olahraga

Termasuk Kardiovaskular, Ini 7 Manfaat Olahraga Lari untuk Tubuh dan Mental

No comments

Berolahraga secara rutin menjadi salah satu cara menjaga tubuh agar tetap sehat. Banyak sekali olahraga yang bisa dipilih, salah satunya olahraga lari. Selain gampang dilakukan, lari juga punya banyak manfaat untuk kesehatan, baik secara fisik maupun mental. Seperti apakah manfaat dari olahraga lari secara rutin? 

Manfaat Olahraga Lari

Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang termasuk dalam olahraga kardiovaskular. Dimana saat melakukan olahraga tersebut, tubuh akan mendapat banyak manfaat baik. Mulai dari pembakaran lemak, membuat kinerja paru-paru lebih maksimal, melatih otot-otot organ jantung hingga mengurangi stres secara alami.

Lebih jelasnya, simak berbagai manfaat yang bisa didapatkan tubuh dengan rutin olahraga lari berikut ini.

1. Menjaga berat badan ideal

Menjaga berat badan ideal

Olahraga lari bisa jadi cara paling cepat dan mudah untuk membuat kalori terbakar. Dilansir dari situs resmi milik Direktorat Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Kemenkes RI, olahraga lari yang dilakukan dengan rutin, niscaya  mampu membuat berat badan turun dengan cepat.

Sehingga, olahraga lari bisa mengurangi risiko berbagai jenis penyakit yang diakibatkan masalah obesitas atau kelebihan berat badan. Seperti diabetes, hipertensi, jantung, dan sebagainya.

2. Menjaga kesehatan organ jantung dan menurunkan resiko stroke

Dilansir dari situs Health Line, berolahraga lari juga bisa salah satu cara yang efektif untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh. Berolahraga lari secara rutin, juga turut melancarkan sirkulasi peredaran darah ke seluruh tubuh. 

Riset menunjukkan jika aktivitas lari secara berkala mampu membuat kadar kolesterol baik dalam tubuh meningkat. Inilah yang turut berperan dalam mencegah terjadinya berbagai masalah pada organ jantung. Seperti penyumbatan pembuluh darah, stroke, hingga penyakit jantung koroner yang bisa mengakibatkan kematian mendadak.

Olahraga lari yang dilakukan dengan rutin dan berkala juga dapat membantu meningkatkan fungsi organ paru-paru. Sehingga asupan oksigen yang dibutuhkan tubuh bisa terpenuhi, jadi jangan bosan untuk olahraga lari jika ingin punya tubuh yang bebas masalah jantung. Tapi perlu diingat, jangan berlebihan saat melakukannya, sesuaikan dengan kapasitas tubuh agar manfaat yang diperoleh lebih maksimal.

3. Meningkatkan fungsi dan kinerja otak

Selain menjaga kesehatan organ jantung, rutin olahraga lari juga bagus untuk kesehatan otak. Dengan rutin olahraga lari sirkulasi darah akan jadi lebih lancar. Sehingga seluruh jaringan tubuh akan mendapatkan oksigen yang cukup, termasuk jaringan otak.

Suplai oksigen yang melimpah akan meningkatkan fungsi dan kinerja otak. Termasuk meningkatkan konsentrasi hingga mengurangi risiko penyakit alzheimer.

4. Membantu kekebalan tubuh meningkat

Membantu kekebalan tubuh meningkat

Sebuah riset membuktikan jika rutin melakukan olahraga lari mampu membuat daya tahan tubuh meningkat. Hal ini berkaitan dengan peredaran darah yang menjadi lebih lancar. Sehingga tubuh mendapatkan asupan nutrisi dan oksigen yang cukup.

Sementara kita tahu bahwa tubuh membutuhkan banyak nutrisi yang cukup untuk meningkatkan metabolisme dan daya tubuh. Dengan begitu tubuh mampu menangkal serangan dari berbagai macam penyakit yang bisa membahayakan kesehatan.

5. Meningkatkan koordinasi tubuh 

Ketika berlari, seluruh sistem koordinasi di dalam tubuh akan menjadi lebih terlatih. Mulai dari tangan dengan mata, maupun kaki dengan mata, dan lain sebagainya. Dengan begitu setiap gerakan bisa lebih terkoordinir dengan lebih baik.

6. Meningkatkan kualitas tidur 

Meningkatkan kualitas tidur

Setelah melakukan olahraga lari, tentu otot-otot akan terasa lelah, di waktu yang sama tubuh kemudian mengirimkan tanda ke otak agar beristirahat. Tak mengherankan jika olahraga lari kerap dijadikan terapi untuk mereka yang memiliki masalah gangguan tidur.

Lakukan olahraga lari secara rutin di pagi hari akan membuat tubuh terhindar dari gangguan tidur atau insomnia. Tidur yang nyenyak, tentu akan meningkatkan kualitas hidup dan bebas stres.

7. Menurunkan tingkat depresi

Ketika seseorang berlari, tubuh akan melepaskan hormon endorfin, sejenis hormon yang memberikan efek bahagia. Ketika kadar hormon tersebut meningkat dalam tubuh, hal ini akan membuat perasaan depresi mereda.

Selain itu, rutin berolahraga lari juga bagus untuk menjaga kinerja sistem pernapasan lebih maksimal. Proses keluar masuknya oksigen dan karbondioksida dalam tubuh jadi lebih teratur. Kondisi tersebut tentu mampu membantu menurunkan tingkat stres yang dialami tubuh.

Lakukan Olahraga dengan Rutin

Supaya olahraga lari bisa lebih bermanfaat dan bukan justru membahayakan kondisi tubuh, sebaiknya lakukan pemanasan lebih dahulu. Bukan cuma itu saja, sebaiknya ketahui kondisi tubuh ketika ingin melakukan jenis olahraga ini.

Sebaiknya, jangan melakukan olahraga tersebut secara berlebihan, karena bisa menimbulkan dampak yang buruk bagi kesehatan. Lakukan olahraga lari sesuai kemampuan, perlu diingat bahwa bukan seberapa jauh kamu bisa lari, tapi seberapa rutin kamu bisa melakukannya. Misalnya, lari berkeliling komplek 2 atau 3 kali dalam seminggu setiap pagi hari.

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.