Surat Paklaring, Syarat dan Manfaatnya dalam Karier

Surat Paklaring, Syarat dan Manfaatnya dalam Karier

No comments

Mungkin masih banyak orang yang baru pertama kali mendengar istilah ini atau mungkin tidak sedikit juga yang sering salah mengartikannya. Ya, Surat Paklaring merupakan istilah yang masih terdengar asing di telinga beberapa orang. Padahal surat ini memiliki peran penting di perjalanan karier seseorang. 

Berikut penjelasan selengkapnya.

Apa Itu Surat Paklaring?

Surat paklaring adalah sebuah dokumen atau surat yang menunjukkan bahwa seseorang sudah pernah bekerja di perusahaan dengan posisi tertentu. Dokumen tersebut juga berisikan penjelasan tentang jenjang karier seseorang, mulai dari awal bekerja hingga masa kerjanya berakhir. 

Surat paklaring tersebut biasanya dikeluarkan oleh tempat kerja lama yang telah ditinggalkan. Tempat kerja yang bisa menerbitkan surat ini tak terbatas pada jenis perusahaan saja, tetapi juga lembaga yang lebih kecil. 

Secara umum, surat ini menjadi syarat yang dilampirkan pada saat mendaftar pekerjaan di tempat kerja yang baru. Perusahaan atau tempat kerja baru juga dapat menilai kemampuan seseorang (baik prestasi maupun kontribusi yang telah dilakukan) dari penjelasan yang ada di dalam paklaring. 

Biasanya, dokumen ini bisa diminta oleh karyawan yang sudah berhenti dengan masa kerja satu tahun atau lebih. 

Syarat Membuat Surat Paklaring

Paklaring ini ternyata tak bisa diterbitkan secara sembarangan oleh perusahaan. Pasalnya, ada beberapa syarat yang mesti dipenuhi oleh seorang karyawan agar bisa mendapatkannya, seperti:

1. Resign Secara Baik-Baik

Syarat yang pertama ini mutlak dan wajib dilakukan jika ingin perusahaan tempat bekerja dahulu mengeluarkan surat paklaring untuk Anda. Perlu diingat, ketika mengawali perjalanan kerja dengan awal yang baik, maka akhiri pula dengan baik. 

Jangan sampai membuat keributan, jika ingin paklaring diterbitkan oleh perusahaan. Perlu diketahui, jika paklaring juga memiliki fungsi sebagai surat referensi atau rekomendasi dari perusahaan yang lama. 

Jika seorang karyawan meninggalkan sebuah kesan yang kurang baik, bagaimana perusahaan mau memberikan rekomendasi agar bisa bekerja di perusahaan atau tempat kerja yang baru?

Karenanya, jika tekad untuk melakukan resign memang sudah bulat, maka ikuti semua prosedurnya dengan baik sesuai aturan perusahaan. 

2. Sudah Bekerja Minimal Satu Tahun

Paklaring baru dapat diterbitkan jika karyawan yang mengajukan telah bekerja setidaknya satu tahun atau lebih. Jika masa kerjanya masih belum genap satu tahun, seorang karyawan masih dianggap belum terlalu matang dalam menjalankan kinerjanya. 

Sejatinya aturan tersebut lebih terkait etika dalam karier. Lagi pula, mana ada perusahaan yang mau mempekerjakan seorang yang suka berpindah-pindah tempat kerja alias kutu loncat? 

Itulah mengapa, surat ini baru dapat diterbitkan oleh pihak perusahaan jika Anda sudah bekerja kurang lebih selama satu tahun.

3. Penuhi Semua Tanggung Jawab 

Poin yang satu ini masih ada kaitannya dengan poin sebelumnya, yakni resign secara baik-baik. Di mana salah satu kriteria resign secara baik-baik adalah dengan menyelesaikan segala tanggung jawab yang ada.

Tanggung jawab yang harus diselesaikan mulai dari pekerjaan kantor, data-data yang perlu diberikan ke pengganti Anda, dan lainnya.

Baca Juga: Yuk Bangkit dari Kegagalan!

Fungsi dan Manfaat Surat Paklaring 

1. Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Fungsi terpenting dari surat paklaring adalah untuk mencairkan dana tunjangan JHT dari BPJS Ketenagakerjaan. Meski dana yang dicairkan hanya sebagian atau bahkan sepenuhnya. Surat ini menjadi satu dokumen syarat yang wajib dilampirkan ketika ingin mencairkan dana JHT di BPJS Ketenagakerjaan. 

Tentunya Anda harus membawa hasil legalisir beserta dokumen aslinya. Jadi, jangan sampai dokumen penting tersebut hilang atau tidak diterbitkan oleh perusahaan yang lama.

2. Melamar Kerja

Di beberapa perusahaan, selain CV, seorang pelamar kerja juga akan dimintai surat paklaring. Fungsi dokumen ini lebih sebagai bukti jika seseorang memang benar pernah bekerja di suatu perusahaan yang disebutkan dalam lamaran pekerjaannya.

Memang, tak semua perusahaan akan meminta surat paklaring. Tapi untuk posisi seperti Supervisor dan di atasnya, biasanya akan dimintai dokumen tersebut sebagai bukti. Jangan sampai kesempatan naik posisi di kantor yang baru hilang hanya gara-gara tak punya paklaring.

3. Mengajukan Beasiswa dengan Jalur Profesional

Jika masih ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, Anda bisa menggunakan beasiswa melalui jalur profesional. 

Biasanya, pihak pemberi beasiswa datang dari pihak swasta maupun pemerintah. Bahkan, ada juga pemerintah asing yang kerap menawarkan beasiswa. Beasiswa ini biasanya diberikan bagi para karyawan atau pekerja yang ingin melanjutkan pendidikan magister atau doktoral.

Pentingnya Paklaring Kerja untuk Mendukung Karier

Jadi, sekarang sudah paham bukan apa saja kegunaan dari paklaring kerja? Mulai saat ini, pastikan jika Anda memiliki paklaring alias surat keterangan kerja. 

Meski terlihat sepele, nyatanya dokumen ini sangat berpengaruh pada perjalanan karier Anda di masa mendatang. Terlebih jika tiba-tiba harus berhenti atau meninggalkan pekerjaan yang lama.

Tentunya, selain digunakan sebagai persyaratan administratif, dokumen paklaring pun menjadi penghargaan dan kebanggaan tersendiri. Terlebih jika, tempat bekerja yang lama merupakan perusahaan ternama.

Jadi, jangan sampai melupakan dokumen ini ya!

Baca Juga: Jangan Berbisnis Kalau Belum Punya Sikap Ini!