selalu memastikan ke customer service

Jangan Langsung Percaya! Pastikan Dulu Semuanya ke Customer Service

No comments

Kemajuan teknologi yang begitu pesat memang memberikan angin segar dan kemudahan bagi sebagian besar masyarakat di dunia. Namun, kemajuan dan kemudahan ini pula yang menjadi ancaman besar bagi setiap penggunanya.

Bagaikan pisau bermata dua, kemajuan dan kemudahan tersebut mungkin saja membuatmu terpuruk jika kamu tidak memiliki literasi yang baik. Salah satu hal yang paling sering terjadi adalah penipuan atau yang sering disebut dengan istilah “cyber crime”.

Pada praktiknya, ada banyak sekali modus penipuan yang berkeliaran di sekitarmu. Mulai dari,

  • Online shop palsu. 
  • Berpura-pura menjadi oknum Bank / Fintech / E-commerce / layanan digital lainnya untuk meminta data pribadi seperti, kode OTP atau nama ibu kandung. Tidak berhenti sampai di situ, oknum tersebut juga kerap memintamu untuk mentransfer sejumlah dana dengan alasan masalah teknis.
  • Mengirimkan pesan yang disertai dengan link, dan kemudian memintamu untuk mengkliknya. Satu hal yang perlu diingat, jangan pernah sembarangan mengklik link karena bisa saja itu scam!

Lalu, bagaimana caranya agar kamu bisa terhindar dari modus-modus penipuan di atas? 

1. Selalu Pastikan Semuanya ke Customer Service

Dapat pesan hadiah? Diminta untuk memberitahukan kode OTP atau mentransfer sejumlah dana? Jangan langsung percaya!

Pastikan terlebih dahulu kebenarannya dengan menghubungi Customer Service resmi, walaupun kamu sedang berbincang dengan oknum tersebut. Matikan dulu teleponnya dengan mengatakan bahwa kamu ingin memastikan terlebih dahulu ke Customer Service.

2. Acuhkan dan Adukan

Jika, sudah merasa terganggu dengan pesan atau telepon dari nomor pribadi yang tidak dikenal, jangan segan untuk mengacuhkannya. Jika, masih berlanjut, silakan hubungi kembali ke Customer Service resmi perusahaan yang bersangkutan untuk melakukan pengecekan dan pengaduan. 

Hal ini tentunya akan sangat membantu dalam menindaklanjuti penipuan yang mengatasnamakan Bank / Fintech / E-commerce / layanan digital lainnya.

Selalu BerJAGA-JAGA Demi Keamanan Bersama

Pada intinya, jangan cepat percaya kepada siapa pun! Apalagi kepada pihak-pihak yang mengaku dari Bank / Fintech / E-commerce / layanan digital lainnya. 

Selalu double check setiap informasi atau pesan yang kamu dapat ke Customer Service resmi yang biasanya tercantum di website Bank / Fintech / E-commerce / layanan digital tersebut. Jangan lupa juga untuk selalu berJAGA-JAGA dengan:

J: Jangan pernah memberitahu siapa pun kode OTP dan PIN kamu.

A: Anti membagikan informasi pribadi seperti nomor KTP dan nama ibu kandung untuk keamanan akun online kamu. Anti menggunakan PIN yang gampang ditebak seperti tanggal lahir.

G: Gunakan aplikasi untuk pendaftaran, kenaikan limit, pencairan limit, atau transaksi lainnya.

A: Ajukan pertanyaan, keluhan, atau saran hanya kepada CS atau akun media sosial resmi.

Baca Juga Artikel Lainnya: