gorden cantik

Bikin Tambah Betah, Ini Tips Memilih Gorden Cantik dan Beragam Rekomendasinya

No comments

Kenyamanan lingkungan rumah dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan penghuninya. Termasuk estetika interior, yang juga dapat memberi efek tertentu bagi para penghuni rumah, baik secara positif maupun negatif. Salah satu produk interior rumah yang memberikan efek cukup besar adalah gorden.

Pemilihan gorden yang tepat akan membuat hunian terasa lebih nyaman dan fungsional. Secara psikologis, lingkungan yang didekorasi dengan motif dan warna yang tepat dapat mendukung anggota keluarga jadi lebih bahagia, produktif, bersemangat, serta merasa tentram lagi aman. Pemilihan gorden yang sesuai selera pun dapat menciptakan kesan aesthetic yang diinginkan, hingga menonjolkan citra dan karakteristik yang ingin kamu tampilkan.

Fungsi Gorden yang Beragam

Tak melulu demi alasan estetika. Penggunaan gorden bermanfaat untuk: 

  • Menjaga privasi.
  • Menghalau debu berlebihan dari luar jendela.
  • Menjadi penutup pintu kaca. 
  • Melindungi bagian dalam ruangan dari sinar matahari yang terlampau panas dan menyilaukan. Dengan begitu, kamu bisa mengatur dan menjaga suhu ruangan agar tak terlalu panas atau dingin. 

Gorden dengan jenis yang tepat pun dapat menjadi tirai penyekat sebagai pemisah atau pembatas ruangan hemat biaya. Jika kamu tinggal di apartemen tipe studio yang memanfaatkan satu ruang untuk berbagai kegiatan, gorden akan menjadi jawaban yang praktis. Tutup tirai saat privasi diperlukan, dan buka kembali agar ruangan tampak lebih lega. 

Alhasil, rumah/apartemen pun menjelma menjadi the happiest place yang semakin nyaman, menenangkan dan bikin betah. Terutamanya di situasi saat ini sehubungan pandemi Covid-19, yang mana beraktivitas di rumah masih dianjurkan di seluruh dunia.

Tips Memilih Gorden yang Tepat

Agar sesuai fungsinya, pilihlah jenis yang efektivitasnya tepat berdasarkan kondisi ruangan. Untuk gorden jendela cantik, kamu bisa memilihnya berdasarkan beberapa pertimbangan, seperti tingkat opacity tembus cahaya atau tidaknya, jenis, warna, model, motif, hingga tipe pemasangannya. 

Sesuaikan gorden pilihanmu dengan tema interior serta kesan yang ingin kamu ciptakan, misal tradisional, romantis, vintage, klasik, futuristik, hippie/ bohemian, dan sebagainya. Selasarkan gorden dengan warna cat dinding/ wallpaper, cornice, dan ornamen lainnya dalam ruangan.

Terdapat berbagai jenis gorden dari kain yang bisa kamu pilih, yaitu:

  • Paloma.
  • Granza.
  • Katun.
  • Linen.
  • Satin.
  • Poliester.
  • Beludru. 

Di lain pihak, kamu bisa memilih tirai bentuk lainnya seperti gorden plastik, gorden magnet, hingga blind gorden yang terbuat dari bahan PVC, kayu solid, aluminium, bambu, dll.

Faktor penting lainnya yang perlu dipertimbangkan ialah urusan harga. Budget untuk pemasangan gorden akan semakin tinggi jika bahannya lebih berkualitas dengan model yang lebih rumit. 

Jenis Gorden untuk Mempercantik Ruangan

JenisKeterangan
Gorden BlackoutGorden blackout yang pekat, tebal, dan tak tembus cahaya dapat menjaga privasi sebuah ruangan. Sinar matahari tak akan tembus sama sekali ke dalam ruangan. Kebanyakan orang menggunakan gorden blackout di jendela kamar tidurnya serta di ruang tamu. Di ruang tamu, biasanya gorden blackout akan dirangkap berlapis dengan gorden vitrase yang lebih tipis dan bening.Tidak hanya itu, gorden blackout juga dapat digunakan untuk menutup closet terbuka (penyimpanan pakaian serta aksesoris dalam rak/ lemari terbuka).
Gorden Semi BlackoutUntuk ruang baca, ruang menonton TV, atau ruang keluarga, kamu bisa memilih gorden semi blackout untuk menciptakan spot yang teduh dan tenang.Ketika gorden ditutup, ruangan masih bisa mendapat sinar matahari dengan tingkat opacity medium.
Gorden VitraseGorden vitrase merupakan yang paling tipis. Memiliki tingkat transparansi yang tinggi, gorden jenis sheer ini biasanya berbahan ringan dan terbuat dari poliester, nylon, sutra, atau kain sintetis. Karena tipis dan mudah robek, berhati-hatilah saat mencucinya. Selain kerap dijadikan gorden jendela, vitrase juga sering dijadikan kelambu renda cantik dengan kesan yang romantis untuk memperindah tampilan ranjang.

Rekomendasi Gorden Cantik yang Menarik

Berbagai gaya pemasangan gorden cantik dapat memperindah ruangan tempat tinggal. Untuk model gorden cantik yang minimalis, kamu bisa memilih warna-warna polos atau yang bermotif ringan. Sehingga tampilan ruangan bisa lebih simple.

Adapun gaya klasik masih tetap digandrungi hingga kini. Umumnya, gaya gorden klasik memperlihatkan motif serta desain yang lebih rumit namun elegan dan anggun.

1. Model Gorden Silang

Model gorden yang dipasang bersilang ini bisa dijadikan alternatif mengatasi kejenuhan. Tampil lebih unik, gunakan gorden vitrase berwarna polos untuk menciptakan nuansa cantik sekaligus mewah di ruanganmu. 

2. Gorden Bambu

Untuk kamu yang berjiwa vintage dan sukanya pernak-pernik tradisional, model gorden bambu akan membuatmu tambah betah di rumah. Terkesan alami, kamu bisa menyesuaikan gorden dengan furniture serta warna cat ruangan. Untuk kesan yang simple, maksimalnya gunakan tidak lebih dari tiga warna dominan. 

Jika ingin menciptakan nuansa yang kreatif dan semarak, cobalah bereksperimen dengan berbagai gabungan tema lainnya selain tradisional/ vintage/ shabby chic. Caranya dengan menambahkan sejumlah ornamen dekoratif lain yang tepat di ruanganmu.

3. Model Gorden Rempel yang Romantis

Tren gorden cantik pun ikut berubah-ubah seiring dengan perkembangan zaman. Saat ini, model paling baru yang banyak disukai ialah gorden rempel yang centil dan romantis.

Modelnya yang rempel membuat kesan ramai dan menambah keistimewaan tersendiri. Untuk mengimbangi modelnya, kamu bisa memilih warna-warna pastel seperti peach dan pink yang hangat.

4. Gorden Roman Shade nan Unik

Gaya Roman Shade ini mempunyai lipatan demi lipatan dengan pemberat berupa kayu/ besi. Alhasil model gorden yang satu ini tak hanya cocok untuk memberi kesan minimalis, tapi juga unik sekaligus klasik.

Model Roman Shade yang sederhana ini juga cocok untuk dipasang di jendela berbagai ukuran, baik besar maupun kecil. 

5. Model Gorden yang Simple dan Elegan

Gorden dengan tema yang simple namun elegan sangat cocok diterapkan di hunian minimalis yang praktis. Jika luas ruangan terbilang sempit dan terbatas, gorden polos yang lurus dapat menjadi penutup jendela yang kecil.

Gunakan warna netral namun tetap kekinian dan modern. Di antaranya seperti abu, hitam, putih, atau navy blue agar ruangan tidak terkesan terlalu sumpek dan penuh. 

6. Gorden Mewah dan Cantik

Gorden klasik yang mewah, antik, dan modelnya panjang menjuntai bisa menjadi alternatif yang menyenangkan. Untuk kesan “rumahku istanaku”, padukan dua warna glamour sekaligus seperti emas dengan merah atau kombinasi ungu dan silver dengan kesan grande.

7. Model Gorden dengan Desain Tie-Dye

Teknik pewarnaan kain dengan cara ikat celup masih diminati hingga saat ini. Untuk menyemarakkan ruangan minimalis, gunakan desain tie-dye yang unik dan artistik. 

Agar selaras, pastikan warna celup gordenmu sesuai dengan shade atau palet yang sesuai. Misal, pilih dua warna kombinasi seperti hitam dan putih, atau biru dan putih agar tak terlihat bertabrakan.

8. Gorden Kupu-Kupu untuk Jendela Kecil

Untuk jendela panjang kecil di rumah minimalis, kamu bisa gunakan gorden model kupu-kupu yang pas. Sebaiknya pilihlah jenis blackout tanpa corak dan satu warna saja untuk menciptakan kesan lebih luas pada ruangan yang terbatas.

Demikianlah rekomendasi gorden jendela cantik yang dapat dipertimbangkan. Untuk inspirasi lainnya, kamu bisa memilih berbagai corak animal print yang unik hingga bunga yang cantik mempesona. 

Jangan lupa untuk manfaatkan promo dan metode pembayaran terbaik seperti paylater atau cicilan tanpa kartu kredit, mengingat harga gorden yang tidaklah murah.

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya: