5 Rekomendasi Kamera CCTV

5 Kamera CCTV Murah untuk Amankan Rumah

No comments

Orang biasanya akan merasa tidak tenang saat meninggalkan rumah dalam keadaan kosong. Bagi yang berkantong tebal, menyewa seorang satpam atau penjaga rumah tentu bisa menjadi pilihan. Tetapi bagi yang isi dompetnya pas-pasan, hal ini mungkin sulit dilakukan. Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan kamera CCTV untuk mengawasi rumah.

Kamera CCTV ini akan bertindak sebagai mata yang mengawasi rumah dan lingkungan sekitar. Closed Circuit Television ini dapat bekerja selama 24 jam dan mengawasi setiap sudut rumah dengan teliti. Selain itu, kamu juga bisa memantau kondisi rumah selama bepergian karena CCTV terhubung dengan jaringan internet.

Seiring dengan perkembangan teknologi jenis dan merk CCTV ini pun semakin banyak di pasaran. Dari merk ternama seperti Sony dan Panasonic hingga brand-brand baru yang belum terkenal. 

Meski begitu, memilih CCTV untuk membantu menjaga keamanan rumah tidak boleh sembarangan. Kamu perlu mempertimbangkan beberapa hal agar mendapatkan CCTV yang ramah kantong namun tetap memiliki kualitas yang baik.

Tips Membeli Kamera CCTV

Kamera

Kamera CCTV

1. Kenali Jenis CCTV

Secara umum, kamera CCTV ini ada dua tipe, yakni IP kamera atau kamera Wi-Fi dan kamera analog. Masing-masing dari tipe ini pun memiliki kelebihan dan kekurangan yang berbeda.

Kamera CCTV jenis Wi-Fi atau IP kamera akan cocok bagi kamu yang memiliki dana terbatas. Jika dibanding dengan jenis analog, CCTV Wi-Fi bisanya dibanderol dengan harga lebih terjangkau. 

Jenis kamera CCTV ini dapat diatur sudut pandangnya sehingga kamu dapat mengawasi keadaan rumah meskipun sedang berada di tempat yang jauh. Tetapi, untuk bisa mendapatkan akses yang baik, kamu perlu memastikan jaringan internet stabil. Pasalnya, sesuai dengan namanya, kamera CCTV ini sangat bergantung pada jaringan internet agar dapat dipantau jarak jauh dengan smartphone

Sedangkan kamera CCTV analog memiliki cara kerja yang berbeda dengan CCTV Wi-Fi. Ketika memutuskan untuk membeli jenis CCTV ini, kamu akan mendapatkan satu paket alat pengawas elektronik berupa monitor dan kamera.

Ketika disambungkan dengan daya, monitor ini berfungsi sebagai layar untuk melihat gambar apa saja yang ditangkap oleh CCTV. Beberapa CCTV analog juga dapat dilihat melalui layar ponsel jika monitor ini mendukung sambungan internet. Sayangnya, harga dari monitor ini cenderung lebih mahal dibanding jenis Wi-Fi.

2. Pastikan CCTV Dapat Merekam Gambar Meski Cahaya Minim

Selain kondisi lingkungan sepi, kejahatan juga sering terjadi saat kondisi gelap, seperti malam hari. Agar CCTV yang kamu pasang bisa berfungsi maksimal, tentu harus memilih yang sudah memiliki fitur untuk menangkap obyek pada situasi gelap sekalipun.

Fitur ini biasanya akan ditemukan pada kamera yang dilengkapi dengan night vision atau sensor inframerah. Kamera inframerah bisa menangkap obyek dengan lebih jelas meskipun dalam gambar hitam putih. Sementara night vision dapat menangkap gambar berwarna di malam hari, tetapi hasilnya akan gelap jika cahaya sangat kurang.

3. Pastikan Bisa Menjangkau Area yang Luas

Selain bisa menangkap gambar di kegelapan, kamera CCTV juga harus bisa merekam video dengan jangkauan sudut pandang lebar. Ini akan membantumu berhemat karena dengan satu buah CCTV sudah akan ada beberapa sudut yang bisa diawasi.

Selain itu, kamera CCTV juga harus memiliki jarak pandang yang jauh. Misalnya, untuk CCTV yang dipasang di luar rumah, jarak pandang 30 meter akan membuatmu bisa memantau kondisi lingkungan dengan lebih luas.

4. Pilih CCTV dengan Kualitas Gambar Full HD Jika Memungkinkan

Di pasaran, ada banyak CCTV yang ditawarkan dengan kualitas perekaman gambar beragam. Ada yang memiliki kualitas SD, HD, dan Full HD.  Kualitas Full HD akan menghasilkan rekaman video dengan gambar yang lebih jernih dan jelas dibanding dengan SD atau HD.

Ini akan menjadi bukti yang sangat membantu jika ada upaya tindak kejahatan yang terekam kamera. Pihak berwenang tentu akan lebih mudah mengenali pelaku jika gambar yang diperoleh jelas.

5. Pilih yang Tahan Berbagai Kondisi

Saat memilih CCTV untuk dipasang di dalam rumah mungkin kamu tidak perlu repot memikirkan soal daya tahannya. Tetapi untuk kamera CCTV di luar ruangan, kamu harus memilih yang bisa bertahan dari angin dan hujan.

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, kamu akan jadi lebih mudah dalam menentukan CCTV mana yang paling cocok. Beberapa kamera CCTV berkualitas dengan harga ramah kantong di bawah ini mungkin bisa jadi pilihan.

5 Rekomendasi Kamera CCTV

1. Vimtag Starlight Outdoor B4

C:\Users\Nduzt\Downloads\vimtag.jpg

Kamera CCTV murah pertama yang bisa kamu jadikan pilihan adalah Vimtag Starlight Outdoor B4. Kamera CCTV ini sangat cocok digunakan untuk mengawasi bagian luar rumah. Pasalnya, meskipun dalam gelap malam, Vimtag Starlight Outdoor B4 bisa menangkap gambar dengan baik.

Hal ini karena CCTV sudah dibekali dengan lampu flash yang akan membuat pencahayaan saat malam tetap baik. Kualitas video yang dihasilkan oleh CCTV ini pun sudah Full HD. 

Kelebihan lain dari CCTV Wi-Fi ini adalah mampu melakukan perekaman 15 sampai 20 hari, jauh lebih lama dibanding CCTV pada umumnya yang hanya bisa merekam video selama 2-3 hari. Kemampuan ini didapat karena CCTV sudah dibekali dengan memori 128 GB.Fitur lain yang ditawarkan oleh CCTV ini adalah dot matrix infrared dan motion detection. Selain itu, jarak pandang yang dapat dijangkau mencapai 30 meter. Harga kamera CCTV ini dibanderol mulai dari Rp599 ribuan.

2.  Xiaomi Home Security Camera 360°

C:\Users\Nduzt\Downloads\xiaomi cctv.jpg

Produk dari Xiaomi ini menjadi kamera CCTV murah lain yang bisa jadi pilihan. CCTV jenis Wi-Fi ini memiliki sudut pandang hingga 115 derajat (vertikal) dan 360 derajat (horizontal). Ini tentu membuat lebih banyak area bisa diawasi.

Kamera yang dibanderol dengan harga mulai Rp 559 ribuan ini mampu menangkap  gambar berkualitas Full HD 1080p. Beberapa fitur yang dibekalkan pada CCTV ini di antaranya ada motion detection, interphone, dan lokal microSD. 

Kemampuan kamera ini dalam merekam video juga tidak perlu diragukan. Kamera yang cocok di pasang di dalam ruang ini mampu menangkap gambar dengan baik dan jelas meski dalam kondisi minim cahaya.

3. Infinity CCTV Outdoor TS-63

C:\Users\Nduzt\Downloads\infinity.jpg

Kamera CCTV murah yang satu ini sangat cocok untuk di pasang di bagian luar rumah. Tergolong jenis analog, produk ini dibekali dengan kamera beresolusi 2 MP. Fitur yang ditawarkan beragam seperti day/night moder dan digitak noise reduction.

Kamera ini memiliki sudah pandang hingga 360 derajat (rotasi) dan kemiringan 180 derajat. Jarak pandangnya mencapai 20 meter. Video yang direkam sudah berkualitas Full HD sehingga bisa merekam video dengan jelas. 

Saat memasang CCTV ini di luar rumah kamu juga tidak perlu khawatir. Sebab, alat elektronik ini sudah mengantongi Ingres Protection IP66 sehingga lebih tahan terhadap semprotan air dan debu. Harga kamera CCTV ini mulai dari Rp785 ribuan

4. Vstarcam IP Wifi Camera C7823WIP

C:\Users\Nduzt\Downloads\vstarcam.jpg

Jika kamu menginginkan sebuah kamera CCTV yang juga bisa merekam audio di suatu ruangan, seri ini akan menjadi pilihan yang tepat. Harga produk ini ditawarkan mulai dari Rp1 jutaan saja, tetapi sudah terdapat fitur two-way audio yang membuat pengguna bisa berkomunikasi melalui kamera CCTV.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk mengawasi anak ketika sedang meninggalkan rumah asalkan kamera tersambung dengan Wi-Fi. Kamera CCTV murah ini sudah bisa menghasilkan rekaman berkualitas HD 720p dan memiliki jarak pandang 10 meter.

5. Panasonic Dome Camera CV-CFW203L

C:\Users\Nduzt\Downloads\panasonic.jpg

Seri ini menjadi rekomendasi terakhir dari kamera CCTV murah terakhir yang bisa kamu jadikan pilihan. Harga ini ditawarkan mulai dari Rp737 ribuan saja. Dengan harga tersebut, kamu sudah mendapat kamera yang menghasilkan gambar Full HD dan memiliki jarak pandang 30 meter.

Sebagai sebuah kamera CCTV analog, seri ini telah dilengkapi kemampuan auto white balance dan auto exposure yang membuat kamera bisa secara otomatis menyesuaikan kondisi siang dan malam. Jangkauan pandang produk ini juga mencapai 30 meter sehingga bisa mengawasi lebih banyak area.

Kamera CCTV Membuat Hati Lebih Tenang

Nah, itu tadi rekomendasi kamera CCTV murah yang bisa kamu andalkan untuk membantu mengawasi rumah. Meski kelima CCTV ini ditawarkan dengan harga bersahabat, tetapi kemampuannya sudah mencukupi sebagai alat keamanan. Dengan begitu, kamu pun akan lebih tenang ketika meninggalkan rumah Jadi, kamu hanya perlu menyesuaikan mana CCTV yang paling cocok dengan kebutuhan.

Download App Indodana Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya: