Laptop 2 Jutaan untuk Mahasiswa

Murah Tapi Bertenaga, Inilah Rekomendasi Laptop 2 Jutaan untuk Mahasiswa

No comments

Pandemi Covid-19 telah membuat pembelajaran tatap muka di berbagai wilayah terpaksa harus ditutup. Sebagai gantinya, proses belajar mengajar dimodifikasi dan kini berubah menggunakan platform daring seperti Google Meet, Zoom, dan aplikasi panggilan video lainnya.

Tugas sekolah dan kuliah pun tidak lagi dikerjakan di kertas dan buku. Melainkan harus dikumpulkan dalam bentuk digital untuk kemudian dikirimkan melalui e-mail atau platform pengiriman pesan lain. Dalam proses pengerjaan tugas ini, laptop tentu menjadi pilihan yang lebih baik bila dibandingkan dengan ponsel.

Selain terbilang minim gangguan, layar laptop yang jauh lebih besar dari ponsel. Sehingga dapat membuat penggunanya nyaman dan lebih berkonsentrasi. Dengan begitu, mempelajari materi ataupun mengerjakan tugas akan jadi lebih mudah.

Namun sayang, harga laptop kebanyakan dibanderol lebih mahal dibanding ponsel. Kisaran harga yang ditawarkan biasanya berada di angka paling murah Rp 3 jutaan. Tetapi ternyata kini sudah ada laptop yang harganya Rp 2 jutaan, lho!

Dengan harga murah yang ditawarkan, umumnya laptop ini merupakan tipe hybrid (2-in-1 PC). Selain itu, layar yang diusung biasanya kurang dari 12 inci. Meski begitu, laptop dengan ukuran yang kecil justru sangat cocok digunakan oleh mahasiswa yang memiliki mobilitas tinggi.

Tetapi tentu saja, dengan harga tersebut kemampuan laptop hanya mumpuni untuk menunjang aktivitas komputasi sederhana. Tanpa basa-basi lagi, berikut adalah tujuh rekomendasi laptop 2 jutaan untuk mahasiswa menunjang aktivitas kuliah daring.

1. Asus E202S

Sumber: http://www.asus.com

Laptop 2 jutaan untuk mahasiswa yang pertama adalah Asus E202S. Seri ini hadir dengan membawa prosesor Intel Celeron Dual-Core N3050 sebagai otaknya. Selain itu, laptop juga sudah dibekali dengan HDD 500 GB yang cukup lega untuk menyimpan beragam file. 

Untuk RAM-nya sendiri memang masih menggunakan 2GB. Meski begitu, laptop ini sudah bisa diandalkan untuk memenuhi kebutuhan komputasi sederhana. Para mahasiswa yang membutuhkan laptop untuk mengolah dokumen sudah sangat bisa mengandalkannya.

Selain memiliki jeroan yang sudah bisa menunjang berbagai kebutuhan komputasi sederhana, laptop ini juga memiliki ukuran minimalis. Dengan layar 11,6 inci, tentu cukup ringan dan ringkas untuk membawanya kemana-mana.

Tidak hanya itu saja, laptop ini pun telah dilengkapi USB Type-C sehingga adaptor pengisi daya jadi lebih enteng. Baterai yang disematkan terbilang awet karena bisa bertahan selama 8 jam pemakaian.

2. Axioo Mybook 14

Sumber: http://www.axiooworld.com

Laptop 2 jutaan untuk mahasiswa yang kedua adalah Axioo MyBook 14. Berbeda dengan kebanyakan laptop 2 jutaan lain, Axioo menghadirkan perangkat ini dengan layar yang jauh lebih besar.

Sesuai namanya, laptop ini mengusung layar seluas 14 inci dengan resolusi 1366 x 768 pixel. Performanya sudah didukung dengan RAM sebesar 3 GB yang ditambahkan dengan ruang penyimpanan 500 GB HDD serta eMMC 32 GB. 

Keberadaan eMMC ini bisa meningkatkan kecepatan sampai 30 persen dibanding HDD. Sementara untuk jeroannya, Acer memilih untuk memasang Intel Celeron N3350 sebagai otaknya

Tidak hanya jeroannya saja yang apik, laptop ini turut dibekali dengan baterai berkapasitas cukup besar. Memiliki kapasitas 9.000 mAh, pengguna bisa menggunakan laptop untuk beraktivitas dengan jangka waktu lebih lama.

3. Lenovo Ideapad 310S 11IAP 1GID

Sumber: http://www.reviewlaptop-id.com

Perangkat ini memiliki ukuran yang cukup mini dengan layar seluas 11,6 inci. Sebagai jeroannya, Lenovo memboyong prosesor Intel N3350 Dual Core berkecepatan 1.1 GHz. Meski begitu, saat digunakan untuk komputasi berat teenyata kecepatannya bisa meningkat sampai 2.4 GHz.

Untuk mendukung performanya, perangkat ini juga dilengkapi dengan RAM 2 GB DDR3L. Ruang penyimpanan yang dibekali pun terbilang cukup besar, yakni 500 GB HDD, cukup besar untuk menampung beragam file.

Kombinasi tersebut sudah cukup mumpuni untuk menunjang berbagai aktivitas komputasi sederhana, seperti mengelola dokumen atau menonton video offline. Laptop 2 jutaan untuk mahasiswa ini juga sudah nyaman digunakan untuk mengetik dalam waktu lama.

Sedangkan untuk bobotnya hanya 1,3 kg saja. Cukup ringan dan ringkas untuk dibawa kemana-mana. Baterai 2 Cell 30 WHr yang terpasang juga sudah awet untuk menemani aktivitas komputasi ringan. 

4. Asus X200MA

Sumber: http://www.asus.com

Laptop 2 jutaan untuk mahasiswa berikutnya yang bisa dipilih adalah Asus X200MA. Dihadirkan dengan mengusung prosesor Intel Dual Core Celeron N2840 yang sudah didukung dengan kartu grafis Intel HD Graphics.

RAM yang disediakan sebesar 2 GB dengan penyimpanan internal HDD 500 GB. Ruang penyimpanan di laptop 11,6 inci ini tentu sudah cukup lega untuk menyimpan berbagai file penunjang kuliah.

Asus juga memasang keyboard yang nyaman dan mudah digunakan. Hanya saja, trackpad yang dipasang terasa kaku dan cukup keras saat digunakan. Untungnya ada Smart Gesture yang akan membuat masalah ini tidak terlalu mengganggu.

Sebab, fitur ini bisa memudahkan pengguna saat melakukan scrolling dengan melakukan swipe dua jari, tap dua jari untuk klik kanan, serta melakukan pinch dan zoom lebih gampang. Dengan begitu, tidak perlu lagi sering-sering menggunakan trackpad.

5. Lenovo IdeaPad 130S-11IGM

Sumber: http://www.reviewlaptop-id.com

Rekomendasi laptop 2 jutaan untuk mahasiswa kelima, Lenovo IdeaPad 130S-11IGM. Dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau, perangkat dengan layar 11,6 inci ini dibekali dengan prosesor Intel DualCore N4000.

RAM yang dibenamkan masih 2 GB. Meski begitu, pengguna masih bisa menjalankan berbagai aktivitas komputasi sederhana seperti mengelola dokumen, dan menonton video offline maupun multitasking.

Untuk penyimpanannya, perangkat ini memliki ruang 1 TB serta eMMC 64 GB. Keberadaan eMMC tersebut akan membuat proses pemindahan data menjadi jauh lebih cepat.

Selain memiliki ukuran yang kecil dan ringas, bobotnya juga hanya 1,3 kilogram saja. Ini tentu membuatnya lebih mudah untuk dibawa ke mana-mana. Sedangkan baterai yang dibenamkan juga sudah mampu bertahan selama 8 jam.

6. Zyrex 232s

Sumber: http://www.reviewlaptop-id.com

Mahasiswa yang sedang mencari laptop murah untuk menunjang aktivitas komputasi sederhana bisa memilih Zyrex 232s. Berbeda dengan beberapa laptop 2 jutaan lainnya, perangkat ini hadir dengan layar sebesar 14 inci dan sudah memiliki resolusi full HD.

Performanya memang tidak istimewa, tetapi sudah cukup bisa diandalkan untuk membantu menyelesaikan berbagai tugas kuliah yang berhubungan dengan mengelola dokumen. Hal ini karena Zyrex sudah membekalinya dengan prosesor Intel Celeron N3350.

Apalagi sudah dibenamkan RAM 3 GB DDR3 yang membuatnya cukup unggul dibanding beberapa pesaingnya. Sementara untuk ruang penyimpanannya ada HDD 500GB serta eMMC 32 GB yang membuat transfer data jadi lebih cepat.

Memiliki berat 1,3 kilogram, perangkat ini dilengkapi dengan baterai 10.000 mAh. Baterai yang cukup besar dan mampu digunakan untuk berbagai aktivitas komputasi sederhana selama berjam-jam.

7. Dell Inspiron 11-3162

Sumber: http://www.dell.com

Rekomendasi laptop 2 jutaan untuk mahasiswa yang terakhir adalah Dell Inspiron 11-3162. Laptop ini dihadirkan dengan mengusung layar 11,6 inci. Secara desain pun terbilang berkualitas berkat casing yang memakai bahan cromonium.

Sementara untuk jeroannya sendiri, tidak terlalu berbeda jauh dengan laptop 2 jutaan lainnya. Prosesor yang diandalkan hanya ada Intel Celeron N3060 yang berjalan dengan kecepatan 2.0 GHz hingga 2.48 GHz. 

Jeroan ini dilengkapi dengan RAM 2 GB DDR3 yang sudah mampu mendukung berbagai aktivitas komputasi sederhana. Untuk ruang penyimpanannya sendiri ada HDD 500 GB yang siap dimanfaatkan untuk menyimpan berbagai jenis file.

Saat menggunakan perangkat ini, pengguna juga akan merasa lebih nyaman menatap layar. Sebab, laptop sudah dilengkapi dengan fitur anti-glare. Selain itu, keyboard yang dibawakan juga terasa  nyaman saat digunakan, begitu juga dengan touchpad.

Itulah tujuh rekomendasi plaptop 2 jutaan untuk mahasiswa yang bisa dijadikan pilihan. Jadi, kamu tertarik untuk beli yang mana nih?

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.