6 Rekomendasi Dehumidifier Terbaik untuk Mencegah Ruangan Lembab dan Berjamur

No comments

Kelembaban udara telah menjadi salah satu faktor penting yang berpengaruh pada kesehatan manusia. Banyak yang sering tidak menyadari jika udara yang terlalu lembab atau pun terlalu kering bisa meningkatkan risiko seseorang terkena sakit.

Misalnya saja jika udara terlalu kering, maka orang akan lebih rentan terkena flu dan batuk karena lendir yang biasanya melapisi hidung, rongga mulut dan tenggorokan lebih cepat menguap. Selain itu, dalam kondisi udara yang kering juga membuat cairan di mata lebih kering sehingga mata mudah merah.

Sementara jika kelembaban udaranya tinggi, akan membuat mikroorganisme jadi lebih mudah tumbuh di lingkungan sekitar. Misalnya saja jamur yang sudah diketahui mudah tumbuh di daerah yang lembap. Jamur ini bisa melepaskan spora yang jika terhirup bisa menyebabkan infeksi saluran napas.

Sebagai negara tropis, Indonesia sendiri memiliki kelembapan udara yang sangat tinggi. Nah, agar kelembaban udara di rumah tetap normal, kamu bisa memanfaatkan dehumidifier

Berbeda dengan humidifier yang menjaga kelembapan udara sekitar, dehumidifier ini justru berfungsi mengurangi kelembaban udara. Dengan begitu, udara di dalam ruang akan memiliki kelembaban yang berada pada batas normal.

Nah, meskipun dehumidifier ini bisa menjaga kelembapan udara, tetapi saat memilihnya tidak boleh sembarangan. Misalnya saja kapasitas dehumidifier harus sesuai dengan ukuran ruangan. Biasanya ruangan kecil cukup dengan ukuran 4-6 liter sementara ruangan luas perlu dehumidifier berukuran 6-8 liter.

Selain itu, perhatikan juga cara pengoperasiannya. Pilih yang mudah digunakan dan memiliki tangki drainase yang memiliki pembuangan air yang gampang. Jangan lupa juga pastikan dehumidifier memiliki fitur tambahan yang memudahkan.

Nah, jika sedang bingung memilih dehumidifier yang cocok untuk ruangan atau rumah, berikut beberapa rekomendasinya yang terbaik di 2021 yang pas untuk dibawa pulang.

Dehumidifier Terbaik 2021

1. Xiaomi Deerma Mini Dehumidifier

Xiaomi Deerma Mini Dehumidifier via amazon.com

Selain menjadi produsen ponsel yang sudah dipercaya masyarakat, Xiaomi juga memproduksi berbagai peralatan rumah tangga, termasuk dehumidifier. Peralatan elektronik ini dibanderol dengan harga terjangkau tetapi dengan kualitas yang tidak bisa diremehkan. 

Dengan harga mulai dari Rp 150 ribuan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah peralatan pengatur kelembaban yang dibuat menggunakan bahan ABS. Bentuknya yang modern dengan ukuran yang tidak terlalu besar membuatnya praktis disimpan di berbagai sudut rumah.

Kamu juga tidak perlu bingung akan membuat uang listrik bulanan membengkak. Sebab, produk Xiaomi ini hemat daya. Fitur yang dibekalkan juga membuat pengguna semakin mudah dalam memperhatikan kelembaban di ruangan.

2. Finether AX3 Air Dryer

Finether AX3 Air Dryer via en.aliradar.com

Jika memiliki ruangan yang cukup luas, dehumidifier ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Peralatan canggih ini sudah dilengkapi berbagai fitur yang akan memudahkan kamu dalam mengatur kelembaban ruangan. 

Tidak hanya menjaga kelembaban ruangan, humidifier ini juga dapat menghalangi timbulnya jamur dan juga bau. Jangkauannya pun sampai dengan ruang yang memiliki luas 20 meter persegi.

Kamu juga tidak perlu khawatir tidur akan terganggu saat menggunakan alat ini. Sebab, sudah ada silent mode yang dapat dimanfaatkan agar tidak terjadi suara berisik di malam hari. Ada juga level indicator yang bisa memberi tahu berapa banyak air pada mesin.

Jika berencana untuk membeli dehumidifier ini, kamu cukup mengeluarkan biaya mulai dari Rp 1,3 juta sampai Rp 4 jutaan saja.

3. Kris Dehumidifier 16L

Kris Dehumidifier 16L via acehardware.co.id

Dehumidifier berikutnya yang bisa didapat dengan harga cukup terjangkau adalah Kris dehumidifier 16L. Tidak hanya memiliki harga yang terjangkau, peralatan elektronik ini juga hanya membutuhkan daya 266 W saja.

Ukurannya juga tidak terlalu besar sehingga tidak perlu tempat yang luas untuk meletakkannya. Dehumidifier ini memiliki tempat penampungan air sampai 16 liter, jadi cocok digunakan untuk ruangan yang memiliki ukuran cukup luas.

Dehumidifier ini akan menjaga kelembaban ruangan tetap normal sehingga jamur tidak mudah tumbuh.Untuk membawa pulang dehumidifier ini, kamu cukup mengeluarkan Rp 2 jutaan sampai Rp 3 jutaan.

4. Perfect Aire Dehumidifier 40L

Perfect Aire Dehumidifier 40L acehardware.co.id

Jika rumah kamu berukuran luas, maka Perfect Aire Dehumidifier 40L bisa menjadi pilihan yang cocok. Desainnya sederhana sehingga bisa digunakan oleh orang yang baru pertama beli sekalipun.

Meski memiliki kapasitas yang besar, perangkat elektronik ini hanya memerlukan daya 560 Watt saja. Dengan daya sebesar itu, dehumidifier ini sudah bisa digunakan untuk mengatasi udara lembap pada ruang berukuran 80-95 meter persegi.

Jika kamu berminat dengan dehumidifier ini, harus menyiapkan uang sekitar Rp 5 jutaan sampai Rp 9 jutaan.

5. Perfect Aire Dehumidifier 50L

Perfect Aire Dehumidifier 50L via acehardware.co.id

Jika rumah kamu berukuran luas, atau memiliki toko maupun kantor, maka dehumidifier ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Dengan daya sebesar 50 liter, dehumidifier ini sudah bisa digunakan untuk mengatasi udara lembab pada ruang berukuran 278,7 meter persegi.

Sejumlah fitur menarik juga disematkan pada perangkat elektronik ini. Misalnya saja indikator yang akan memberi tahu jika tangki sudah penuh. Terdapat pula fitur restart and auto shut-off. Jika kamu berminat dengan dehumidifier ini, harus menyiapkan uang sekitar Rp 6 jutaan sampai Rp 8 jutaan.

6. Stadler Form Albert

Stadler Form Albert via stadlerform.com

Jika kamu mencari dehumidifier yang suaranya halus dan tidak berisik, Stadler Form Albert bisa menjadi pilihan yang tepat. Ketika beroperasi, perangkat elektronik ini hanya beroperasi dengan suara 33dB sampai 44dB saja.

Tidak hanya itu saja, jangkauan dari peralatan rumah tangga ini juga cukup luas. Kelembaban ruangan 40 meter persegi masih bisa diatur dengan alat ini. Lima liter air yang ditampung juga mudah dikeluarkan karena ada dua opsi pengeringan yang salah satunya adalah menggunakan selang sehingga tidak perlu repot bolak-balik membuang air.

Untuk bisa membawa pulang perangkat elektronik ini, kamu harus mengeluarkan uang sekitar Rp 5,9 jutaan sampai Rp 7,6 jutaan.

Pilih Produk Sesuai Kebutuhan

Saat ini banyak produk canggih untuk mengecek kelembaban udara di dalam ruangan. Tapi di atas merupakan rekomendasi dehumidifier yang bisa digunakan untuk menjaga kelembapan udara di rumah. Kamu bisa mendapatkan dehumidifier dengan promo menarik di merchant-merchant indodana.

Namun, kamu juga harus ingat, sebagus apapun dehumidifier yang dibeli, tidak akan bisa bekerja optimal jika kondisinya kotor. Jadi, kamu juga perlu bersihkan filter setiap satu minggu sekali agar kinerjanya optimal. Saat dibersihkan atau dikosongkan, kabel dehumidifier juga harus dicabut terlebih dahulu. Baru setelah itu kamu bisa melepas komponen-komponen yang akan dibersihkan.

Promo Belanja Elektronik

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.