pikiran positif

10 Tips Meningkatkan Pikiran Positif Selama Bekerja di Kantor

No comments

Tugas, tantangan, dan lingkungan yang toxic terkadang bikin kurang semangat bekerja. Alhasil, Anda sering mengharapkan agar hari kerja cepat berlalu supaya weekend datang dan bisa bersantai bersama orang-orang tercinta.  

Perasaan seperti ini sebaiknya segera dihindari agar tidak merusak performa kerja di kantor. Namun, sebagian besar pekerja tidak mengetahui bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk ini. Nyatanya mudah saja, yaitu dengan membangun pikiran positif selama bekerja.

Jika masih bingung, berikut ada beberapa tips meningkatkan pikiran positif agar Anda kembali semangat untuk bekerja di setiap harinya.

10 Tips Meningkatkan Pikiran Positif Selama Bekerja di Kantor

1. Awali dengan Hal yang Disukai

Awali hal yang disukai

Awal yang baik akan mempengaruhi hari-hari secara keseluruhan. Sebelum berangkat, coba lakukan aktivitas yang Anda sukai. Entah itu olahraga, memasak sarapan, meditasi, atau minum kopi sambil menikmati udara pagi.

Kegiatan sederhana seperti ini akan membuat pikiran sejuk, sehingga pikiran-pikiran negatif tidak menghantui diri. Jadi, Anda bisa melakukan aktivitas dengan perasaan bahagia tanpa tekanan sedikit pun.

2. Bertegur Sapa dengan Orang Lain

Percayakah kalau sebuah senyuman dapat menghilangkan masalah? Nah, menyapa orang lain setiap pagi setidaknya membuat senyum di bibir terlukis, sehingga masalah yang dialami hari kemarin perlahan-lahan memudar.

Ditambah lagi kalau orang tersebut membalas senyum Anda dengan tulus, hari-hari akan terarah ke hal yang positif. Sederhana sekali, kan? Anda bisa segera praktekkan dan lihat betapa besar pengaruh senyum pada mood kerja selama seharian.

3. Jangan Pikirkan Tugas Hari Kemarin

Setiap kali bangun pagi, coba jangan pikirkan tugas yang belum sempat terselesaikan pada hari kemarin. Hal ini akan merusak mood Anda selama seharian. Sebab, Anda sudah terlanjur mengawali hari dengan masalah.

Coba pikirkan hal positif, seperti meeting akan berjalan lancar, tugas akan terselesaikan, dan tidak akan ada konflik dengan rekan kerja pada hari itu. Percayalah pikiran positif secara tidak sengaja akan membuat hari-hari sama seperti yang dipikirkan.

4. Berbaur dengan Rekan Satu Tim

Menjalin pertemanan dengan rekan kerja tidak semudah saat kuliah atau SMA dulu. Banyaknya persaingan malah menciptakan gap atau jarak yang membuat sesama rekan kerja ingin menjatuhkan satu sama lain. Tapi jujur, mau berbaur membuat hari-hari terasa enteng, waktu pun lebih cepat berlalu. 

Meski sulit, Anda harus memaksakan diri untuk berbaur dengan rekan kerja. Mereka jugalah yang akan membantu menyelesaikan masalah kerjaan selama di kantor. Jadi, tidak bisa selamanya menutup diri akan kehadiran mereka, ya!

5. Curhat dengan Rekan Kerja Terpercaya

Curhat dengan rekan kerja dipercaya

Beberapa orang mungkin menyarankan untuk tidak mempercayai siapapun di dunia kerja. Tapi, memendam masalah seorang diri justru akan mendatangkan pikiran negatif yang membuat hari semakin kacau. Jalan satu-satunya adalah menceritakan masalah atau curhat kepada orang yang ada di dekat, yaitu rekan kerja.

Pilihlah rekan kerja yang bisa dipercaya, tidak terlalu banyak berbicara dan tidak suka bergosip. Tapi, jangan ceritakan semuanya secara detail. Cukup garis besarnya saja, lalu minta saran darinya agar masalah dapat segera terselesaikan.

6. Tata Meja Kerja Semenarik Mungkin

Kondisi di sekeliling juga berpengaruh pada kemampuan berpikir positif, lho! Apabila meja kerja berantakan, Anda pasti tidak mood untuk bekerja. Coba kalau rapi, Anda pasti lebih semangat untuk bekerja, menyelesaikan tugas-tugas yang atasan berikan.

Apa salahnya luangkan waktu untuk menata meja kerja semenarik mungkin. Rapikan kertas kerja yang berantakan, alat tulis, tambahkan dedaunan hijau, dan aromaterapi agar mood selalu stabil. Pikiran juga lebih tenang, sehingga performa kerja meningkat.

7. Dengarkan Podcast

Di kala hati gundah, pikiran negatif terus, maka Anda bisa mendengarkan podcast agar pikiran kembali positif dan mood segera membaik. Dengarkan podcast yang membuat berpikiran positif, juga yang memotivasi untuk terus melangkah, sehingga Anda tidak stuck pada kondisi saat ini.

Ada sejumlah nama podcaster yang bisa jadi referensi, seperti Gary V atau Rob Dial. Dengarkan podcast sebelum bekerja, sehingga Anda semangat untuk mengejar target.

8. Hindari Gosip

Meskipun seru, percayalah kalau gosip cuma akan menambah masalah dalam hidup. Pola pikir yang tadinya positif, bisa berubah menjadi negatif karena terpengaruh oleh gosip. 

Sebisa mungkin jauhkan diri dari perkumpulan rekan kerja yang suka gosip agar pikiran tetap positif. Anda pun terhindar dari segala macam gosip karena ini hal yang tidak disukai.

9. Istirahatkan Pikiran Saat Jam Istirahat

Istirahatkan pikiran saat jam istirahat

Pekerjaan dikejar-kejar deadline? Wajar kalau setiap pekerja akan merasakan cemas, takut, dan malah jadi terburu-buru dalam bekerja. Namun, mengorbankan waktu istirahat untuk menyelesaikan deadline tidak disarankan. 

Bagaimanapun juga, Anda butuh yang namanya istirahat. Manfaatkan jam makan siang untuk beristirahat dan membangun pikiran positif. Dengan pikiran positif, Anda pun akan semakin percaya kalau pekerjaan dapat diselesaikan tepat waktu.

10. Jangan Biasakan Menyalahkan Diri Sendiri

Anda tidak seharusnya menyalahkan diri sendiri kalau suatu kesalahan terjadi di kantor. Hal ini secara tidak langsung membuat pikiran negatif bertumbuh, yang pada akhirnya membuat merasa kalau Anda adalah orang paling ceroboh. 

Jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Segera lupakan kesalahan itu, lalu jadikan sebagai suatu pelajaran agar kesalahan yang sama tidak terjadi untuk yang kedua kalinya.

Penuhi Hari-hari dengan Hal Positif

Mulai dari sekarang, lakukan berbagai hal positif guna menciptakan pikiran positif. Percayalah kalau segala sesuatunya akan terselesaikan, sehingga Anda tidak perlu terlalu jauh memikirkan hal-hal negatif. Dengan begini, hari-hari di kantor pasti lebih menyenangkan.

Baca Juga: