Filosofi Hidup yang Wajib Anda Jadikan Pedoman Agar Cepat Sukses

Filosofi Hidup yang Wajib Anda Jadikan Pedoman Agar Cepat Sukses

One comment

Jika berbicara tentang etnis Tionghoa, pasti sangat identik dengan keahliannya pada karir dan keuangan. Lihat saja pada majalah Forbes yang rilis di tahun 2019, di situ tercatat bahwa daftar orang paling kaya di Indonesia didominasi oleh orang-orang keturunan Tionghoa.

Banyak orang yang kemudian bertanya-tanya, apa sih yang membuat sebagian besar etnis Tionghoa mempunyai karir cemerlang dan kondisi keuangan yang mapan? Bisa jadi hal tersebut karena filosofi hidup yang mereka pegang teguh. 

Tak hanya sekedar kata-kata, filosofi tersebut bahkan langsung diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari. Penasaran dengan filosofi hidup yang mereka pegang? Simak penjelasannya berikut ini.

Filosofi-Filosofi Hidup Etnis Tionghoa yang Wajib Dijadikan Pedoman

Filosofi-Filosofi Hidup Etnis Tionghoa yang Wajib Dijadikan Pedoman
Filosofi-Filosofi Hidup Etnis Tionghoa yang Wajib Dijadikan Pedoman

1. Maju Terus Pantang Mundur

“Tidak masalah selambat apapun kamu berjalan, asalkan jangan pernah berhenti”. Ini adalah kutipan populer yang diungkapkan seorang filsuf sosial yang berasal dari Tiongkok, Confucius.

Filosofi tersebut memiliki makna bahwa kesuksesan bukan hanya sebuah tujuan yang harus dicapai, tetapi lebih merupakan sebuah perjalanan panjang. Jadi, meskipun saat ini belum bisa mencapai apa yang menjadi tujuan atau cita-cita, semua itu bukan menjadi masalah utama.

Satu hal yang penting meskipun belum berhasil saat ini adalah jangan pernah berhenti atau putus asa dan tetap terus bergerak maju demi meraih apa yang jadi cita-citakan dalam hidup. Setidaknya walaupun belum sepenuhnya berhasil, Anda tak akan pernah menyesal karena tidak pernah mencoba.

2. Lakukan Apapun dengan Sepenuh Hati

Kemana Anda melangkahkan kaki, apapun yang dikerjakan, yang penting lakukan dengan sepenuh hati. Saat semua hal yang dikerjakan dilakukan dengan perasaan senang dan maksimal, hal tersebut akan menyuntikkan energi positif pada semua orang yang ada di sekitar Anda.

Setiap pekerjaan atau perbuatan yang dilakukan dengan sepenuh hati, sudah tentu akan memberikan hasil yang maksimal. 

3. Kuncinya Ada Pada Persiapan yang Matang 

Persiapan menjadi kunci penting mendapatkan kesuksesan. Tanpa adanya persiapan secara matang, sebuah kesuksesan akan sangat sulit untuk diraih, bahkan justru kegagalan yang akan menghampiri. 

Diibaratkan seperti seorang mekanik misalnya, tanpa alat-alat mumpuni, sudah pasti pekerjaan yang dilakukan tak akan bisa diselesaikan dengan baik.Tanpa sebuah persiapan, kesuksesan yang diimpikan hanya tinggal isapan jempol belaka.

Untuk meraih kesuksesan memerlukan persiapan yang baik dan matang, mulai dari skill, pengetahuan, koneksi, hingga attitude yang baik. Komponen tersebut harus dipersiapkan sejak dini, sebab butuh waktu yang tidak sebentar untuk bisa mengasahnya.

Baca Juga: Kondisi Keuangan Sedang Sulit? Lakukan Hal Ini Agar Tidak Bangkrut

4. Teman Menjadi Faktor Penentu Kesuksesan

Lingkungan menjadi faktor penting yang sangat berpengaruh untuk masa depan, terutama lingkungan pertemanan. Dengan bergaul bersama teman-teman yang memiliki prinsip hidup dan tujuan yang sejalan/ maju, maka tujuan yang dimiliki selama ini akan semakin mudah dicapai.

Bukan berarti tak boleh berteman dengan siapa saja, hanya saja demi menjaga diri dari hal-hal yang kurang baik dan tetap fokus dengan tujuan, memilah dan memilih teman dekat menjadi suatu keharusan. Sebab seseorang akan dikenal dari teman-teman sepergaulannya. 

5. Tidak Boleh Menyalahkan Diri Sendiri

Belajar untuk menerima sekaligus memberi maaf diri sendiri saat melakukan kesalahan menjadi satu hal yang penting. Asalkan Anda bisa mengambil pelajaran dari kesalahan yang dilakukan tersebut dan mau berusaha memperbaiki diri.

Dengan begitu, masih ada banyak kesempatan untuk meraih kesuksesan di masa mendatang. Namun, jika kesalahan yang diperbuat tak menjadi sebuah pemacu semangat untuk memperbaiki diri ke arah yang lebih baik. Maka hal tersebut hanya akan membebani pikiran yang bisa menghambat kemajuan.

Oleh karena itu, belajarlah untuk bisa seperti itu. Memang tidak akan mudah, namun jika tak dicoba dan dipaksakan dari sekarang, kapan Anda bisa bergerak maju?

6. Belajar dari Semua Orang

Belajarlah dari kisah orang-orang yang ditemui hari ini. Saat menemukan kisah seseorang yang baik, maka jadikan kisahnya sebagai inspirasi. Catat apa saja yang bisa membuat orang tersebut menjadi sukses.

Namun ketika yang ditemui hari ini kisah yang buruk, maka jadikanlah kisahnya sebagai bahan pembelajaran dan pengingat diri. Supaya tidak terjerumus untuk melakukan kesalahan serupa. 

Baca Juga: Ingin Hidup Mapan di Usia Tua? Ini Hal yang Harus Dilakukan di Usia 20an

Pegangan Hidup Menuju Kesuksesan

Demikian tadi beberapa filosofi hidup yang kerap dipegang dan diterapkan oleh etnis Tionghoa. Sukses atau tidaknya seseorang memang tidak bergantung pada etnis mereka. Namun, jika banyak nilai positif yang sudah terlihat, tidak ada salahnya jika belajar dari filosofi yang mereka amalkan. Semoga sukses!

1 comments on “Filosofi Hidup yang Wajib Anda Jadikan Pedoman Agar Cepat Sukses”

Comments are closed.