Jangan Dibiarkan! Begini Tips Memilih Skincare Terbaik untuk Kulit Wajah Berjerawat

No comments

Ada banyak faktor yang bisa memicu munculnya jerawat pada kulit wajah. Dari mulai produksi sebum yang berlebih, stres hingga masalah hormon. Sehingga penting sekali untuk memilih skincare yang tepat agar kondisi kulit berjerawat bisa dihindari. 

Sangat disarankan untuk memilih skincare sesuai jenis kulit. Apalagi untuk jenis kulit berjerawat, ada banyak pertimbangan ketika memilih skincare. Berikut beberapa tips memilih skincare yang cocok untuk kulit wajah berjerawat. 

Pahami Jenis Kulit Lebih Dulu

Pahami jenis kulit

Agar skincare yang dipilih bisa maksimal,  coba pilih yang sesuai dengan jenis kulit. Jika belum tahu, lakukan beberapa hal berikut untuk mengenali jenis kulit kamu.  

  • Pertama, gunakan produk cleanser untuk membersihkan wajah dari minyak, kotoran, atau sisa-sisa makeup. 
  • Setelah itu, tepuk-tepuk bagian wajah hingga mengering, lalu diamkan selama satu jam.

Ketika menunggu, hindari menyentuh area wajah dengan tangan. Setelahnya, rasakan bagaimana kondisi kulit wajah kamu. Jika wajah tampak berkilau dan berminyak, terlebih di bagian T, kemungkinan besar jenis kulit wajah kamu berminyak. 

Sementara, jika kulit wajah menjadi lebih kencang, agak gatal dan muncul bercak sisik maka wajah memiliki kulit berjenis kering. Namun, jika muncul iritasi, kemerahan, atau rasa terbakar, maka jenis kulit wajah termasuk tipe sensitif.

Untuk jenis kulit kombinasi, di area T umumnya cukup berminyak, tapi di area  sekitar pipi dan garis rahang atau area U cenderung kering. Sedangkan, jika wajah tidak memiliki beberapa kondisi seperti yang sudah disebutkan, bisa jadi jenis kulit wajah termasuk normal.

Tepat Memilih produk skincare 

Skincare

Setelah mengetahui jenis kulit, langkah selanjutnya memahami komposisi dan karakteristik dari setiap produk skincare. Setidaknya ada 4 produk skincare routine untuk jenis kulit berjerawat, diantaranya facial wash, toner, pelembab wajah, dan sunscreen berikut ulasannya:

1. Pastikan Facial Wash Mengandung Benzoyl Peroxide atau Salicylic Acid 

Facial wash akan membantu kulit wajah terbebas dari berbagai residu kotoran pemicu jerawat. Ketika memiliki masalah jerawat, maka wajah perlu fasial wash yang sesuai. Disarankan untuk memilih produk dengan kandungan benzoyl peroxide atau salicylic acid.

Produk facial wash dengan 2 komponen tersebut dapat dengan mudah ditemukan di toko-toko kosmetik. Ada beberapa produk facial wash yang berjenis soap bar, jadi perlu lebih cermat agar jangan sampai terjadi iritasi. Jika memungkinkan, sebaiknya pilih sabun wajah yang unscented.

2. Cek kandungan alkohol pada toner

Setelah produk facial wash, selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah memilih toner yang sesuai untuk kulit wajah berjerawat. Ada beberapa jenis toner yang berbeda tergantung jenis kandungan dan juga fungsinya. Untuk pemilik kulit wajah berjerawat, sebaiknya pilihan toner yang alcohol free lebih diprioritaskan.

Alasannya sederhana, ketika wajah sedang berjerawat kulit akan cenderung lebih sensitif. Jika toner yang digunakan mengandung alkohol, maka akan membuat wajah semakin sensitif. 

3. Pilih pelembab wajah yang tak meninggalkan efek berminyak

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah produksi sebum yang berlebihan. Meski demikian, pemakaian pelembab wajah tetaplah penting. Apalagi jika kamu menggunakan obat jerawat di kulit wajah, maka peran moisturizer dalam skincare routine cukup penting untuk membantu melembabkan kulit wajah. 

Opsi terbaik adalah memilih produk moisturizer yang tak meninggalkan efek berminyak pada kulit setelah diaplikasikan. Selain itu, dianjurkan juga untuk menggunakan moisturizer yang berjenis gel dibanding krim. Upayakan juga pilih produk yang berlabel oil-free atau noncomedogenic karena lebih aman untuk kulit wajah yang berjerawat. 

4. Pilih sunscreen yang sesuai kulit berjerawat

Penggunaan obat-obatan topikal untuk mengatasi jerawat bisa memicu terjadinya fotosensitivitas pada kulit. Sehingga kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. 

Jika sedang menjalankan acne treatment atau memang cukup aktif di luar ruangan, maka pastikan untuk melindungi kulit wajah dengan sunscreen. Pilih sunscreen yang memang dirancang untuk jenis kulit berjerawat. Agar tidak memicu munculnya jerawat baru. 

Pastikan Keamanan Produk Skincare

Jika kulit wajah kamu berminyak, maka produk skincare dengan label oil-free dan noncomedogenic lebih direkomendasikan. Akan tetapi, pemilik jenis kulit kering dan sensitif cenderung disarankan untuk memilih produk berlabel hypoallergenic, alcohol-free dan fragrance-free

Hal ini agar meminimalkan risiko yang bisa saja terjadi karena ketidakcocokan produk tersebut yang bisa berakibat fatal pada kulit wajah. Selain itu, perhatikan juga ada tidaknya sertifikasi produk tersebut untuk membantu mengetahui apakah produk tersebut aman atau tidak. 

Untuk produk skincare di Indonesia umumnya harus menyertakan nomor registrasi dari BPOM. Jika tidak ada, maka jangan pernah tergiur dengan iming-iming iklan yang ditampilkan. Bijak dalam memilih produk skincare akan menyelamatkan kulit wajah berjerawat dari masalah.

Pastikan juga ubah pola hidup kamu menjadi lebih sehat, seperti pola tidur, pola makan dan sebagainya. Karena jerawat juga bisa muncul karena pola hidup yang tidak sehat.

Bagi kamu yang saat ini sedang mencari produk skincare, kamu bisa menemukannya dengan mudah, yaitu kunjungi merchant-merchant indodana. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan berbagai promo belanja skincare yang menarik.

Promo Belanja Produk Kesehatan dan Kecantikan

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.