kipas angin tembok

Rekomendasi Kipas Angin Dinding dan Standing yang Bisa Sejukkan Kamar

No comments

Suhu udara Indonesia di pertengahan tahun biasanya mengalami peningkatan seiring datangnya musim kemarau. Hujan yang jarang turun dan matahari yang bersinar lebih terik membuat cuaca jadi semakin panas.Cuaca panas ini sering membuat orang enggan untuk keluar rumah dan memilih mendinginkan diri di dalam ruangan. Tetapi terkadang, desain yang dimiliki masih belum cukup membuat suhu udara di dalam rumah jadi lebih dingin.

Salah satu solusi cepat untuk hal ini adalah dengan membeli alat penyejuk ruang tambahan. Dua alat utama yang sering dianggap sebagai solusi adalah kipas angin dan air conditioner alias AC. 

Meski sama-sama berfungsi menyejukkan ruangan kipas angin lebih populer di masyarakat umum karena harganya yang lebih terjangkau. Selain itu, daya yang dibutuhkan untuk membuat kipas angin bekerja juga lebih kecil dibandingkan dengan AC. 

Walaupun harganya terjangkau, tetapi saat akan membelinya juga tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kipas yang dibeli benar-benar berfungsi maksimal. Berikut hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih kipas angin.

Tentukan Jenis Kipas Angin yang Paling Cocok

Kipas angin hadir di pasaran dengan bentuk dan jenis yang beragam. Mulai dari model duduk, berdiri, nempel di dinding, hingga multifungsi. Masing-masing jenis ini hadir dengan tujuan yang berbeda pula.

Misalnya, kipas angin tembok yang cocok untuk membantu membuat sirkulasi udara di kamar terjaga baik. Kipas ini biasanya bisa bergerak 90 derajat dan rata-rata dibekali dengan remote control sehingga memudahkan penggunaan. 

Atau kipas angin berdiri yang mampu lebih banyak menghembuskan angin ke dalam sebuah ruangan. Kipas ini juga lebih fleksibel karena dapat memutar antara 90 derajat hingga 180 derajat.

Tentukan Jumlah Baling-Baling dan Ukurannya

Ketebalan dan jumlah baling-baling pada sebuah kipas angin memiliki pengaruh terhadap hembusan angin yang dihasilkan. Jika jumlah baling-baling lebih banyak, maka hembusan angin yang dihasilkan juga memiliki suhu lebih rendah. 

Tetapi biasanya, semakin banyak baling-baling yang dipasang maka suara yang dihasilkan juga semakin bising. Selain itu kapasitas mesin yang digunakan dan diameternya juga memiliki peran terhadap kesejukan angin yang dihasilkan.

Perhatikan Voltase dan Daya Kipas

Agar biaya listrik tidak membengkak, penting untuk memperhatikan seberapa besar daya yang dibutuhkan kipas untuk bekerja. Di pasaran sendiri sudah banyak jenis yang dihadirkan dengan fitur hemat daya. Kamu tinggal memperhatikannya pada bagian kemasan.

Jika setelah mengikuti tips di atas kamu masih kebingungan mencari kipas yang tepat, berikut 7 kipas angin tembok / kipas angin standing yang menyejukkan dan awet.

Rekomendasi Kipas Angin Terbaik

1. Panasonic F-EU409

Jika sedang mencari kipas untuk mendinginkan ruangan dan tidak mudah dijangkau oleh anak-anak, kipas angin dinding dari Panasonic ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Kamu hanya perlu menempelkannya di tembok dan kipas siap untuk digunakan.

Kelebihan dari kipas ini adalah hanya membutuhkan daya 64 watt serta tidak bising. Sangat cocok untuk dipasang di kamar tidur tanpa mengganggu waktu istirahat. Apalagi, kipas yang dibanderol dengan harga Rp400 ribuan ini memiliki baling-baling dengan diameter 40 cm sehingga hembusan anginnya lebih besar.

2. Kirin KEF 16 WF3

Jika kamu membutuhkan sebuah kipas angin dinding dengan harga terjangkau tetapi mampu memberikan kesejukan yang maksimal, kipas Kirin ini cocok untuk dijadikan pilihan. Dengan motor kipas yang dibuat menggunakan tembaga murni serta lima baling-baling, Kirin KEF 16 WF3 sudah mampu menghasilkan hembusan angin yang menyejukkan.

Klaimnya, kamu akan merasakan kesejukan pegunungan saat menggunakan alat elektronik ini. Selain itu, Kirin KEF 16 WF3 juga hanya membutuhkan daya sekitar 50 watt sehingga akan lebih menghemat pengeluaran untuk listrik. Harga Kirin KEF 16 WF3 pun hanya sekitar Rp200 ribuan saja.

3. Philips Turbo CFR-5889

Jika ingin membeli produk elektronik, Philips menjadi salah satu merek yang bisa dipercaya memberikan jaminan kualitas untuk setiap produknya. Untuk kipas angin dinding, Philips pun memiliki produk andalan Turbo CFR-5889.

Sebagai kipas dinding, alat elektronik ini sudah dibuat sedemikian rupa dengan mesin yang diklaim dapat bertahan selama bertahun-tahun. Selain itu, Philips Turbo CFR-5889 juga dapat membuat ruangan lebih sejuk karena keberadaan desain double blade 16 inci .

Soal urusan pemakaian daya, kipas dinding ini hanya memerlukan 65 watt saja. Cocok untuk rumah atau kamar kos yang memiliki daya listrik terbatas. Jika berminat untuk membelinya, Philips Turbo CFR-5889 dibanderol dengan harga Rp200 ribuan saja.

4. Cosmos WFO 16 inci

Satu lagi merek peralatan rumah tangga yang sudah teruji kualitasnya adalah Cosmos. Soal kipas angin, vendor ini memiliki kipas dinding Cosmos WFO 16 inci. Sesuai dengan namanya, kipas ini memang dibekali dengan baling-baling 16 inci.

Baling-baling tersebut mampu menghasilkan hembusan angin yang menjangkau area lebih luas. Selain itu, angin yang dihembuskan juga lebih besar sehingga akan terasa lebih sejuk. Untuk memudahkan pengguna dalam mengatur kecepatan kipas, seri ini umumnya memiliki sebuah tali menggantung yang hanya perlu ditarik.

Dengan segala kelebihan yang dimiliki, Cosmos WFO 16 inci hanya dibanderol dengan harga Rp200 ribuan saja. Selain terjangkau, kipas angin tembok ini juga tergolong hemat listrik karena hanya memerlukan daya 46 watt saja.

5. Cosmos 16 SDB Stand Fan

Jika membutuhkan sebuah kipas yang dapat menjangkau ruangan dengan lebih luas, Cosmos 16 SDB stand fan ini bisa menjadi pilihan yang cocok. Dibanderol dengan harga di kisaran Rp200 ribuan saja, kamu sudah bisa mendapatkan sebuah kipas angin standing dan juga dipasang di dinding.

Jika ingin menjadikannya sebagai kipas dinding, kamu cukup melepas bagian tengah tengah kipas dan mengambil bagian atas untuk diletakkan di dinding. Selain itu, kipas ini sudah dibekali dengan teknologi yang mampu meredam suara berisik tetapi tetap menghasilkan angin yang kencang.

Daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan kipas ini juga hanya 50 watt saja. Kamu juga sudah bisa mengatur kecepatan angin yang diinginkan dengan mode sleep, auto atau normal.

6. Miyako Stand Fan 

Jika sedang mencari kipas angin berkualitas, merek Miyako juga tidak bisa diabaikan begitu saja. Produsen peralatan rumah tangga ini sudah sejak lama selalu hadir membawa produk-produk berkualitas untuk ditawarkan kepada konsumen, termasuk soal kipas angin.

Dengan hanya dibanderol sekitar Rp200 ribuan saja, kamu sudah akan mendapatkan sebuah kipas angin standing yang mampu menghembuskan angin dengan jangkauan cukup luas. Selain itu, alat elektronik ini juga hanya membutuhkan listrik yang tidak terlalu besar.

Kelebihan lainnya adalah, kamu bisa menemukan kipas angin Miyako di berbagai toko elektronik. Hanya saja, dengan bahan plastik yang digunakan sebagai cover bodinya, kipas ini tentu tidak memiliki kesan mewah. 

7. Panasonic F-EP405

Kipas angin Panasonic lain yang bisa kamu andalkan untuk menyejukkan ruangan di rumah adalah seri F-EP405. Jika dibanding beberapa kipas sebelumnya, harga yang ditawarkan Panasonic untuk seri ini cukup tinggi, yakni sekitar Rp600 ribuan.

Tetapi dengan harga tersebut, kamu sudah akan mendapatkan sebuah kipas yang memiliki jaminan bebas dari bahan berbahaya. Klaimnya, alat elektronik ini juga sudah bebas RoHS yang menjadi standar keamanan bahan yang disepakati negara-negara Uni Eropa.

Kipas angin standing ini juga terbilang hemat daya karena hanya membutuhkan sekitar 36 watt sampai 64 watt. Selain itu, ada tiga level kecepatan yang bisa dipilih untuk menggerakan tiga baling-baling berukuran 16 inci. Selain itu, kamu juga bisa mengatur tinggi kipas sesuai dengan kebutuhan.

Semoga saja beberapa rekomendasi di atas bisa menjadi referensi untuk kamu yang saat ini sedang bingung mencari kipas yang cocok untuk menyejukkan ruangan di rumah. Meskipun jika dilihat kipas-kipas ini tampak sama, tetapi tentu masing-masing vendor memiliki fitur unggulan tersendiri.

Sebagai konsumen, kamu hanya tinggal mempertimbangkan seperti apa kebutuhan dan harga yang bisa dijangkau. 

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.