6 Peralatan Ini Wajib Punya Bagi yang Mau Jadi Youtuber Gaming

No comments

YouTube telah menjadi salah satu platform berbagi video yang meraih banyak popularitas dalam beberapa tahun terakhir. Adanya kesempatan untuk mendapatkan pasif income yang menggiurkan di platform ini pun membuat banyak orang berbondong-bondong menjadi konten kreator dadakan.

Jumlah video yang diunggah ke platform ini pun membludak setiap hari. Mulai dari video dengan konten eksperimen, tutorial,  film pendek, hingga gaming akan sangat mudah ditemukan di berbagai kanal YouTube.

Tetapi sayangnya, tidak semua video yang diunggah tersebut memiliki kualitas yang baik. Entah itu dari segi isi konten maupun kualitas gambar. Padahal, untuk bisa menjadi seorang YouTuber sukses, kualitas dari gambar dan konten adalah hal yang penting. 

Semakin menarik konten yang ditawarkan, maka akan semakin banyak yang datang untuk melihat. Dengan begitu, popularitas video juga akan semakin naik dan berdampak pada pendapatan pasif yang akan didapat dari YouTube.

Selain itu, ada beberapa tips yang bisa kamu coba jika sedang memulai karir sebagai YouTuber. Pertama adalah dengan membuat username semenarik mungkin. Terdengar sepele, tapi ini merupakan sesuatu yang penting untuk menunjukkan identitas diri.

Jika ingin memulai sebagai seorang YouTuber gaming, kamu bisa memilih nama yang unik dan mudah diingat oleh target penonton. Kamu bisa menggunakan nama karakter atau sesuatu yang khas dari dunia game agar lebih mudah ditemukan oleh target pasar.

Setelah itu, jangan lupa untuk secara konsisten mengunggah konten dalam jangka waktu tertentu. Jangan sampai, hanya di awal saja rutin memposting konten tetapi setelah itu vakum dan hanya berharap video kamu ditonton jutaan orang.

Kamu juga harus membuat kanal YouTube untuk konten tertata rapi ya. Dengan begitu, akan mudah bagi calon penonton untuk memilih dan mengetahui konten gaming apa saja yang pernah kamu unggah. Kamu bisa mengelompokkannya sesuai dengan tema game atau jenis permainan ketika jumlah video sudah cukup banyak.

Agar konten selalu berkualitas dan tidak kehabisan ide, bergabung dengan komunitas YouTuber bisa sangat membantu. Terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama dapat memunculkan ide-ide segar untuk mengisi konten.

Tetapi terlepas dari itu semua, sebaik apapun isi konten jika kualitas gambar maupun suara yang ditawarkan buruk, orang juga jadi malas untuk mampir. Karena itu memiliki peralatan pendukung yang tepat juga berperan penting dalam sukses tidaknya karir kamu sebagai YouTuber.

Lalu kalau untuk pemula, peralatan apa saja sih yang harus dimiliki? Berikut tujuh peralatan penting yang wajib untuk dimiliki oleh YouTuber gaming yang sedang merintis karir.

1. Kamera

kamera

Untuk dapat menghasilkan sebuah gambar yang jernih dan berkualitas, jenis dan kemampuan kamera yang digunakan memiliki peran yang sangat penting. Kamera yang memiliki kemampuan menghasilkan gambar jernih yang tidak bergoyang tentu akan membuat penonton betah.

Untungnya, di zaman serba canggih seperti saat ini, kamu tidak perlu membeli handycam atau kamera profesional untuk bisa merekam video berkualitas. Sebab, hanya dengan kamera ponsel saja berbagai mode menarik sudah bisa dipakai untuk membuat konten YouTube yang baik.

Bahkan pada beberapa seri tertentu, kamera ponsel sudah mampu meredam getaran yang muncul ketika pengambilan gambar berjalan. Tentu ini akan membuat video yang dihasilkan jadi mulus tanpa guncangan.

2. Laptop atau PC

Laptop atau PC

Barang berikutnya yang wajib dimiliki oleh seorang YouTuber gaming adalah laptop atau PC. Alat elektronik ini sangat penting bagi Youtuber gaming, terutama jika kamu hobi memberikan tips dan trik dalam bermain game PC seperti PUBG atau DoTA.

Selain itu, PC atau laptop juga bisa menjadi alat untuk melakukan editing pada video yang akan diunggah di kanal YouTube. Meskipun ponsel-ponsel masa kini sudah cukup bisa diandalkan, tetapi melakukan editing dengan laptop akan terasa lebih mudah dan leluasa.

3. Mikrofon

Mic

Isi konten yang baik dengan kualitas gambar apik tidak akan mendapatkan banyak penonton jika kualitas audionya buruk. Karena itu, kamu perlu memilih mikrofon dengan kualitas baik agar dapat menghasilkan audio yang jelas sehingga enak didengar oleh penonton.

4. Headphone

headphone

Jika kamu suka melakukan live streaming saat bermain game di kanal YouTube, headphone akan sangat dibutuhkan. Peralatan ini akan membuat kamu bisa lebih jelas mendengar  saat berinteraksi dengan pemain lain di dalam game.

5. Kursi gaming

kursi gaming

Peralatan berikutnya yang wajib kamu miliki adalah kursi gaming. Pastikan jika kursi tersebut nyaman saat digunakan yah. Dengan begitu, kamu akan bisa lebih maksimal dalam membuat maupun mengedit konten.

6. Aplikasi pengedit video

aplikasi pengedit video

Jika pengambilan video sudah diselesaikan, hal berikutnya yang wajib dimiliki adalah aplikasi pengedit video. Kamu bisa memilih yang gratis tetapi dengan fitur terbatas atau berbayar dan lebih leluasa dalam melakukan editing. Beberapa software yang sering digunakan adalah Ice Cream Recorder, Sony Vegas Pro, dan Adobe Premiere Pro.

Lengkapi Peralatan Youtuber Sesuai Kebutuhan

Untuk menjadi seorang youtuber game memang bukan hanya sekedar memiliki handphone atau komputer saja, tapi kamera, sound dan sebagainya juga diperlukan. Dengan begitu, hasil video bisa lebih maksimal. Namun, kamu bisa memenuhi peralatan youtuber sesuai kebutuhan atau secara bertahap. Soal urusan harga pun sudah banyak yang terjangkau dan mudah didapat secara online. Kamu bisa belanja peralatan youtuber atau gaming kamu di berbagai merchant indodana. Jika uangmu belum mencukupi, manfaatkan transaksi menggunakan paylater indodana.

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca Juga: