bisnis milenial

Daftar Bisnis Milenial yang Menjanjikan

No comments

Membuka usaha menjadi salah satu peluang yang paling diminati untuk mencari untung. Beberapa ide usaha, bahkan hanya memerlukan modal yang sangat minim. Namun, hal tersebut bukan berarti keuntungan yang diperoleh juga minim. Terkadang usaha bermodal minim tersebut justru memberikan keuntungan yang lebih besar.

Hal ini pun bisa menjadi kesempatan bagi para kaum milenial. Biasanya pada rentan umur tersebut, mereka baru saja menyelesaikan studinya di perguruan tinggi. Sedangkan mencari lowongan pekerjaan di tengah pandemi seperti ini merupakan tantangan yang sangat berat.

Karena itu lah, membuka usaha bisa menjadi jalan keluar. Memanfaatkan gadget yang dimiliki, Anda pun sudah bisa membuka usaha sendiri. Nah, berikut adalah ide-ide bisnis milenial yang patut untuk dicoba.

8 Bisnis Milenial 2021

1. Fotografer

Fotografi adalah salah satu hobi yang banyak digandrungi oleh khalayak umum. Hobi yang satu ini, juga bisa digunakan sebagai peluang usaha. 

Apalagi saat ini, banyak sekali masyarakat yang menggandrungi media sosial. Mereka ingin membuat citra yang bagus melalui media sosial. Sedangkan tidak banyak dari mereka yang memiliki kelebihan dalam bidang fotografi.

Di sini lah peluang usaha tersebut muncul. Anda cukup memajang portofolio hasil jepretan di media sosial. Konsumen pun akan datang dengan sendirinya, jika mereka tertarik terhadap portofolio tersebut.

2. Admin Media Sosial

Berdagang di media sosial adalah salah satu ide usaha yang saat ini sedang menjamur. Pemilik usaha cukup membuka akun di salah satu atau beberapa media sosial. Mereka cukup mengunggah barang dagangan di akun tersebut, usaha pun bisa langsung dijalankan.

Sayangnya, tidak semua orang memiliki waktu dan kreativitas untuk memasarkan barang dagangannya. 

Nah, dari sini, muncul lagi peluang yang bisa dimanfaatkan. Para kaum milenial bisa membuka jasa untuk mengatur pemasaran akun media sosial toko tersebut. Dengan bermodalkan smartphone dan laptop, usaha ini pun bisa langsung mendatangkan keuntungan.

3. Personal Chef

Ide usaha yang satu ini, mungkin bisa menjadi pilihan bagi kaum milenial yang memiliki passion di bidang kuliner. Anda bisa membuka restoran atau kedai kecil yang menjual makanan. Ide lainnya, adalah Anda bisa menawarkan jasa sebagai personal chef.

Jasa ini bisa digunakan jika ada seseorang yang hendak mengadakan acara. Seperti kumpul keluarga, reunian sekolah, ulang tahun, dan lain-lain. Pemilik usaha bisa bernegosiasi dengan pemilik acara untuk menyediakan bahan makanan yang diinginkan.

Selain di acara-acara tertentu, biasanya Personal Chef juga dibutuhkan di rumah yang penghuninya tidak memiliki waktu untuk memasak. Praktis usaha ini pun bisa langsung dimulai tanpa modal.

4. Thrift Shop

One man’s trash is another man’s treasure (Sampah seseorang bisa jadi harta karun orang lain). Mungkin kata-kata ini lah yang bisa menggambarkan peluang usaha yang satu ini. Ya, thrift shop adalah sebuah usaha di mana seseorang menjual barang bekas.

Kini, berbelanja di thrift shop bukan lagi menjadi aib bagi khalayak umum. Sebab, barang yang dijual masih banyak yang layak pakai. Beberapa bahkan masih terlihat seperti baru. Pembeli pun bisa mendapatkan barang yang berkualitas tinggi, dengan harga yang sangat miring.

Bisnis thrift shop ini tidak membutuhkan modal yang besar. Pemilik usaha hanya perlu memilah barang-barang yang masih terlihat bagus tapi sudah tidak ingin dipakai. Selain itu, Anda juga bisa mulai mengumpulkan pakaian atau barang bekas layak beli lain dari kerabat terdekat. 

Hanya dengan menggunakan media sosial dan aplikasi marketplace yang ada, Anda bisa memulai usaha thrift shop ini.

5. Jasa Video Editing atau Produksi Video

Youtuber adalah salah satu jenis pekerjaan baru yang menjanjikan di zaman sekarang. Tidak dapat dipungkiri, banyak orang yang berhasil sukses karena menjadi Youtuber. Namun, karena permintaan video yang semakin besar, para Youtuber pun mulai mencari editor khusus.

Nah, di sinilah Anda bisa memanfaatkan fenomena ini sebagai peluang bisnis, apalagi jika memiliki keahlian di bidang editing. 

Anda pun cukup membeli peralatan yang dibutuhkan. Seperti kabel port USB, audio jack, dan laptop untuk editing. Jika semua yang dibutuhkan sudah siap, usaha pun sudah dapat dimulai.

6. Jasa Editorial

Ide usaha kali ini, mungkin cocok dengan Anda yang memiliki latar belakang sebagai mahasiswa sastra atau yang memiliki latar belakang bekerja di dunia literasi. Ya, Anda bisa menawarkan jasa di bidang editorial.

Ada banyak hal yang bisa ditawarkan di bidang editorial. Beberapa di antaranya adalah dengan melakukan proofreading, editing artikel, dan jasa penulisan lainnya. Pemilik usaha tinggal mematok biaya yang dibutuhkan untuk jasa yang ditawarkan.

Konsumen dari jasa ini bisa didapat dari pemasaran melalui mulut ke mulut, media sosial, hingga website/aplikasi pekerja lepas.

7. Personal Shopper

Memesan makanan melalui ojek online, mungkin saat ini menjadi hal yang biasa. Namun, pernahkah Anda terpikir untuk menyerahkan tugas belanja bulanan, atau mingguan ke orang lain? Nah, di sinilah peluang selanjutnya muncul.

Personal Shopper adalah usaha yang bisa dilakukan oleh siapa saja dan di mana saja. Pemilik usaha cukup menawarkan jasanya di media sosial atau melalui mulut ke mulut.

Tarifnya pun bisa dipatok berdasarkan berapa jumlah belanjaan yang dibeli, dan seberapa jauh lokasi yang dimaksud. Menjadi seorang personal shopper tidaklah membutuhkan modal yang besar. Anda hanya perlu meminta konsumen bayar di muka. 

8. Pengasuh Hewan Peliharaan

Memelihara binatang peliharaan memang menjadi salah satu cara untuk memberikan ketenangan diri. Namun, ada harga yang harus dibayar untuk mendapatkan ketenangan tersebut. Pemilik pun harus mengurus segala macam hal yang berkaitan dengan hewan peliharaannya.

Di satu sisi, mereka juga tidak punya cukup waktu untuk mengurus binatang peliharaannya. Nah, di sinilah peluang usaha lainnya bisa dimanfaatkan. Anda bisa menawarkan jasa sebagai pengasuh hewan peliharaan.

Anda hanya perlu mematok berapa harga dari jasa yang ditawarkan, menyiapkan tempat dan barang-barang yang diperlukan. Menarik bukan?

Pergunakan Sumber Daya yang Ada

Itu lah, beberapa ide bisnis milenial yang bisa dilakukan dengan modal yang sangat minim. Sebenarnya, masih ada banyak lagi ide yang bisa dieksplor, sesuai minat dan bakat. Sebab saat ini, semua hal bisa dijadikan sebagai peluang usaha.

Entah itu usaha dari menawarkan jasa, yang didapat dari bakat atau minat pribadi Anda. Tinggal bagaimana Anda mempertahankan konsumen tersebut saja yang menjadi kunci.

Selalu pergunakan sumber daya yang ada untuk memangkas modal yang dikeluarkan. Sehingga untung yang didapat pun bisa dimaksimalkan.

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.