belanja elektronik

Jangan Sampai Kena Tipu! Begini Tips Belanja Elektronik secara Online

No comments

Berbelanja secara online telah menjadi sebuah tren dalam beberapa tahun belakangan. Kemajuan teknologi dan mobilitas masyarakat yang semakin tinggi membuat gaya hidup baru ini jadi semakin populer. Apalagi semenjak pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang untuk diam di rumah untuk menekan penyebaran virus.

Dalam catatan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI), peningkatan transaksi jual-beli online yang terjadi cukup tinggi. Data dari Indonesian E-commerce Association (IDEA) dan We Are sosial bahkan memperlihatkan kenaikan sebesar 25 persen sampai 30 persen terkait kebiasaan belanja online di Indonesia.

Apalagi, saat ini sudah semakin banyak marketplace yang hadir untuk memudahkan konsumen dalam berbelanja. Meski begitu, bagi sebagian orang tidak semua produk bisa mudah dibeli secara online, salah satunya produk elektronik.

Selain karena harganya yang relatif mahal, banyak yang merasa khawatir akan keaslian dan kualitas produk yang dibeli secara online. Belum lagi proses pengiriman yang mungkin juga dirasa kurang aman.

Tetapi sebenarnya, berbelanja produk elektronik secara online tidak semenakutkan itu. Beberapa orang yang sudah langganan membeli perangkat elektronik secara online justru merasa terbantu dengan kemudahan yang didapatnya.

Namun, tentu saja itu karena konsumennya teliti sebelum membeli. Berbeda saat membeli produk elektronik secara offline yang bisa dicoba, saat membeli secara online konsumen hanya bisa percaya dengan penjual soal kualitas produk.

Lalu, hal apa saja yang perlu diperhatikan jika ingin membeli produk secara online? Berikut sejumlah tips belanja elektronik secara online yang bisa kamu lakukan.

Lakukan Transaksi di E-commerce yang Memiliki Reputasi Baik

Seiring meningkatnya tren berbelanja online, jumlah e-commerce yang hadir di Indonesia juga mulai menjamur. Beberapa di antaranya bahkan sudah sangat populer dan dijadikan masyarakat sebagai andalan untuk berbelanja online.

Biasanya, e-commerce yang sudah terpercaya akan melakukan verifikasi terhadap toko atau penjual yang memasarkan dagangan mereka di platform tersebut. Hal ini tentu mengurangi risiko adanya penipuan, meski kadang masih saja ditemukan.

Beberapa e-commerce pun sudah menyediakan berbagai layanan metode pembayaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan konsumen. Sehingga dapat memudahkan dalam bertransaksi di manapun.

Seperti misalnya dengan menggunakan kartu debit, transfer bank, uang elektronik, pembayaran melalui minimarket, atau memilih metode bayar di tempat atau cash on delivery (COD) yang sedang populer akhir-akhir ini.

Pastikan Toko Memiliki Reputasi Baik

Jika e-commerce yang dipilih sudah terpercaya, tips belanja elektronik secara online berikutnya adalah mengecek reputasi dari toko yang akan kamu beli. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui baik tidaknya reputasi sebuah toko.

Pada beberapa e-commerce, ada tanda khusus yang diberikan untuk official store sebuah brand. Dengan membeli di toko-toko bertanda khusus ini, keaslian produk lebih terjamin.

Cara lainnya, kamu juga bisa melihat dari jumlah produk yang terjual serta ulasan yang diberikan para konsumen yang telah membeli di toko online tersebut. Jika produk yang terjual banyak dan konsumen yang memberikan ulasan positif juga banyak, itu artinya toko tersebut memiliki reputasi yang baik.

Selain itu, pada toko yang sudah terverifikasi biasanya akan memberikan garansi penukaran sampai dengan 7 hari. Dengan begitu, proses pembelian produk elektronik bisa lebih aman dan nyaman.

Bandingkan Harga produk

Ketika kamu sudah menemukan beberapa toko dengan reputasi baik di e-commerce yang terpercaya, tips belanja elektronik secara online berikutnya adalah membanding harga yang ditawarkan. 

Biasanya masing-masing toko akan memberikan penawaran yang berbeda-beda. Seperti contoh: meski membanderol produk dengan harga yang sama, mungkin toko A menawarkan lebih banyak bonus dibanding toko B. Atau bisa juga toko B memberikan garansi lebih lama dibanding toko A.

Beberapa toko juga ada yang menjual produk dengan sistem paket, sehingga membuat harganya bisa jadi lebih murah. Jika memang paket yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan kamu, tidak ada salahnya juga untuk membeli produk tersebut guna mendapat harga lebih miring.

Tetapi jangan lupa juga untuk melakukan cross check terhadap harga yang ditawarkan. Meski toko sudah terpercaya, terkadang harga produk yang dijual bisa lebih mahal dari yang umum ditawarkan di pasaran. Kamu bisa membandingkan harga di beberapa e-commerce atau bisa juga langsung ke situs resmi produk elektronik tersebut.

Jangan Tergoda Harga Miring

Semua orang pasti akan tertarik ketika melihat harga suatu produk yang sangat murah. Pada kondisi tertentu, misalnya flash sale, produk dengan harga super murah memang menjadi wajar. Tetapi terkadang, jumlahnya akan sangat terbatas dan habis dengan cepat, sehingga sulit untuk mendapatkannya.

Jika kamu menemukan sebuah toko menjual produk elektronik dengan harga super murah jangan langsung tergiur dan membelinya. Kamu perlu memastikan jika harga yang ditawarkan setidaknya masih dalam batas wajar meski mendapat diskon sekalipun.

Seandainya memang itu merupakan bagian dari harga promo, kamu juga wajib untuk membaca syarat dan ketentuan sebelum membelinya.

Pastikan Produk Tersedia

Sama seperti saat membeli baju yang memiliki banyak ukuran dan warna, alat elektronik juga memiliki beragam varian. Mulai dari kapasitasnya, fitur yang dibawakan, warna, maupun spesifikasi lainnya.

Penting untuk memastikan apakah alat elektronik yang ingin kamu beli tersedia di toko tersebut atau harus menggunakan sistem pemesanan terlebih dahulu. Kamu juga perlu tahu detail spesifikasi dari produk yang dicari agar lebih mudah menemukan toko yang pas dengan isi kantong.

Perhatikan juga syarat dan ketentuan yang dibuat oleh toko untuk produk tersebut. Sebagian toko sudah mencantumkan peringatan tentang pengiriman warna acak jika seandainya produk yang diinginkan tidak tersedia. Tetapi beberapa lainnya menawarkan untuk melakukan pengembalian.

Kamu juga harus benar-benar memastikan jika produk yang kamu bayar sudah memiliki spesifikasi sesuai dengan yang kamu inginkan. Dengan begitu, tidak akan ada rasa penyesalan saat produk sudah dikirim ke rumah.

Pastikan Jaringan Internet Aman saat Melakukan Pembayaran

Jika kamu sudah yakin dengan produk dan tokonya, tips belanja elektronik secara online selanjutnya adalah melakukan pembayaran. Metode pembayaran ini bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Tetapi penting diingat, jaringan internet yang kamu gunakan harus dipastikan aman. Memakai jaringan Wi-Fi di rumah atau data seluler akan menjadi cara yang lebih aman. Sangat tidak disarankan berbelanja online serta melakukan pembayaran dengan mengandalkan jaringan Wi-fi gratis di tempat umum.

Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya kebocoran data pribadi yang kamu masukkan, termasuk saat melakukan pembayaran. Dengan begitu, privasi data pribadi kamu akan lebih terjamin.

Pastikan Pengemasan Aman

Karena memiliki harga yang relatif mahal dan termasuk dalam produk yang mudah pecah, kamu juga harus memastikan jika produk elektronik yang kamu beli dikemas secara aman. Beberapa toko sudah mencantumkan cara pengemasan produk pada kolom deskripsi.

Tetapi beberapa lainnya terkadang tidak menampilkannya. Untuk itu, kamu dituntut untuk aktif untuk bertanya kepada penjual tentang bagaimana pengemasan produk yang akan dikirimkan. Jika memang perlu, kamu bisa menambahkan pengemas tambahan serta asuransi untuk produk yang dibeli.

Kemudian, kamu juga harus memilih jasa ekspedisi yang terpercaya untuk mengirimkan produk. Pastikan jasa ekspedisi itu memiliki cabang yang dekat dengan tempat tinggal kamu, sehingga mudah untuk dikonfirmasi ketika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi.

Itulah beberapa tips belanja elektronik secara online yang bisa kamu lakukan sebelum membelinya. Hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah memilih produk, toko serta e-commerce yang tepat dan terpercaya.

Selain itu, pastikan jaringan internet yang digunakan selama proses transaksi aman sehingga kecil kemungkinan untuk terjadinya kebocoran data pribadi. Jika khawatir dengan proses pengiriman produk menggunakan jasa ekspedisi, kamu bisa memilih pengiriman menggunakan jasa ojek / mobil online yang secara khusus hanya akan membawa pesananmu saja.

Dengan begitu, kamu bisa lebih mudah memantau perjalanan paket dari tangan penjual ke rumah secara real time. Tetapi sayangnya, cara ini hanya bisa digunakan jika lokasi penjual masih satu wilayah dengan tempat tinggal kamu.

Mau belanja elektronik secara online dengan nyaman dan bayarnya ringan? Pakai Indodana PayLater aja! Dapatkan beragam promo menarik dan fasilitas bayar 30 hari hingga enam bulan setelah transaksi pembelian!

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.