baju lebaran 2021

Pandemi Belum Usai! Simak Cara Aman Rayakan Lebaran 2021

No comments

Dalam upaya mengurangi kasus penularan Covid-19, masyarakat sepatutnya disiplin dalam melaksanakan protokol kesehatan seperti yang dianjurkan pemerintah. Hal itu juga berlaku saat hari besar umat muslim, yaitu lebaran di tahun 2021.

Berbagai kebijakan pemerintah lakukan guna menghindari terjadinya lonjakan kasus Covid-19 di Indonesia. Mulai dari larangan mudik, tidak boleh kerumunan dan sebagainya. Namun, bagaimana masyarakat Indonesia bisa merayakan lebaran di tahun ini denan aman?

Simak ulasannya berikut ini!

1. Malam Takbir Tanpa Berkerumun

Malam takbiran tanpa berkerumunan

Takbiran tetap bisa dijalankan tanpa membuat gerombolan. Ikuti protokol yang sudah ditetapkan, tetap memakai masker dan memberi batas jarak terhadap orang lain. Tetapi, anjuran yang baik yaitu dengan melaksanakan malam takbir tanpa keluar rumah.

Selain merasa aman tanpa bertemu orang lain, Takbiran akan terasa lebih tenang jika dilakukan di dalam rumah. Kamu tetap dapat mendengar takbir dari masjid sekitar rumah.

2. Sholat Ied dengan Tetap Menjaga Jarak

Sholat saat Ied atau Idul Fitri patutnya untuk dilaksanakan berjamaah. Maka kamu dapat melakukanya dengan cara berwudhu di rumah guna menghindari tempat wudhu umum. Cuci selalu tangan memakai sabun dan air yang mengalir, pastikan suhu badan tetap normal dan pakailah masker dan hand sanitizer.

Gunakan sajadah masing-masing tanpa meminjam atau berbagi dengan orang lain. Jangan lupa untuk menghindari kontak dengan orang secara langsung. Baik ketika sedang melaksanakan shalat, saat menuju masjid, hingga saat meninggalkan masjid dengan selalu menerapkan jarak sosial 1,5 hingga 2 meter.

Tetapi, untuk kalian yang tidak ingin keluar rumah. Kamu tetap dapat melaksanakan sholat kok. Ada tiga cara yang dapat dilakukan.

  • Sholat Ied sendiri: Saat sholat sendiri, tanpa khutbah kamu dapat sholat Ied seperti biasa dengan bacaan surat pendek.
  • Sholat dengan keluarga yang lebih dari 4 orang: Shalat tetap dilaksanakan seperti biasa dengan khotbah, satu imam, dan tiga atau lebih makmum.
  • Sholat dengan anggota keluarga yang sedikit: Sholat dijalankan tanpa khotbah

Saat sholat dengan anggota keluarga sendiri pun, tetap harus cek kondisi Kesehatan dan suhu tubuh. Jika merasa tubuh kurang prima, dianjurkan jangan berkumpul terlalu dengan dengan orang lain.

3. Bayar Zakat Fitrah via Transfer

Bayar zakat melalui transfer

Dengan memanfaatkan peranan dunia digital, pembayaran untuk zakat fitrah tidak perlu dibayar dengan tatap muka langsung. Kamu dapat mentransfer via perbankan. 

Hal tersebut guna mencegah terjadinya kontak secara fisik dengan orang lain. Bersumber dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) uang sebesar 40.000 rupiah setara dengan nilai zakat fitrah untuk 1 orang.

4. Video Call dan Berkirim Pesan saat Silaturahmi

Walaupun adanya penurunan angka secara signifikan, tetap saja faktanya pandemi masih belum berakhir. Kamu tidak dianjurkan mudik untuk membantu upaya mengurangi kasus positif Covid-19. Ada baiknya untuk tetap dirumah meski keinginan merayakan hari lebaran bersama keluarga besar sangatlah besar.

Zaman sekarang sudah sangat canggih, banyak hal yang dapat dilakukan secara online. Kamu tetap dapat bersilaturahmi dengan keluarga dan kerabat jauh. 

Dengan berkirim pesan melalui aplikasi chatting, panggilan suara, dan bahkan panggilan dengan tatap muka atau video call. Sehingga momen lebaran tetap terasa dekat dengan keluarga yang berada jauh.

5. Mengirim Hadiah Lebaran

kue
kue

Tanpa mudik pun kamu tetap bisa memberikan hadiah untuk keluarga maupun kerabat dekat. Lagi-lagi hal ini dapat dilakukan secara online, yaitu kamu dapat mengirim bingkisan melalui jasa pengiriman barang. 

Barang-barang seperti pakaian, makanan, kue, maupun snack yang dibuat sendiri tetap bisa dikirim ke saudara atau kerabat dekat yang jauh. Kamu bisa menggunakan jasa ekspedisi sesaat sebelum hari H lebaran untuk memberikan bingkisan lebaran keluarga di kampung halaman.

6. Berbelanja Baju Lebaran Secara Online

Saat menyambut lebaran, tradisi untuk membeli baju baru yang akan dikenakan saat hari lebaran tiba pasti tak bisa dihilangkan. Jika takut terserang virus corona saat pergi keluar dan ditempat yang ramai. Kamu dapat berbelanja baju secara online, lho.

Membeli baju secara online sangat praktis. Tanpa perlu kontak fisik dengan orang, kamu dapat dengan nyaman memilih baju yang ingin dibeli. Dan pembayaran dilakukan dengan via transfer bank, gampang banget.

Selain baju, kamu dapat membeli barang-barang kebutuhan sebelum hari raya secara online. Bahan-bahan kue, bahan masakan, dan juga peralatan yang diperlukan untuk masakan.

Merayakan Lebaran dengan Keselamatan

Jika dipikir-pikir merayakan lebaran di masa pandemi memang terasa agak sulit dan membuat kamu merasa dibatasi. Namun jika kamu dan keluarga merayakan lebaran dengan mementingkan keselamatan dan dilaksanakan dengan sepenuh hati, upaya ini memungkinkan untuk menekan munculnya kasus baru Covid-19.

Sehingga juga akan membuat kondisi lebih kondusif dan aman untuk beraktivitas harian. Perlu diingat, jika ingin masa pandemi ini bisa cepat berakhir. Maka jangan abaikan protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah. Dan selalu pastikan tubuh tetap dalam kondisi sehat agar tidak mudah terserang penyakit dan virus.

Baca Juga: