Perkembangan teknologi internet menyebabkan terjadinya pergeseran yang memicu timbulnya budaya baru di tengah masyarakat. Salah satunya ialah budaya belanja secara online. Jika menengok sedikit ke belakang, Anda tentunya menyadari bahwa budaya belanja online sudah ada bahkan jauh sebelum pandemi berlangsung.
Kehadiran aplikasi belanja yang dapat diunduh secara bebas pada smartphone membuat semua orang dari berbagai kalangan dan usia kini dapat membeli barang secara online.
Hal tersebut dinilai lebih efektif dan efisien karena para pembeli dapat memperoleh barang berkualitas tanpa harus membuang waktu mengunjungi outlet resminya. Pun mereka masih mendapatkan potongan harga dan gratis ongkos kirim.
Selain aplikasi, salah satu platform digital yang sering dikunjungi dan digunakan masyarakat untuk berbelanja online adalah media sosial.
Instagram atau lebih dikenal dengan singkatan IG di kalangan masyarakat merupakan sebuah aplikasi untuk berbagi foto dan video. Berawal dikenal sebagai platform media sosial, kini Instagram telah jauh berkembang sehingga memiliki banyak kegunaan. Seperti upload konten motivasi hingga berbisnis.
Dalam rangka mendukung para pengusaha yang memanfaatkan platform digital untuk mempromosikan konten yang berkaitan dengan produk, maka ig meluncurkan Instagram bisnis.
Apa Manfaat Instagram Bisnis?

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat dan cara buat Instagram Bisnis, rasanya kurang pas jika Anda belum mengenal Instagram Bisnis.
Instagram Bisnis adalah salah satu jenis akun media sosial Instagram. Akun ini diperuntukkan bagi para pengusaha yang ingin mempromosikan produk dan layanannya kepada para pengguna Instagram di seluruh dunia secara gratis.
Mengapa harus Instagram? Berdasarkan riset yang dilakukan oleh Instagram tahun 2017, didapati bahwa:
- Orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu untuk menonton video di Instagram.
- 1/3 cerita yang paling banyak dilihat berasal dari konten bisnis.
- 60% orang mengaku menemukan produk baru melalui Instagram.
Tak hanya itu, Instagram Bisnis juga memiliki berbagai manfaat yang mendukung dalam mempromosikan produk maupun layanan yang seseorang sediakan. Kira-kira, apa saja manfaat Instagram Bisnis?
Berikut ini merupakan beberapa manfaat Instagram Bisnis:
1. Instagram Insights
Manfaat Instagram Bisnis yang pertama ialah Instagram Insights, apa itu? Insights adalah alat analisis (tools analytics) yang berguna dalam menunjukkan data setiap aktivitas yang terjadi dalam sebuah akun.
Melalui data yang ditunjukkan oleh Insights, Anda dapat mengetahui jumlah impressions pengguna terhadap konten yang dibuat. Bahkan Anda juga dapat mengetahui data demografi dan jam favorit pengunjung.
Hal tersebut akan membantu setiap pebisnis dalam menentukan strategi promosi, baik secara online maupun offline, serta memberikan inspirasi guna membuat konten promosi.
2. Instagram Ads
Selain Insights, akun bisnis ini juga memiliki tools lain yakni Instagram Ads. Sesuai namanya, tools ini akan membantu Anda dalam memasarkan produk atau layanan yang dimiliki.
Melalui Instagram Ads, para pebisnis dapat memanfaatkan informasi yang diperoleh dari Insights untuk menjangkau pelanggan secara spesifik berdasarkan usia, demografi, interest, dan behavior mereka.
Nantinya iklan akan muncul di timeline pelanggan yang ditargetkan secara otomatis. Oh ya, Anda juga dapat mengatur agar iklan ditampilkan pada menu stories pelanggan yang ditargetkan.
3. Fitur Tambahan pada Profil Akun
Setelah membuat akun, Anda akan mendapatkan beberapa fitur tambahan pada halaman profil yakni section untuk link, tombol call dan email, serta informasi kategori bisnis.
Link section, serta tombol call dan email di sini berfungsi untuk memudahkan pengunjung dalam menghubungi toko ketika mereka membutuhkan produk atau layanan yang dijual. Sedangkan, kategori bisnis yang dicantumkan pada halaman profil akan membantu para pengunjung dalam mengetahui jenis produk atau layanan yang ditawarkan.
Bagaimana Cara Buat Instagram Bisnis?
Setelah mendapat penjelasan singkat mengenai manfaatnya, tentu Anda tertarik untuk membuat akun Instagram Bisnis. Nah, berikut ini merupakan langkah-langkah cara buat Instagram Bisnis:
- Buatlah akun pribadi atas nama bisnis yang dimiliki. Anda cukup klik tombol daftar dan ikuti alurnya. Jangan lupa menggunakan username yang jelas dan sesuai.
- Tambahkan foto profil, bio, dan tautan yang akan mengarahkan pengunjung ke web/media sosial/e-commerce untuk melakukan pembelian.
- Setelah itu, bukalah laman profil yang sudah dibuat. Lalu masuk ke halaman pengaturan dan pilih beralih ke profil bisnis. Namun sebelumnya, pastikan bisnis tersebut memiliki akun Facebook terlebih dahulu, ya!
- Mulailah membagikan foto dan video berisi konten promosi produk dan layanan yang ditawarkan.
Bagaimana Cara Memaksimalkan Instagram Bisnis?

Sebelum melangkah pada pembahasan tentang cara memaksimalkan Instagram Bisnis, Anda perlu memahami bahwa akun Instagram Bisnis di sini berfungsi untuk membantu Anda dalam mempromosikan produk atau layanan kepada calon pelanggan.
Prinsipnya sama dengan ketika seseorang melakukan kegiatan promosi secara langsung kepada pelanggan, dibutuhkan waktu dan proses untuk dapat mencapai hasil yang diinginkan.
Kendati demikian, setidaknya Anda telah berusaha melakukan yang terbaik dengan cara memaksimalkan Instagram Bisnis. Berikut ini merupakan beberapa cara memaksimalkan Instagram Bisnis:
1. Tentukan Target Audiens
Menentukan target audiens sama halnya dengan menentukan target pelanggan dalam pemasaran konvensional.
Tanpa adanya target yang jelas maka kegiatan pemasaran yang dilakukan akan sia-sia. Hal tersebut tidak hanya berlaku pada pemasaran konvensional melainkan juga pemasaran online.
Bagaimana Anda mendefinisikan target audiens juga akan menentukan konten pemasaran seperti apakah yang nantinya akan dibuat?
Misalnya, Anda menjual produk make-up untuk remaja, maka target audiensnya adalah perempuan berusia 15-20 tahun, masih berstatus pelajar, dan memiliki ketertarikan terhadap produk make-up yang ringan namun memancarkan kecantikan alami mereka (natural look).
Karena umumnya para remaja belum dapat menghasilkan uang sendiri, maka pastikan harga produk yang dijajakan ramah di kantong.
2. Buat Bio yang Sesuai
Salah satunya dengan menuliskan informasi mengenai bisnis pada kolom bio. Sebagai informasi, kolom bio dalam halaman profil hanya dapat diisi maksimal 150 karakter. Oleh sebab itu, Anda perlu menulis informasi sesingkat mungkin namun usahakan tetap dapat menggambarkan bisnis dengan baik.
3. Buat Konten yang Menarik
Pada poin pertama telah disinggung bahwa menentukan target audiens akan menentukan konten pemasaran yang akan dibuat.
Konten pemasaran digital umumnya dibuat dalam bentuk foto atau video singkat mengenai produk yang ditawarkan. Oleh sebab itu, pastikan Anda membuat konten pemasaran yang menarik namun tetap relevan dengan nilai yang ingin disampaikan.
Melalui Instagram, Anda dapat melakukan upload konten pemasaran melalui feed, stories, hingga IGTV. Anda dapat memaksimalkan fitur-fitur tersebut untuk mempromosikan konten pemasaran yang dibuat.
Yuk Manfaatkan Sebaik Mungkin Setiap Fitur Gratis pada Media Sosial!
Kesimpulannya, Anda dapat membuat akun Instagram Bisnis sebagai alat pemasaran digital yang efektif guna menjangkau pelanggan.
Kendati hal tersebut memerlukan proses untuk menghasilkan peningkatan penjualan terhadap produk yang ditawarkan. Tetapi ketika Anda tekun dan tetap memaksimalkan fitur-fitur yang ada, maka bisnis yang dimiliki pasti akan berkembang. Jadi, apakah Anda sudah siap untuk membuat Instagram Bisnis?
Baca juga Artikel Lainnya:
You must be logged in to post a comment.