Pebisnis Pemula Wajib Tahu Hal Ini!

Pebisnis Pemula Wajib Tahu Hal Ini!

No comments

Dengan perkembangan teknologi seperti sekarang ini membuat pelaku bisnis semakin meningkat. Tapi, bagaimana caranya pebisnis pemula bisa bertahan di tengah padatnya persaingan?

Tak selamanya bisnis bisa memberikan keuntungan. Di saat “masa-masa rugi”, umumnya mental dan keahlian para pelaku bisnis akan lebih diuji. Meski tak mudah, bukan berarti harus putus asa. Berikut hal-hal berharga yang bisa dilakukan sebagai seorang pebisnis pemula supaya bisnis yang dirintis bisa bertahan dan terus berkembang.

Baca Juga: Belum Punya Rencana Keuangan Jangka Pendek? Jangan Anggap Sepele, Yuk Bikin Sekarang!

Hal yang Harus Dilakukan Oleh Para Pebisnis Pemula

Hal yang Harus Dilakukan Oleh Para Pebisnis Pemula

1. Awali dari Hobi

Ada begitu banyak alasan seseorang ketika ingin memulai sebuah bisnis. Ada yang hanya mengikuti tren, tergiur dengan keuntungan yang menjanjikan, atau ada juga bisnis yang diawali dari hobi. 

Semua itu sebenarnya sah-sah saja, akan tetapi jika memulai sesuatu dari apa yang disukai maka bisnis bisa dijalankan hampir tanpa beban.

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Dalam berbisnis, bisa dibilang lokasi cukup berpengaruh terhadap kesuksesannya di masa mendatang. Pasalnya, pemilihan lokasi yang kurang tepat bisa memengaruhi jumlah konsumen yang datang dan kesadaran masyarakat terhadap brand itu sendiri. 

Karenanya, jangan sampai asal memilih lokasi bisnis. Satu hal penting yang harus diperhatikan ialah sesuaikan produk dengan lokasi yang akan dipilih. Sebagai contoh, jika hendak menjual alat-alat kebutuhan kantor, tentunya akan lebih sesuai bila Anda membuka toko yang berada di sekitar lingkungan kantor dibanding di lingkungan perumahan.

3. Tepat dalam Membangun Mindset 

Langkah selanjutnya untuk para pebisnis pemula adalah dengan membangun mindset yang tepat. Salah satu mindset yang harus dimiliki dalam berbisnis adalah pantang menyerah tetapi sadar kapan waktunya untuk “mengerem”. 

Dalam berbisnis untung dan juga rugi pasti akan selalu ada. Di samping itu, rintangan serta hambatan menjadi dua hal yang juga tak bisa dihilangkan begitu saja. Sehingga sebagai seorang pelaku bisnis, Anda harus memiliki mental “baja” agar mampu menghadapi segala situasi.

4. Kuatkan Tekad dan Niat

Acapkali bisnis yang dijalankan macet di tengah jalan karena tekad atau bahkan niat yang dimiliki kurang kuat. Sehingga ketika muncul permasalahan kecil sekalipun, bisnis akan cepat tumbang. Agar bisa menghindari hal tersebut, maka Anda harus menetapkan tujuan yang jelas dan fokus dalam mengerjakannya.

Tanyakan pada diri sendiri, apa motivasi dalam menjalankan bisnis tersebut? Apa pula tujuan yang ingin dicapai, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang? Karena kekuatan tekad dan niat mampu menentukan arah kesuksesan dalam berbisnis.

5. Fokus dengan Satu Bisnis Dulu

Sebagai seorang pebisnis pemula, tentunya pengalaman maupun jam terbang dalam mengelola bisnis tergolong masih sedikit. Tetapi, tak dapat dipungkiri memang anak muda selalu punya begitu banyak ide bisnis yang rasanya ingin dieksekusi semua.

Salah satu tips penting bagi seorang pebisnis pemula agar bisa sukses ialah dengan mencurahkan semua pikiran maupun tenaga hanya untuk satu bisnis. Jalani dengan fokus dan juga niat yang sungguh-sungguh menjadi tips berharga lainnya agar bisnis yang ditekuni bisa berjalan sendiri.

Apabila bisnis dimiliki sudah mulai stabil dan bisa berjalan atau bahkan ditinggal tanpa harus dipantau setiap waktu, barulah Anda bisa beralih ke bisnis baru. Dengan begitu, Anda bisa menjalankan keduanya dengan maksimal.

6. Mampu Mengenali Kekuatan Kompetitor

Dalam berbisnis, kompetitor merupakan lawan bisnis Anda. Mengetahui siapa saja kompetitor bisnis Anda, tidaklah cukup untuk bisa membuat bisnis yang dijalankan bisa bertahan. Anda juga harus mampu mengenali dan mengetahui seberapa besar kekuatan dari masing-masing kompetitor tersebut. 

Tawarkan sesuatu yang unik dan berbeda, mulai dari teknik marketing, kualitas produk, hingga segi pelayanan pelanggan yang jauh lebih maksimal. Dengan begitu, hal ini akan membuat bisnis Anda memiliki sisi lebih dibandingkan dengan kompetitor.

7. Penggunaan Teknik Promosi Secara Tepat

Promosi merupakan cara jitu untuk mengenalkan bisnis pada masyarakat. Bisnis akan semakin berkembang jika konsumen bisa mengenal juga mengetahui apa saja produk yang ditawarkan. Karenanya promosi menjadi hal yang sangat krusial terlebih untuk bisnis yang masih baru dirintis. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan teknik promosi dengan target market yang dimiliki.

8. Mengatur Keuangan dengan Maksimal

Dalam sebuah bisnis, keuangan menjadi poros yang harus dijaga dan dipelihara dengan sebaik-baiknya. Jika perencanaan dan pengelolaan keuangannya buruk, maka bisnis yang dijalani akan sulit untuk berkembang.

Perhatikan semua keputusan yang akan diambil, jangan terlalu tergesa-gesa. Jika memerlukan bantuan, Anda juga bisa memanfaatkan berbagai software akuntansi supaya manajemen keuangan bisa dikelola dengan maksimal.

9. Pelajari Kesalahan Kemudian Perbaiki

Semua orang pasti pernah melakukan sebuah kesalahan, terlebih lagi dalam berbisnis. Tetapi, kesalahan yang pernah terjadi seharusnya bisa jadi pembelajaran ataupun batu loncatan sehingga bisnis yang dijalankan tidak terjebak dalam kesalahan sama yang terus menerus.

Jangan pernah malu untuk mengakui kesalahan yang terjadi. Sebuah bisnis bisa berkembang jika pemiliknya mengetahui apa saja kesalahan yang telah diperbuat dan mau memperbaiki kesalahan yang terjadi.

Pebisnis Pemula Harus Lebih Jeli dan Aktif

Bagi Anda yang baru menjalankan bisnis, kejelian dan keaktifan memang sangat diperlukan. Terutama jeli dalam melihat peluang dan juga persaingan di lapangan. Disamping itu, Anda juga harus lebih aktif dalam berinovasi agar bisnis yang dijalankan semakin maksimal. 

Baca Juga: Awas, Tips Hemat Ini Malah Bikin Anda Boros