Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh pelaku bisnis dalam rangka mempromosikan produk atau layanan adalah memastikan bahwa bisnis mereka memiliki jaringan yang luas guna menjangkau konsumen melalui platform apapun.
Di era kemajuan teknologi dan perkembangan internet yang demikian pesat seperti saat ini, para pelaku bisnis dapat menjaring konsumen melalui berbagai media. Mulai dari website, situs e-commerce, hingga platform media sosial seperti facebook, instagram, dan twitter.
Tak hanya itu, kamu juga dapat memanfaatkan kehadiran berbagai aplikasi agar berkomunikasi dengan konsumen menjadi lebih mudah, salah satunya melalui Whatsapp.
Apa itu Whatsapp?

Whatsapp adalah sebuah aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan panggilan secara sederhana, aman, reliabel, serta mudah untuk di install pada berbagai jenis ponsel di seluruh dunia.
Sebenarnya nama aplikasi Whatsapp berasal dari slang kata “What’s up” yang bermakna apa kabar.
Whatsapp awalnya dimulai sebagai alternatif untuk mengirim pesan singkat atau SMS. Namun saat ini, Whatsapp semakin berkembang dengan menciptkan fitur yang memungkinkan para penggunanya untuk mengirim dan menerima pesan dalam bentuk media. Seperti foto, rekaman suara, video, dokumen, lokasi, dan kontak.
Tak hanya pesan, aplikasi Whatsapp juga memungkinkan para penggunanya untuk melakukan panggilan, baik panggilan suara maupun panggilan video.
Dilansir dari laman resmi Whatsapp, aplikasi ini didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton. Whatsapp kemudian bergabung dengan Facebook pada tahun 2014, namun beroperasi sebagai aplikasi yang terpisah dengan fokus untuk membangun layanan bertukar pesan.
Lalu bagaimana Whatsapp bisa memberikan dampak dalam dunia bisnis? Saat ini, Whatsapp juga menghadirkan aplikasi khusus untuk memudahkan komunikasi dalam berbisnis yang dinamakan Whatsapp Bisnis.
Apa itu Whatsapp Bisnis?

Dikutip dari laman resmi Whatsapp, Whatsapp Bisnis adalah aplikasi gratis yang menyediakan layanan bertukar pesan dan diperuntukkan secara khusus bagi para pemilik usaha. Baik yang berskala kecil, menengah, maupun besar.
Aplikasi ini memberikan kemudahan bagi para pemilik bisnis dalam menjalin hubungan secara pribadi dengan pelanggan, menyoroti produk dan layanan, serta menjawab pertanyaan pelanggan untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang memuaskan.
Tak hanya itu, Whatsapp Bisnis juga membantu para pelaku usaha dalam memberikan dukungan pelanggan serta menyampaikan pemberitahuan yang bersifat penting kepada mereka.
Apa saja Fitur Aplikasi Whatsapp Bisnis?
Whatsapp Bisnis mampu memperoleh atensi masyarakat berkat hadirnya berbagai fitur yang mampu membantu para pemilik bisnis, khususnya mereka yang menjalankan bisnis berskala kecil dan menengah (UMKM).
Aplikasi ini memiliki berbagai fitur andalan, antara lain:
1. Profil Bisnis
Whatsapp Bisnis memungkinkan para penggunanya untuk menulis profil bisnis yang berisi informasi bermanfaat bagi pelanggan. Seperti alamat, deskripsi bisnis, alamat email, dan situs web resmi.
Profil bisnis tersebut juga dapat diedit dengan cara:
- Buka aplikasi Whatsapp Bisnis lalu pilih Opsi Lainnya, atau masuk ke Setelan dan pilih menu nama bisnis Anda
- Klik Edit lalu perbarui profil bisnis
- Klik Simpan
2. Katalog
Tak hanya profil, Whatsapp Bisnis juga menghadirkan fitur Katalog yang berfungsi untuk menampilkan produk dalam profil bisnis kamu.
Dengan adanya fitur ini, maka pelanggan dapat memperoleh gambaran singkat mengenai produk yang dijual melalui foto, detail keterangan atau deskripsi produk, harga produk, bahkan tautan yang berkaitan dengan produk tersebut.
3. Pesan Otomatis
Whatsapp Bisnis menyediakan tiga macam pesan yang dapat dikirimkan secara otomatis, antara lain:
- Away Message, yakni fitur balas pesan otomatis ketika pelanggan mengirimkan pesan di luar jam kerja atau saat bisnis sedang tidak beroperasi.
- Greeting Message, yakni fitur balas pesan otomatis yang dapat dikirimkan saat pelanggan pertama kali menghubungi kamu.
- Quick Replies, yakni fitur balas pesan otomatis yang dapat kamu gunakan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan umum dan sering diajukan oleh pelanggan terkait produk maupun bisnis kamu.
4. Label
Fitur label merupakan fitur pengelompokan pesan berdasarkan kriteria tertentu yang terdiri dari empat kategori, antara lain: prospek, pesan baru, menunggu pembayaran, dan pesan selesai.
Dengan adanya fitur tersebut, maka kamu dapat membedakan pelanggan manakah yang sudah melakukan pembayaran dan yang belum, sehingga lebih mudah untuk melakukan follow up.
5. Statistik Pesan
Fitur ini sangat berguna bagi kamu untuk meninjau jumlah statistik pesan yang terkirim, diterima, dan dibaca. Dengan demikian kamu bisa menilai seberapa efektif pesan yang kamu kirimkan kepada pelanggan untuk mempromosikan produk.
Perbedaan Whatsapp Bisnis dan Whatsapp Biasa
Pada bagian sebelumnya kamu telah mengetahui tentang fitur-fitur andalan yang hanya terdapat pada aplikasi Whatsapp Bisnis. Tentu saja, beberapa fitur tersebut merupakan hal yang membedakan antara Whatsapp Bisnis dan Whatsapp biasa.
Namun selain fitur-fiturnya, ada pula beberapa perbedaan lain antara Whatsapp Bisnis dan Whatsapp biasa. Perbedaan tersebut kami rangkum dalam beberapa poin berikut ini:
1. Logo
Apabila dilihat dari logonya, Whatsapp Bisnis dan Whatsapp biasa memiliki logo yang berbeda. Aplikasi Whatsapp biasa memiliki logo warna hijau berupa gambar pop-up chat dengan lambang telepon pada bagian tengah.
Sedangkan aplikasi Whatsapp Bisnis memiliki logo berwarna hijau yang sama, hanya saja tidak ada lambang telepon melainkan huruf B pada bagian tengah.
2. Penggunaan Nomor
Pada aplikasi Whatsapp Bisnis, kamu dapat menambahkan nomor telepon rumah maupun kantor selain nomor seluler, meskipun pihak Whatsapp lebih menyarankan agar kamu menggunakan satu nomor seluler yang permanen dan tidak perlu diganti-ganti.
Apabila hendak menggunakan aplikasi Whatsapp Bisnis dalam satu ponsel yang sama dengan Whatsapp biasa, maka hal tersebut mungkin dengan syarat harus menggunakan nomor yang berbeda.
3. Centang Hijau

Jika kamu pernah melihat centang biru pada akun Instagram dan Twitter, maka Whatsapp Bisnis juga menyediakan fasilitas tersebut. Tapi bukan centang biru, melainkan centang hijau.
Hal ini menunjukkan bahwa akun Whatsapp Bisnis telah terverifikasi sekaligus menjadi bukti bahwa nomor tersebut memang benar milik perusahaan tertentu. Keren, bukan?
4. Kategori Bisnis
Terakhir, pengguna Whatsapp Bisnis juga dapat memilih kategori bisnis yang sesuai dengan jenis atau bidang bisnis yang sedang dijalankan. Hal ini tentu saja merupakan fitur lain yang membedakan Whatsapp Bisnis dan Whatsapp biasa.
Apa Saja Manfaat Whatsapp Bisnis?

Pertanyaan lain yang tentu banyak diajukan oleh para pengguna Whatsapp adalah “mengapa saya harus menggunakan aplikasi Whatsapp Bisnis, toh keduanya sama-sama aplikasi untuk bertukar pesan”.
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika kita tidak hanya menyebutkan fitur melainkan juga menjelaskan apa saja manfaat aplikasi Whatsapp Bisnis dalam mendukung bisnis kamu.
1. Kemudahan Komunikasi dengan Pelanggan
Pertama, aplikasi Whatsapp Bisnis memberikan kemudahan bagi para pebisnis dalam berkomunikasi dengan pelanggan. Bagi para pemilik bisnis, komunikasi yang berkualitas merupakan salah satu kunci untuk meraih kesuksesan bisnis.
Hadirnya fitur pesan otomatis seperti away message, greeting message, dan quick message memungkinkan kamu untuk selalu tersedia dalam memberikan informasi terkait produk dan layanan bisnis. Dengan demikian maka layanan pelanggan dapat lebih optimal.
2. Terpercaya
Salah satu permasalahan yang mungkin terjadi saat melakukan transaksi belanja online ialah terjadinya kejahatan yang dilakukan oleh oknum tak bertanggungjawab.
Tak hanya pembeli, para penjual pun harus selalu waspada sebelum melakukan transaksi guna menghindari potensi terjadinya tindak kriminal seperti penipuan.
Dengan adanya fitur profil bisnis, katalog, bahkan centang hijau pada aplikasi Whatsapp Bisnis, maka kamu dapat meyakinkan pelanggan bahwa bisnis tersebut kredibel, profesional, dan tentunya dapat dipercaya.
3. Kemudahan dalam Mempromosikan Produk
Selain komunikasi, kamu juga dapat memanfaatkan Whatsapp Bisnis untuk mempromosikan produk atau layanan kepada pelanggan.
Dengan memanfaatkan fitur katalog dalam Whatsapp Bisnis, kini tidak perlu lagi mengirimkan katalog produk dan harga kepada satu per satu pelanggan. Kamu cukup memajang produk pada katalog, lengkap dengan deskripsi dan harga produk.
Tak hanya itu, informasi mengenai kehadiran produk baru juga dapat dikirimkan pada pelanggan melalui pesan broadcast maupun tautan resmi lainnya.
Whatsapp Bisnis adalah aplikasi chat yang memiliki berbagai fitur untuk membantu para pebisnis dalam menjalin komunikasi secara pribadi dengan para pelanggan serta memberikan kemudahan bagi mereka untuk mempromosikan produk atau layanan. Aplikasi ini dapat diunduh secara gratis baik untuk pengguna Android maupun Iphone.
Jadi, sudah siap mencoba kemudahan akses komunikasi dan promosi melalui Whatsapp Bisnis?
Baca Juga Artikel Lainnya:
You must be logged in to post a comment.