Serba-Serbi Peluang Bisnis Agen Gas Elpiji, Begini Cara Memulainya

No comments

Penggunaan gas LPG atau elpiji oleh masyarakat Indonesia mengalami peningkatan drastis semenjak adanya aturan dari pemerintah pada tahun 2007 lalu. Dalam aturan pemerintah tersebut, masyarakat diharapkan beralih dari menggunakan minyak tanah ke gas elpiji. Karena hal tersebut, hingga kini, gas elpiji menjadi salah satu kebutuhan mendasar mayoritas masyarakat sebab hampir semua rumah tangga memakai kompor gas sebagai alat untuk memasak setiap harinya. 

Maka, tak mengherankan jika pasokan gas elpiji makin hari makin banyak dicari oleh masyarakat. Kondisi tersebut secara tidak langsung membuka peluang bisnis baru, yakni menjadi mitra atau agen PT Pertamina untuk mendistribusikan gas elpiji kepada masyarakat. 

Sebagai bisnis yang bergerak menyediakan kebutuhan yang pasti dicari oleh masyarakat, bisnis agen gas elpiji ini sangat menjanjikan dan dapat terus memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Nah, bagi yang tertarik menjalani bisnis agen gas elpiji tersebut, simak serba-serbinya berikut ini. 

Sistem Pendistribusian Gas Elpiji

agen gas elpiji

Sebelum membahas tentang bisnis agen elpiji secara menyeluruh, ada baiknya untuk memahami jalur pendistribusian produknya. Pada dasarnya, distribusi gas elpiji sepenuhnya dilakukan pihak Pertamina dengan menggunakan metode close loop supply chain. Metode tersebut berarti aliran barang dari pihak produsen sampai ke konsumen, dan kembali ke pabrik untuk kemudian diproses kembali dan dijual lagi kepada konsumen sebagai produk baru. 

Pada alur pendistribusian gas elpiji ukuran 3 kg, proses pertama berada di Depot LPG, lalu didistribusikan menuju SPBE atau stasiun pengisian bulk elpiji yang dikelola pihak Pertamina dan juga swasta. Kemudian, elpiji diterima pihak agen, lalu didistribusikan ke pihak sub agen maupun pangkalan yang berkaitan langsung dengan pihak pengecer, konsumen, dan juga warung.  

Peluang Bisnis Mitra Gas LPG

Gas elpiji tentu menjadi produk yang dibutuhkan dan dibeli oleh masyarakat setiap harinya. Dilihat dari keadaan tersebut, menjadi agen gas elpiji tentu dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan karena sudah pasti akan laku terjual dan mampu memberikan keuntungan secara jangka panjang. Di sisi lain, gas elpiji juga termasuk sebagai produk yang tidak memiliki masa kadaluwarsa sehingga terhindar dari potensi kerugian bagi pelaku bisnisnya. 

Bisnis agen gas LPG 3 kg diketahui lebih menguntungkan dan menjanjikan daripada menjadi pengecer ataupun pangkalan gas karena menjadi produk yang dibutuhkan oleh mayoritas masyarakat. Jumlah rumah tangga yang kian meningkat juga membuat permintaan atas produk tersebut akan selalu bertambah seiring berjalannya waktu.

Kelebihan Menjadi Agen Gas Elpiji

Ada sederet keuntungan yang bisa didapatkan oleh pelaku usaha mitra gas elpiji. Daya tarik utama dari bisnis ini tentunya kepraktisan usaha dan janji keuntungan yang tinggi tanpa harus repot memikirkan kegiatan promosi dan cara memasarkannya. Selain itu, ada sejumlah keunggulan lain yang bisa didapatkan saat memutuskan untuk menjadi agen gas LPG, antara lain

1. Selalu Dibutuhkan Banyak Orang

Menggeluti bisnis gas elpiji, khususnya ukuran 3 kg pasti akan selalu dicari dan dibutuhkan pembeli. Saat stoknya menurun, penjual juga bisa menaikkan harganya dan meraih keuntungan berlipat ganda. Tidak hanya untuk rumah tangga, penggunaan gas elpiji ukuran 3 kg juga umumnya dilakukan oleh pelaku UMKM di bidang kuliner sehingga potensi penjualannya menjadi lebih tinggi. 

2. Harga Jual Cenderung Stabil

Kelebihan lainnya dari menjadi agen gas elpiji adalah harga jualnya cenderung stabil dan tidak akan mengalami penurunan. Modal yang perlu dikeluarkan memasok produk juga akan tetap sama dan harga jual bisa meningkat akibat beberapa faktor. Hal tersebut tentu dapat menjadi kesempatan untuk meraih keuntungan lebih tinggi dan menjadi daya tarik tersendiri terhadap usaha tersebut. 

Risiko yang Perlu Disiasati saat Menjadi Mitra Gas Elpiji

Selain sederet keuntungan di atas, bisnis mitra gas elpiji juga memiliki sejumlah risiko yang perlu dipertimbangkan. Salah satunya adalah tabung gas mengalami kerusakan atau kebocoran kecil karena aktivitas pendistribusian yang tidak tepat. Alhasil, karena isinya tiba-tiba kosong, pembeli biasanya akan mengembalikannya dan pihak penjual harus melakukan ganti rugi. 

Selain itu, risiko kecelakaan yang dialami oleh agen gas LPG juga relatif tinggi walaupun keamanan dari tabung gasnya sendiri telah dijamin oleh pemerintah. Agar terhindar dari risiko tersebut, ada baiknya menyiapkan tempat khusus penyimpanan gas LPG yang jauh dari sumber api, cahaya matahari langsung, dan hal lainnya yang membahayakan. Mengecek kondisi fisik dari tabung gas juga harus selalu dilakukan karena tak sedikit konsumen yang hanya mau membeli gas elpiji dengan kondisi tabung yang baik. 

Syarat Memulai Bisnis Agen Gas LPG

Untuk bisa menjadi mitra gas LPG, terdapat beberapa syarat yang wajib dipenuhi. Berikut adalah sejumlah hal yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk menjadi mitra gas LPG.

  • Terdapat 2 kelompok keagenan gas LPG, yakni eks agen atau mitra minyak tanah dan non eks pemasok minyak tanah.
  • Proses pengajuan menjadi agen mengharuskan kamu mengisi formulir dengan data terbaru dan juga sebenar-benarnya agar proses verifikasi dapat berjalan dengan lancar tanpa harus melakukan revisi. 
  • Jika melakukan pendaftaran secara online, pastikan untuk menyertakan alamat e-mail aktif karena nomor registrasi akan dikirimkan pada alamat tersebut. Selain itu, e-mail juga menjadi media komunikasi utama pihak Pertamina kepada kamu terkait pemberian informasi terkait keagenan. 
  • Saat menjadi mitra Pertamina, kamu juga harus mengurus pendirian perusahaan berbadan hukum, mulai dari nama perusahaan, e-mail, alamat kantor, hingga nomor telepon perusahaan wajib disertakan pada formulir. Hal ini menjadi syarat mutlak agar bisa menjadi mitra gas LPG.
  • Pastikan pula untuk menyiapkan beberapa berkas mengenai pendirian perusahaan tersebut, misalnya, akta pendirian perusahaan, terutama bagi pengaju yang bukan mantan agen minyak tanah atau No. Induk Agen Pertamina bagi eks pemasok minyak tanah, NPWP perusahaan, KTP perusahaan yang tertera pada akta pendirian perusahaan, dan rencana wilayah pendistribusian atau penjualan. 
  • Selain itu, siapkan pula fasilitas gudang dan cantumkan alamatnya pada formulir pengajuan.
  • Untuk mantan agen minyak tanah, kamu wajib menyertakan nomor kontrak agen minyak tanah yang terakhir dan daftar pangkalan atau gudang minyak tanah. Sementara untuk non mantan agen minyak tanah, lampirkan surat pernyataan terkait kesanggupan membeli 10.000 tabung gas LPG. 
  • Dengan formulir tersebut, kamu perlu menyertakan pernyataan kesediaan untuk mematuhi aturan perundang-undangan dan juga aturan pemerintah setempat di mana bisnis tersebut didirikan. 

Prosedur Menjadi Mitra Gas Elpiji Pertamina

Terkait prosedur menjadi mitra gas elpiji Pertamina, kamu bisa mengikuti prosedurnya berikut ini. 

  • Daftarkan diri via website resmi Pertamina di kemitraan.pertamina.com.
  • Lengkapi dokumen yang diminta sebagai pendaftaran diri menjadi agen elpiji pertamina, seperti, surat perjanjian kerja sama, SIUP, surat rekomendasi, dan fotokopi KTP.
  • Setelah proses pendaftaran selesai dilakukan dan semua persyaratan sudah dipenuhi, pihak dari Pertamina akan menyeleksi dan menyurvei pengajuan tersebut.
  • Terdapat 2 hal yang akan disurvei oleh Pertamina, yakni lokasi usaha dan keuangan perusahaan milik pihak yang mengajukan.
  • Selesai melakukan survei kelayakan, dalam kurun waktu kurang lebih 1 minggu, pihak Pertamina akan memberi pengumuman via e-mail terkait disetujui atau tidaknya pengajuan sebagai mitra atas agen gas LPG. 

Namun, perlu dipahami bahwa Pertamina mungkin tidak akan menerima pengajuan agen baru di beberapa lokasi. Menurut keterangan dari Pertamina, saat ini jumlah mitra gas LPG Pulau Jawa sudah cukup banyak dan lebih dari target yang telah ditentukan. Artinya, untuk wilayah tersebut, pengajuan agen gas LPG memiliki kemungkinan sangat kecil untuk bisa disetujui karena jumlah kuotanya sudah terpenuhi.

Meski begitu, hal ini tidak berarti peluang menjadi agen gas LPG di Pulau Jawa tertutup. Jika ada pihak yang telah mendapatkan persetujuan izin usaha menjadi agen Pertamina tapi tidak kunjung direalisasikan dalam kurun waktu 6 bulan, hak tersebut akan ditarik dan diberikan kepada pihak lainnya. Di sisi lain, jika tinggal di pulau lain yang tak terlalu banyak memiliki agen gas Pertamina, proses pengajuan dan persetujuannya sudah pasti menjadi jauh lebih mudah. 

Estimasi Modal serta Penghasilan dari Agen Gas LPG

Terdapat beberapa kebutuhan wajib yang harus disiapkan saat berencana menjadi agen gas LPG dan harus masuk ke dalam penghitungan modal. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah rincian modal bisnis gas LPG sejak awal hingga beroperasi.

  • Tabung gas sebanyak 250 tabung = 250 x 125 ribu Rupiah = 31.250.000
  • Kendaraan untuk transportasi gas LPG berupa motor R3 seharga 8 juta
  • Sewa tempat usaha sejumlah 3 juta per bulan
  • Pembuatan brosur usaha sebesar 250 ribu
  • Dana investasi atau dana cadangan pengembangan usaha serta biaya membeli tabung gas LPG 3 kg sejumlah 100 tabung. Modal untuk kebutuhan ini adalah 100 x 125 ribu = 12.5 juta.

Berdasarkan data tersebut, dapat diketahui jika modal bisnis agen gas LPG 3 kg Pertamina adalah sekitar 55 juta Rupiah.

Selanjutnya, mengenai keuntungan, ambillah contoh omzet harian bisnis adalah 250 ribu per hari dengan penjualan gas elpiji 3 kg sejumlah 250 tabung per hari. Dengan keuntungan sebesar 1000 Rupiah per tabung, kamu perlu meningkatkan jumlah tabung yang terjual dengan menambah jumlah pengecer yang dituju. 

Omzet bisnis agen LPG juga bisa didapatkan dari menjual tabung gas ke pelanggan dengan untung lebih tinggi, misalnya 3000 Rupiah per tabung. Jika setidaknya ada 50 tabung yang dibeli oleh pelanggan, maka omzet yang didapatkan per hari adalah 150 ribu. 

Ditambah dengan omzet penjualan ke pengecer, keuntungan yang bisa didapatkan adalah 150 ribu + 250 ribu = 400 ribu per hari. Jika dikalikan 30 hari, maka keuntungan bulanan bisnis ini sekitar 12 juta. Lumayan, bukan?

Bisnis Agen Gas Elpiji: Minim Risiko, Keuntungan Besar

Itulah ulasan lengkap mengenai peluang usaha menjadi agen gas LPG yang ternyata mampu memberikan keuntungan menjanjikan namun minim risiko. Akan tetapi, tetap pahami jika menjadi agen Pertamina tersebut tidaklah mudah karena belum tentu semua wilayah membuka kuota pengajuan dan kebutuhan modal yang terbilang besar. Namun, jika berhasil memiliki usaha tersebut, penghasilan rutin dengan jumlah lumayan besar sudah pasti terjamin.

Download App Indodana Sekarang!

Baca juga Artikel Lainnya: