bisnis kreatif

Berbagai Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan, Yuk Cari Tahu!

No comments

Ide kreatif merupakan hal terpenting ketika Anda berkeinginan untuk menjalankan sebuah bisnis. Tanpa ide yang kreatif maka usaha yang dijalankan akan mudah tergerus oleh zaman. Dari perkembangan zaman inilah yang kemudian memunculkan istilah bisnis kreatif. Apa sih bisnis kreatif? 

Bisnis kreatif adalah pemanfaatan skill, bakat, serta kreativitas seseorang untuk menghasilkan atau menciptakan produk bernilai jual tinggi. Bisnis ini mulai banyak ditekuni oleh para generasi muda. Tidak sedikit di antara mereka yang berhasil sukses membangun bisnis sesuai kebutuhan dan keinginan pasar di era digital.

Anda juga tertarik? Berikut ini ada ide bisnis kreatif yang bisa Anda jadikan inspirasi. 

8 Ide Bisnis Kreatif yang Menjanjikan

1. Sewa Pakaian

Jasa penyewaan pakaian mungkin masih cukup asing di telinga kebanyakan orang. Hal tersebut wajar karena jasa penyewaan ini baru muncul beberapa tahun belakangan. Salah satu alasan jasa sewa pakaian sangat dibutuhkan yaitu lantaran pekerjaan yang mengharuskan sebagian orang untuk terus berganti baju setiap hari.

Daripada membeli baju terus menerus dan menyebabkan pengeluaran membengkak, sebagian besar dari mereka memilih untuk menyewa pakaian. Nah, Anda yang memiliki banyak pakaian bagus bisa mencoba bisnis ini. Jangan lupa sediakan berbagai pilihan model dan juga warna sehingga pelanggan semakin tertarik untuk menyewanya.

2. Penyewaan Peralatan Bayi

Mungkin beberapa di antara Anda penasaran bagaimana bisa peralatan bayi disewakan? Tenang saja, peralatan bayi yang akan disewakan adalah mainan bayi, stroller, serta hal penunjang lain yang memiliki usia pakai pendek.

Bisnis penyewaan peralatan bayi cukup menjanjikan lantaran banyak orang tua yang ragu untuk membelikan peralatan bayi karena usia pakainya yang pendek. Dibandingkan membeli peralatan yang hanya dipakai beberapa bulan atau tahun saja, tentu menyewa menjadi pilihan terbaik bagi para orang tua.

3. Penyewaan Drone dan Kamera Berspesifikasi Tinggi

Di zaman dulu, jasa rental komputer cukup diminati karena masih sedikit orang yang memiliki fasilitas tersebut untuk mengerjakan pekerjaannya. Namun, hal tersebut kini sudah kurang menjanjikan karena laptop dengan harga murah banyak dijual di pasaran.

Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba untuk menyewakan produk elektronik lain, seperti drone dan kamera berspesifikasi tinggi. Kedua alat elektronik tersebut sangat dibutuhkan pada momen-momen tertentu sehingga cukup menjanjikan untuk dijadikan lahan bisnis.

4. Sewa Novel

Jasa penyewaan novel mungkin sudah hadir di beberapa daerah tertentu. Pada umumnya, jasa ini menyediakan novel-novel yang bisa dipinjam secara langsung. 

Jangan lupa untuk lakukan sedikit inovasi pada jasa penyewaan novel milik Anda, misalnya dengan menyediakan jasa penyewaan novel secara online. 

Hal tersebut cukup menjanjikan karena banyak pelanggan yang lebih suka berdiam di rumah dan melakukan transaksi secara online

Harga yang ditawarkan bisa disesuaikan berdasarkan lama waktu peminjaman ataupun ketebalan novel. Daripada hanya menumpuk di lemari saja, lebih baik jika novel-novel tersebut dimanfaatkan bukan?

5. Jasa Sewa Hantaran Pernikahan

Ide bisnis kreatif ini sangat cocok untuk seseorang yang memiliki jiwa seni tinggi dan suka mendekorasi. Manfaatkan skill tersebut untuk membuka jasa penyewaan hantaran pernikahan. Saat ini banyak calon pengantin yang kebingungan cara meminimalkan biaya pernikahan sehingga jasa ini sangat dibutuhkan.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda hanya membutuhkan modal untuk membeli bahan hantaran. Tenang saja, bahan-bahan tersebut hanya perlu dibeli satu kali saja. Selanjutnya, Anda bisa menyewakan hantaran pernikahan ke beberapa pelanggan tanpa perlu membuat ulang.

6. Souvenir dan Hampers

Di zaman modern seperti ini, banyak orang yang menyukai sesuatu yang unik dan cantik untuk diunggah. Salah satunya pada souvenir dan hampers.

Oleh karena itu, souvenir dan hampers bisa menjadi ide usaha kreatif berikutnya. Cari produk-produk kekinian dan hias barang tersebut secantik atau seunik mungkin.

Ada satu hal yang tidak boleh dilupakan, tetap gunakan atau buat produk yang berkualitas ya!

7. Bisnis Itinerary dan Guide

Liburan telah menjadi salah satu bagian dari masyarakat zaman modern. Karena hal tersebut, tidak heran jika banyak sekali jasa tour and travel dengan berbagai kelebihannya masing-masing. Banyaknya jasa tour and travel mungkin sedikit menyulitkan Anda untuk mempromosikan bisnis yang sama. 

Agar lebih menarik pelanggan, berikan pelayanan berbeda misalnya jasa itinerary atau rencana perjalanan untuk pelanggan yang kurang suka dengan konsep travel package. Agar pelayanan lebih maksimal, tambahkan juga jasa guide pribadi untuk para pelanggan.

8. Usaha Makanan

Mungkin Anda menganggap bahwa ide bisnis makanan sangat mainstream dan sudah dijalankan oleh banyak orang. Tenang dulu, Anda bisa menjalankan bisnis makanan dengan lebih inovatif dan berbeda.

Misalnya saja dengan menjual paket bahan makanan sehingga pelanggan mudah dalam membuat sebuah masakan. Tidak hanya itu saja, Anda juga bisa membuka jasa titip makanan khas daerah untuk mereka yang rindu dan tertarik memakan oleh-oleh khas kota tersebut. 

Tips Membangun Bisnis Kreatif

  • Rajin membaca dan melakukan riset.
  • Selalu mencoba untuk berpikir out of the box. Usahakan untuk selalu menemukan ide-ide baru yang orang lain belum atau jarang lakukan.
  • Belajar dari permasalahan dan kesuksesan orang lain. Jangan pernah malu untuk belajar dan bertanya. Bacalah tips sukses mereka atau jika mengenalnya secara pribadi cobalah untuk bertanya.
  • Buat usaha yang juga dibutuhkan dan diminati oleh masyarakat dan/atau target pasar yang sudah ditentukan.
  • Terakhir, selalu manfaatkan setiap kesempatan yang ada. Jangan cepat putus asa dan menyerah. Satu hal yang wajib diingat oleh calon-calon pengusaha sukses adalah kegagalan bukanlah akhir dari segalanya.

Apapun Bisnis Anda, Jangan Lupa Kelola Keuangan dengan Baik

Itulah 7 ide bisnis kreatif yang jarang diketahui dan sebenarnya memiliki peluang yang menjanjikan. Anda bisa memilih salah satu dari ide di atas atau mendapatkan ide bisnis baru sesuai keadaan. Apapun bisnis yang dipilih nantinya, yang terpenting adalah komitmen membangunnya dengan baik.

Jangan lupa juga untuk mengelola keuangan sebaik mungkin. Pasalnya, seberapa pun berkembangnya usaha yang dijalankan, jika keuangan tidak dikelola dengan baik maka semuanya akan sia-sia. Semoga informasi di atas bermanfaat dan selamat menjalankan bisnismu sendiri!

Baca Juga Artikel-Artikel Terkait Lainnya: