Bisnis

Cara Membuat Proposal Bisnis yang Baik

No comments

Proposal bisnis adalah suatu dokumen yang menampilkan rencana maupun perkiraan hasil usaha yang bertujuan untuk meyakinkan investor tentang rencana bisnis yang akan dijalankan.

Biasanya di dalam suatu proposal bisnis, disampaikan sekilas analisis usaha yang akan dijalankan. Dengan demikian calon investor dapat lebih mudah dalam membuat pertimbangan dan keputusan.

Apabila menurut seorang investor rencana usaha yang ditawarkan melalui proposal tadi sangat layak untuk dijalankan atau dikembangkan, maka usaha tersebut akan mendapatkan suntikan dana.

Fungsi Proposal Bisnis

Proposal bisnis

Proposal Bisnis

1. Dasar Dibentuknya Suatu Lembaga Usaha

Sebelum sebuah badan usaha dapat didirikan biasanya pengajuannya dilakukan melalui notaris. Notaris yang akan mengajukan perusahaan tersebut sebelumnya perlu memahami dasar maupun tujuan serta sasaran perusahaan tadi dibentuk.

Untuk mempermudah notaris memahami dasar maupun tujuan pembentukan usaha tadi, dapat disampaikan melalui sebuah proposal usaha.

2. Mengajukan Usulan Suatu Even

Seperti halnya sebuah penelitian, suatu even seperti seminar, workshop, out bond, dan lain-lain, yang pelaksanaannya menggunakan anggaran, perlu diajukan terlebih dahulu melalui sebuah proposal.

Pada dasarnya proposal digunakan sebagai dokumen pengajuan sebuah kegiatan yang memerlukan persetujuan terlebih dahulu sebelum dilaksanakan. 

Sedangkan proposal bisnis, fungsinya untuk mengajukan sebuah usulan usaha kepada investor, untuk mendapatkan dukungan permodalan. Bila proposal tadi disetujui, maka investor tersebut akan menanamkan investasinya pada usaha tadi, dan usaha tersebut dapat mulai dijalankan atau dikembangkan bagi usaha yang sudah berjalan.

Cara Membuat Proposal Bisnis

Agar penawaran bisnis yang diajukan melalui proposal dapat diterima dan disetujui oleh calon investor, maka proposal yang dibuat harus menggambarkan suatu dasar yang kuat mengapa usaha tersebut layak untuk dijadikan tempat untuk menanamkan investasi oleh calon investor tersebut.

Selain itu agar calon investor lebih mudah dalam memahami dan membuat pertimbangan bisnisnya, proposal yang dibuat juga perlu menggambarkan latar belakang kenapa usaha yang kamu tawarkan tersebut perlu dilakukan. 

Dengan demikian si calon investor dapat lebih mudah memahami isi dari propsal yang disampaikan. Berikut ini isi yang setidaknya perlu disampaikan dalam sebuah proposal yang ditujukan sebagai penawaran bisnis.

1. Pendahuluan

Pendahuluan berisikan latar belakang kenapa suatu usaha perlu dilaksanakan atau dikembangkan. Bentuknya biasa berupa permasalahan maupun situasi dan kondisi yang berkembang.

Serta sampaikan juga upaya pemecahan masalah tersebut, yang dapat digunakan menjadi peluang usaha sebagai dasar kenapa perlu dilakukannya usaha yang diusulkan.

2. Informasi Usaha

Menampilkan tentang rencana usaha atau bisnis plan yang diusulkan kepada calon investor. Sampaikan dengan jelas mengenai apa dan bagaimana usaha tersebut akan berjalan.

Selain itu sampaikan juga tentang analisis usaha tersebut beserta hasilnya, sebagai bahan pertimbangan calon investor yang kamu tawarkan rencana usaha.

3. Rencana Manajemen

Selain menampilkan rencana usaha yang akan dijalankan, proposal untuk mengajukan usulan bisnis juga perlu dilengkapi dengan rencana pengelolaan usaha tersebut.

Dalam hal ini bentuknya bisa berupa bisnis proses dari usaha tersebut, serta struktur organisasi yang akan dibuat.

4. Rencana Produk

Setiap usaha akan menghasilkan suatu produk, baik yang berbentuk barang maupun yang berupa suatu jasa atau layanan.

Sampaikan juga hal ini dalam proposal usaha yang akan kamu ajukan kepada calon investor, agar mereka memiliki gambaran tentang peluang hasil yang dapat diraih dari rencana usaha tersebut.

5. Target Pemasaran

Tanpa adanya suatu target market yang jelas, produk yang akan dihasilkan oleh usaha yang direncanakan belum tentu dapat menghasilkan profit. Sehingga bagian ini merupakan bagian yang penting dalam proposal yang akan diajukan kepada calon investor.

6. Strategi Pemasaran

Selain target pemasaran atau calon konsumen produk yang kamu bidik, strategi marketing atau cara apa yang kamu rencanakan agar produk yang dihasilkan usaha yang kamu rencanakan dapat sampai kepada konsumen juga merupakan bagian penting dari proposal yang akan kamu sampaikan kepada calon investor.

7. Penutup

Untuk mengakhiri proposal yang akan kamu kirim, buatlah sebuah konklusi yang meyakinkan agar calon investor yang kamu sampaikan penawaran bisnis tadi dapat tersentuh dengan isi proposal tersebut dan mau berinvestasi pada usaha tersebut.

8. Lampiran

Melampirkan data-data pendukung yang dapat memperkuat argumen usaha yang kamu sampaikan juga merupakan hal penting untuk disampaikan pada proposal yang akan kamu ajukan kepada calon investor sebagai salah satu bahan pertimbangan baginya untuk berinvestasi pada bisnis yang akan kamu jalankan.

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan Dalam Penyusunan Proposal Bisnis

Hal yang perlu diperhatikan dalam Proposal Bisnis

Proposal Bisnis dapat Menarik Perhatian Investor

Dalam proses pembuatan sebuah proposal penawaran usaha kepada calon investor, selain perlu memperhatikan desain dan kerapian naskah yang disusun, ada beberapa hal lain yang dapat mempengaruhi peluang keberhasilan proposal tersebut.

Berikut ini hal-hal yang perlu diperhatikan pada saat membuat atau menyusun proposal yang akan kamu sampaikan kepada calon investor.

1. Ringkas dan Jelas

Saat akan mengajukan penawaran bisnis melalui sebuah proposal, tak ubahnya kamu sedang mengusulkan permohonan bantuan permodalan kepada calon investor, namun secara tertulis, bukan secara lisan.

Sehingga dalam proposal yang akan kamu sampaikan tersebut, gunakanlah bahasa yang ringkas dan jelas agar calon investor tadi mau membaca proposal yang kamu sampaikan kepada mereka, serta isi dari proposal tersebut lebih mudah diterima dan dimengerti oleh mereka.

Menggunakan bahasa yang panjang dan bersifat terlalu teknis bukan saja dapat membingungkan calon investor, namun juga beresiko membuat proposal tersebut tidak dibaca oleh mereka.

2. Gunakan Istilah Umum yang Lebih Mudah Dimengerti.

Tidak semua calon investor memiliki latar belakang keilmuan yang serupa dengan yang kamu miliki, sehingga dalam membuat sebuah penawaran usaha, gunakan istilah yang tidak terlalu teknis agar lebih mudah dipahami oleh siapapun yang membacanya.

Tujuannya apabila bahasa atau istilah yang kamu gunakan sulit dimengerti oleh calon investor, dapat membuat mereka sulit memahami penawaran bisnis yang disampaikan pada proposal tadi.

3. Hasil Riset

Agar proposal kamu dapat disetujui oleh calon investor yang membacanya, perlu disertai dengan dasar yang kuat, kenapa bisnis yang kamu tawarkan perlu keikut-sertaan mereka.

Pada umumnya yang membuat seorang calon investor tertarik untuk berinvestasi, dasarnya adalah peluang profit yang ditawarkan oleh sebuah bisnis. Namun tanpa suatu fakta yang memperkuat peluang keuntungan usaha tadi aman untuk dijalankan, dapat membuat calon investor berpikir kembali untuk memutuskan rencana investasinya tersebut.

Untuk itu selain menyampaikan hasil analisis usaha, sampaikan juga hasil penelitian dari lembaga pendidikan atau riset untuk memvalidasi hasil analisis usaha yang disampaikan.

Proposal Bisnis Adalah Awalan

Walaupun tidak mudah untuk meyakinkan calon investor tentang pentingnya maupun besarnya profit atau benefit yang akan diperolehnya jika melakukan investasi pada bisnis yang diusulkan kepada mereka.

Namun dengan sebuah proposal bisnis yang baik setidaknya calon investor yang membacanya dapat merasa senang karena telah ditawarkan kepercayaan untuk berinvestasi pada bisnis yang akan kamu jalankan.

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca juga Artikel Lainnya: