Ternyata Ini Keuntungannya Jika Bekerja di Posisi Entry Level

Ternyata Ini Keuntungannya Jika Bekerja di Posisi Entry Level

No comments

Bekerja di sebuah perusahaan, tentu membuat setiap karyawan pasti pernah merasakan posisi sebagai entry level. Terlebih bagi Anda yang baru saja lulus atau fresh graduate, tentunya mau tak mau harus mengawali karir di posisi ini. 

Setiap karyawan yang memulai karirnya dari posisi entry level pastinya akan menghadapi berbagai macam tantangan. Namun jangan keliru, sebab hal ini akan membuat Anda memperoleh banyak keuntungan. Ketika berada di posisi ini, pasti banyak momen-momen yang membuat Anda dilimpahkan banyak pekerjaan oleh atasan dibanding para senior atau bahkan rekan kerja yang lain.

Tak bisa dipungkiri memang, jika hal tersebut kerap terjadi. Meskipun begitu, berada dalam posisi entry level di sebuah perusahaan sebetulnya memberikan banyak keuntungan, lho. Terutama bagi Anda yang baru saja lulus atau fresh graduate, dan masih baru dalam dunia kerja. Apa saja keuntungan yang akan didapat? Yuk simak ulasan berikut.

Baca Juga: Belum Punya Rencana Keuangan Jangka Pendek? Jangan Anggap Sepele, Yuk Bikin Sekarang!

Keuntungan Menjadi Karyawan Entry Level

  • Memperoleh Pengalaman Kerja Berharga

Mengawali karir dari posisi entry level, sudah pasti akan memberikan Anda banyak sekali keuntungan, salah satunya dari segi pengalaman kerja. Bukan hanya gaji, Anda akan memperoleh banyak ilmu yang nantinya akan menjadi pengalaman berharga yang suatu saat akan berguna dan sangat dibutuhkan. 

Meskipun tak memiliki banyak pengalaman sebagai seorang karyawan baru, sedikit demi sedikit Anda akan mulai memperoleh tanggung jawab baru untuk menyelesaikan tugas dari atasan. 

  • Dapat Mengamati Lingkungan Kerja

Biasanya, sebagai seorang karyawan baru, Anda juga harus bisa beradaptasi dan berbaur dengan karyawan lain. 

Di saat inilah Anda harus belajar bagaimana cara rekan-rekan sekantor bekerja, apa saja kebiasaan mereka, dan masih banyak lagi. Apalagi jika Anda seorang fresh graduate, tentu ilmu yang diperoleh bukan berupa teks yang bisa didapat dalam buku. 

Dari pengamatan dan pengalaman ini, Anda bisa menangkap berbagai macam hal baru yang mungkin belum pernah dirasakan sebelumnya. Salah satunya seperti alur kerja seorang karyawan untuk memperoleh delegasi pekerjaan. 

  • Tekanan Kerja Tak Terlalu Berat

Ketika menjadi seorang karyawan baru, tentu tugas yang didapatkan berbeda dengan tugas yang didapat seorang Supervisor ataupun Manajer. 

Tekanan pekerjaan yang didapat juga tak sepadat jika dibandingkan dengan jabatan Supervisor maupun Manajer. Padahal pada kenyataannya mereka juga memiliki tanggung jawab yang lebih besar kepada atasan. Oleh karena itulah di tahap ini, Anda sebenarnya bisa belajar lebih banyak. 

Meskipun di entry level tekanan saat bekerja terbilang rendah, tapi jangan sampai hal ini membuat Anda terlena sehingga lalai dengan tugas. Terdengar santai ketika bekerja bukan berarti Anda bisa bermalas-malasan dan tak maksimal dalam menuntaskan pekerjaan. Ingat, saat Anda sudah mampu menunjukkan sebuah prestasi, peluang untuk naik level dapat terbuka lebar lho.  

  • Saatnya Memperluas Networking

Masih ingat masa-masa saat masih duduk di bangku kuliah? Tentu jaringan pertemanan masih berkutat di sekitar teman-teman kampus. Lain halnya ketika sudah memasuki dunia kerja, jaringan pertemanan tentu akan semakin luas.

Kenapa demikian? Mau tak mau saat bekerja di sebuah perusahaan, lingkup pertemanan baik di kantor maupun di luar kantor akan semakin luas. Dari sini Anda akan bertemu banyak sekali orang-orang baru, dari rekan sekantor, atasan, hingga klien perusahaan. 

Selain itu, Anda pun tetap bisa menjalin relasi meskipun sudah tak bekerja lagi di perusahaan tersebut. 

  • Berkesempatan untuk Mengeksplor Pekerjaan Lain

Nah, ini adalah poin yang paling menarik bagi seorang karyawan entry level. Karena ini adalah saat yang tepat untuk mengeksplorasi pekerjaan yang lain. Anda bahkan bisa mendapatkan nilai plus ketika memutuskan pindah kerja, sebab telah menambah pengalaman baru di lembar CV. 

Dengan pengalaman tersebut, Anda pun bakal lebih mudah untuk menemukan pekerjaan baru yang tentunya bisa memberikan gaji yang lebih besar. Jika merasa “tersasar” saat memilih jurusan ketika kuliah dulu, nah ini saatnya untuk mengembangkan kemampuan dengan mengeksplorasi diri di berbagai bidang baru. 

Baca Juga: Punya Gaji Pas-Pasan Tapi Bebas Utang? Bisa Banget! Begini Caranya!

Entry Level Tak Selamanya Buruk, Bisa Jadi Membawa Banyak Keuntungan

Nah, itu tadi beberapa keuntungan yang bisa diperoleh seorang karyawan baru atau fresh graduate saat berada di posisi entry level. Kedengarannya menarik bukan? Saat ingin memiliki pekerjaan dengan posisi lebih mapan, tentu mau tak mau harus menjalani lika-liku sebuah proses. Agar ketika mendapatkan level yang lebih tinggi, Anda tidak akan berperilaku semena-mena terhadap karyawan. Semoga bermanfaat!