastik juga punya kelebihan yang lain, diantaranya:

  • Pemasangan mudah, cocok sekali digunakan untuk mereka yang tak memiliki pakaian yang banyak.
  • Baru pindah ke tempat tinggal yang baru dan belum cukup uang untuk membeli perabot. Harga yang relatif murah membuat lemari pakaian plastik lebih terjangkau.
  • Kamar di rumah memiliki ukuran yang tidak begitu luas. Jadi dengan adanya lemari pakaian plastik, kamar tidak akan terlalu sesak.
  • Kawasan tempat tinggal rawan terkena banjir, lemari plastik akan lebih aman dan tidak akan gampang rusak saat tergenang air.
  • Cocok untuk tempat penyimpanan baju bayi dan anak-anak. Karena umumnya ukuran lemari tidak terlalu besar, jadi aman untuk anak-anak yang belajar menyimpan bajunya sendiri.

Terbuat dari bahan plastik, lemari ini cenderung lebih tahan terhadap air dan rayap, jadi lemari bisa lebih tahan lama. Selain kelebihan, lemari plastik juga punya beberapa kekurangan, diantaranya:

  • Lemari pakaian berbahan plastik cenderung memiliki sistem penguncian yang kurang kuat.
  • Karena terbuat dari plastik, engsel plemarinya cenderung lebih gampang terlepas.
  • Umumnya lemari plastik berbahan tipis dan ringan, hal inilah yang membuat resiko kerusakan lebih tinggi, misalnya akibat benturan.
  • Bongkar pasang yang mudah, membuat bagian- bagian lemari rentan hilang. 

Kelebihan dan Kekurangan Lemari Pakaian Kayu

Lemari pakaian kayu

Dari segi harga, lemari pakaian berbahan kayu memang jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan lemari pakaian dari plastik. Perbedaan harga yang mencolok dikarenakan bahan yang digunakan merupakan kayu. Apalagi jika kayu yang digunakan termasuk  kayu berkualitas dan susah diperoleh, maka harganya bisa melambung tinggi.

Lemari pakaian berbahan kayu ini sangat cocok digunakan untuk melengkapi kamar dengan dekorasi minimalis. Kesan natural yang menonjol dari bahan kayu membuat suasana kamar menjadi lebih elegan. Bukan hanya untuk kamar orang dewasa, pakaian berbahan kayu juga cocok untuk kamar anak remaja.

Selain bisa menyimpan pakaian dalam jumlah banyak, lemari pakaian kayu juga bisa menyimpan barang-barang pribadi lainnya.  Seperti perhiasan, dokumen dan juga tas. Biasanya, pintu lemari dilengkapi juga dengan cermin kaca, jadi bisa menghemat pengeluaran untuk membeli cermin lagi. 

Sebelum memilih lemari pakaian yang sesuai dengan kebutuhan, simak beberapa kelebihan lemari pakaian berbahan kayu:

  • Mudah dibentuk, terbuat dari bahan kayu, lemari pakaian bisa dibuat sesuai keinginan. Misalnya elegan atau minimalis.
  • Ruang penyimpanan lebih luas dibanding lemari plastik.
  • Lebih bernilai, jika dijual kembali, lemari pakaian dari kayu biasanya harganya cenderung stabil. Apalagi jika kayu yang digunakan dari kayu solid, seperti kayu jati.
  • Mudah diperbaiki, dibandingkan dengan lemari pakaian plastik, lemari kayu lebih mudah diperbaiki jika terjadi kerusakan. 
  • Tidak mudah berubah bentuk, karena terbuat dari kayu, sehingga lemari pakaian jadi lebih kokoh.  
  • Lebih aman, sistem penguncian dari lemari kayu biasanya lebih aman dibandingkan lemari pakaian plastik. 

Disamping kelebihan yang dimiliki, lemari pakaian berbahan kayu juga punya beberapa kelemahan, di antaranya:

  • Harganya lebih mahal, ini karena material kayu yang digunakan memiliki harga yang mahal. Semakin mahal jenis kayu, maka akan mahal juga harga lemari.
  • Mudah rusak, jika bahan kayu yang digunakan berkualitas rendah, lemari akan mudah mengalami kerusakan. 
  • Berat dan susah dipindahkan, lemari pakaian dari kayu memang jauh lebih berat dibanding lemari pakaian plastik. Sehingga agak sulit jika ingin diubah posisinya, setidaknya perlu bantuan orang lain.

Pilih Lemari Pakaian Sesuai Budget dan Kebutuhan

Dari kelebihan dan kekurangan kedua jenis lemari pakaian di atas, Anda bisa mulai memilih lemari pakaian yang sesuai. Pastikan juga saat menentukan pilihan, sesuaikan dulu dengan budget yang dimiliki. Agar saat membelinya tidak membuat keuangan menjadi terbebani.Jika uangnya kurang, Anda bisa memanfaatkan layanan fitur paylater dari Indodana. Belanja lemari jadi lebih mudah dan cicilan ringan.

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.