skincare wajah

Jangan Sembarangan! Begini Tips Memilih Skincare Wajah dan Urutan Pemakaiannya

No comments

Kulit merupakan bagian tubuh paling luar yang membungkus dan melindungi organ-organ penting di dalam tubuh. Kulit bagaikan perantara yang menghubungkan bagian dalam tubuh dengan kondisi yang terjadi di luar tubuh manusia, seperti polusi, sinar matahari, serta pergeseran cuaca dan iklim.

Oleh sebab itu, kulit harus dirawat baik dari dalam, melalui pola makan dan pola hidup yang sehat, serta dari luar yakni dengan menggunakan berbagai produk perawatan kulit alias skincare

Meskipun sebenarnya istilah “skincare” merujuk pada produk-produk perawatan kulit secara luas, kenyataannya berbagai produk yang berlabel “skincare” secara spesifik merujuk pada produk-produk perawatan kulit wajah, baik untuk pria maupun wanita. 

Alasan Menggunakan Skincare Wajah

Produk skincare menjadi salah satu kebutuhan penting tak hanya bagi kaum Hawa melainkan juga kaum Adam. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, di antaranya:

Menjaga Kebersihan dan Kesehatan Kulit Wajah

Ketika sedang beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan, maka kulit akan berhadapan dengan berbagai hal yang dapat memengaruhi kebersihan dan kesehatan kulit, seperti debu, asap, sinar matahari, bahkan udara dari AC yang membuat kulit terasa kering. 

Apabila terus dibiarkan atau tidak dibersihkan dengan benar maka akan dapat memicu kemunculan berbagai risiko pada kulit.

Penggunaan produk skincare wajah seperti cleanser dan toner dapat membantu membersihkan kulit secara menyeluruh sehingga kulit wajah terlihat lebih cerah, bersih dan sehat. 

Mengurangi Risiko Masalah pada Kulit Wajah

Berbagai permasalahan pada kulit wajah sebenarnya dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, seperti hormon, jenis kulit, dan usia seseorang. Namun, hal yang paling mempengaruhi munculnya masalah pada kulit ialah pola hidup yang tidak sehat. 

Salah satu contoh pola hidup yang tidak sehat adalah tidak menjaga kebersihan kulit dengan membiarkan sel-sel kulit mati menyumbat pori-pori wajah. Hal tersebut akan memicu berbagai persoalan, mulai dari timbulnya jerawat, komedo, bahkan noda hitam dan tekstur kulit menjadi tidak rata. 

Selain untuk menjaga kebersihan kulit seperti cleanser dan toner, penggunaan produk skincare wajah juga berfungsi untuk mengatasi dan memperbaiki berbagai permasalahan yang terjadi pada kulit. 

Mencegah Munculnya Dark Spot

Siapa nih di antara kamu yang suka beraktivitas di luar ruangan? Melakukan aktivitas di luar ruangan pada siang hari umumnya membuat kulit kita terpapar sinar matahari dalam jangka waktu tertentu. Sehat sih, karena sinar matahari mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Namun apabila hal ini terjadi secara terus menerus di atas jam 10 pagi, maka sebaiknya kamu menggunakan krim tabir surya. Jika tidak, bersiaplah akan kemunculan dark spot atau hiperpigmentasi yang akan menghiasi kulit wajahmu. 

Memberikan Perlindungan pada Kulit

Selain paparan sinar matahari, debu, dan polusi, penggunaan makeup yang tidak dibarengi dengan skincare wajah juga dapat menjadi penyebab timbulnya berbagai permasalahan kulit seperti penuaan dini, lho!

Oleh sebab itu, skincare wajah perlu diaplikasikan sebelum penggunaan makeup untuk memberikan perlindungan terhadap zat berbahaya bagi kulit serta membuat makeup menjadi lebih tahan lama. 

Bagaimana Urutan Memakai Skincare Wajah?

Sebelumnya, kamu mungkin sudah pernah mendengar atau bahkan menggunakan beberapa jenis produk skincare wajah seperti cleanser, toner, essence, krim pagi dan malam, pelembab, dan krim tabir surya. 

Permasalahan yang sering terjadi, khususnya pada para pemula adalah menentukan bagaimana urutan pemakaian skincare wajah yang tepat agar setiap produk dapat bekerja secara maksimal?

Berikut ini merupakan urutan memakai skincare wajah yang umum, dan dapat disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing:

1. Membersihkan Wajah

Urutan pertama dalam pemakaian skincare ialah membersihkan wajah. Langkah ini bertujuan untuk membersihkan pori-pori dari sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada wajah. 

Kamu dapat melakukan double cleansing menggunakan dua macam produk yang berbeda untuk hasil kulit yang lebih bersih, khususnya setelah menggunakan makeup

Pada tahap pertama double cleansing, kamu membutuhkan produk pembersih seperti makeup remover, cleansing oil, atau cleansing balm yang berfungsi untuk menghapus makeup dan kotoran yang menempel pada wajah. 

Setelah itu, pada tahap kedua gunakan sabun pembersih wajah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang masih menempel sekaligus residu produk pembersih yang digunakan pada tahap pertama. 

2. Eksfoliasi

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel-sel kulit mati pada lapisan terluar kulit. Tujuannya adalah agar kulit menjadi lebih cerah dan bebas dari komedo. Proses ini perlu dilakukan setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu. 

Terdapat dua macam proses eksfoliasi, yaitu secara mekanik dan kimiawi. Eksfoliasi mekanik dilakukan dengan menggunakan produk skincare wajah seperti scrub, sikat, atau spons.

Sedangkan eksfoliasi kimiawi dapat dilakukan dengan mengaplikasikan produk skincare wajah yang memiliki kandungan AHA, BHA, dan PHA. 

3. Toner

Penggunaan toner pada wajah biasanya dilakukan setelah kulit wajah dibersihkan dengan sabun. Langkah ini umumnya bertujuan untuk membantu mempersiapkan kulit sebelum mengaplikasikan rangkaian produk skincare wajah berikutnya. 

Kandungan bahan aktif yang terkandung dalam toner beraneka ragam, begitu pula efeknya terhadap kulit wajah. Ada pula toner yang berfungsi untuk menyeimbangkan pH kulit, mengencangkan pori-pori, dan mengatasi jerawat. 

4. Masker Wajah

Aplikasi masker wajah merupakan langkah pemakaian skincare yang sifatnya tidak wajib dilakukan setiap hari. Penggunaan masker wajah dalam urutan pemakaian skincare juga dapat disesuaikan dengan bentuk masker yang dipilih. 

Masker wajah tersedia dalam beragam bentuk, mulai dari yang alami seperti masker madu, hingga yang sintetis seperti sheet mask. Fungsinya pun beraneka ragam, tergantung pada kandungan bahan aktif yang terdapat di dalamnya.

5. Serum

Pemilihan dan penggunaan jenis serum harus disesuaikan dengan jenis permasalahan kulit yang sedang dialami, misalnya jerawat, kulit kusam, atau tekstur kulit yang tidak merata. 

Hal tersebut dikarenakan serum mengandung mengandung bahan aktif yang berfungsi untuk memperbaiki berbagai permasalahan kulit secara intensif, misalnya hyaluronic acid dan niacinamide untuk mencerahkan kulit, dan retinol untuk mencegah munculnya tanda-tanda penuaan. 

6. Essence

Produk essence sebenarnya memiliki fungsi yang hampir sama dengan serum, hanya saja teksturnya lebih encer dan ringan sehingga mudah diserap oleh kulit. Selain itu, penggunaan essence juga bertujuan untuk meningkatkan penyerapan produk-produk skincare wajah pada tahap berikutnya. 

Para ahli kecantikan umumnya akan merekomendasikan untuk mengaplikasikan essence sebelum penggunaan serum. Tujuannya adalah agar kandungan bahan aktif yang terkandung dalam serum dapat diserap lebih maksimal. 

7. Pelembab

Pelembab merupakan jenis produk skincare wajah yang sering diabaikan, khususnya oleh para pemilik kulit berminyak. Padahal pemakaian pelembab berfungsi untuk menjaga sel-sel kulit dari kerusakan dan iritasi. 

Selain itu, penggunaan pelembab juga bertujuan untuk mengunci setiap nutrisi yang diberikan pada kulit melalui serangkaian urutan memakai skincare wajah. 

8. Krim Tabir Surya

Pada tahap terakhir, kamu dapat mengaplikasikan krim tabir surya, baik sunscreen maupun sunblock untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang berbahaya bagi kulit. 

Pastikan untuk mengaplikasikan produk ini pada siang hari sebelum menggunakan makeup, terutama apabila kamu hendak beraktivitas di luar ruangan setelah mengaplikasikan produk skincare yang mengandung bahan aktif untuk eksfoliasi seperti AHA dan BHA. 

Tips Memilih Produk Skincare Terbaik dan Aman

Selain urutan pemakaian, menemukan produk skincare terbaik dan aman untuk digunakan merupakan kendala yang dialami oleh mayoritas orang.

Memang, breakout adalah risiko yang mungkin terjadi selama proses menemukan produk skincare terbaik dan aman bagi kulit. Namun guna meminimalkan risiko tersebut, berikut ini ada beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam memilih produk skincare:

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan Kulit

Hal pertama yang harus dilakukan saat akan memilih produk skincare adaah mendefinisikan terlebih dahulu mengenai jenis dan masalah kulit yang sedang dialami, misalnya kulit kusam atau berjerawat. 

Dengan mengenali jenis dan masalah kulit, maka kamu akan dapat lebih mudah menentukan jenis produk dengan kandungan bahan aktif yang dapat menyelesaikan permasalahan kulit. 

2. Beli dalam Bentuk Sampel atau Kemasan Lebih Kecil

Hal kedua yang harus dilakukan setelah menentukan jenis produk tentu saja membeli produk skincare yang diinginkan. Di sinilah letak permasalahan utamanya, karena ada berbagai macam produk skincare dengan kandungan bahan yang sama namun mungkin saja memberikan hasil yang berbeda. 

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kamu dapat mencari review mengenai produk yang diinginkan dari berbagai macam situs kecantikan atau bahkan rekomendasi beauty vlogger. Namun pastikan kamu juga tidak asal mengiyakan berdasarkan tren. 

Jika masih kurang yakin dengan produk yang diinginkan, kamu bisa membeli produk dalam bentuk sample atau kemasan yang lebih kecil (share in jar) untuk menguji apakah produk tersebut cocok dan aman untuk digunakan. 

Beri Jeda Sebelum Pemakaian Produk Baru

Tips terakhir, pastikan kamu memberikan jeda waktu yang cukup sebelum memakai produk baru. Hal ini dikarenakan ada jenis kulit yang akan mengalami shock ketika kamu tiba-tiba beralih ke produk lain tanpa memberikan jeda waktu. 

Biasanya hal tersebut ditandai dengan munculnya jerawat pada area yang tidak biasa, atau dalam jumlah yang banyak. 

Jadi itulah beberapa tips memilih dan urutan penggunaan produk skincare yang aman untuk kulit wajah. Sudahkah kamu menggunakan skincare hari ini?

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.