Tips Bisnis untuk Pemula

6 Peluang Bisnis Digital yang Cocok untuk Kaum Milenial, Apa Saja?

No comments

Perkembangan teknologi yang terjadi begitu pesat tentunya membawa berbagai dampak dan perubahan yang signifikan dalam lini kehidupan manusia, khususnya dalam bidang bisnis dan ekonomi. 

Sebagai entitas sekaligus pelaku ekonomi, para pebisnis dituntut agar dapat beradaptasi terhadap pengaruh perubahan teknologi dalam bidang ekonomi. Salah satunya dilakukan dengan cara mengupayakan digitalisasi pada proses bisnis. 

Jika kamu seorang pemula dalam dunia bisnis, simak sampai habis ya!

Mengenal Istilah Bisnis Digital 

Bisnis digital (digital business) dapat dipahami sebagai suatu bisnis atau jenis usaha yang melibatkan penggunaan teknologi dalam proses bisnis guna meningkatkan value barang atau jasa yang dihasilkan, serta menciptakan pengalaman baru bagi pelanggan maupun pihak manajemen dalam rangka mendukung aktivitas operasional perusahaan. 

Dalam konteks yang lebih sederhana, bisnis digital merupakan bisnis yang memanfaatkan kecanggihan teknologi dalam menghasilkan dan memasarkan barang atau jasa. 

Berdasarkan pengertian tersebut, bisnis digital terdiri dari: 

  • Perusahaan yang secara murni memanfaatkan teknologi dalam proses bisnisnya, misalnya perusahaan pengembang software.
  • Perusahaan tradisional yang melakukan digitalisasi, misalnya dengan cara melakukan pemasaran melalui platform e-commerce.

Mengapa Bisnis Digital itu Penting?

Sebagai pebisnis di era perkembangan teknologi yang berkembang dengan pesat seperti sekarang, tentu kamu bertanya-tanya seberapa pentingkah memiliki bisnis digital atau melakukan digitalisasi bisnis. Berikut pentingnya bisnis digital.

1. Menjawab Kebutuhan Konsumen

Di era modern seperti sekarang, sebagian besar konsumen mengharapkan perusahaan mampu menyediakan produk dan layanan yang praktis dan mudah diakses dimanapun dan kapanpun mereka membutuhkannya. 

Misalnya, penggunaan e-commerce. Pada perusahaan konvensional, transaksi jual-beli hanya berlangsung pada hari dan jam kerja. Sementara itu, jika perusahaan menerapkan digitalisasi bisnis melalui penggunaan e-commerce, pembeli tetap dapat melakukan transaksi jual-beli kapanpun mereka membutuhkan produk. 

Kemampuan perusahaan dalam menyediakan barang atau jasa yang sesuai dengan ekspektasi dan kebutuhan konsumen akan menjadi daya tarik tersendiri bagi konsumen sekaligus menciptakan keunggulan kompetitif. 

2. Menciptakan Pengalaman Konsumen 

Belakangan ini, produk yang bagus tak selalu dapat menarik perhatian konsumen. Beberapa konsumen terkadang turut memperhatikan berbagai aspek lain, seperti bagaimana cara perusahaan berinteraksi serta pelayanan apa saja yang diberikan pada konsumen. 

Bisnis digital memungkinkan perusahaan dalam berinteraksi dengan beberapa konsumen sekaligus melalui fitur chat admin serta memberikan jawaban atas beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh konsumen melalui laman resmi pada kolom FAQ (frequently asked question). 

3. Meningkatkan Produktivitas Karyawan 

Bisnis digital akan sangat membantu meringankan pekerjaan karyawan. Makin canggih teknologi yang digunakan perusahaan, maka makin ringan pula beban kerja karyawan. 

Dengan demikian, karyawan bisa mengerahkan tenaga dan pikiran mereka untuk menyelesaikan berbagai permasalahan lain yang terjadi selama proses bisnis berlangsung. 

4. Memudahkan Feedback Konsumen

Feedback dari konsumen merupakan aspek penting bagi perusahaan yang menjadi bahan evaluasi bagi pelaksanaan aktivitas operasional maupun strategi bisnis yang telah dijalankan oleh perusahaan.

Feedback konsumen ini umumnya berupa pujian atas pelayanan yang memuaskan atau komplain, dan disampaikan pada saat survei kepuasan pelanggan maupun pada saat transaksi berikutnya berlangsung. 

Dengan adanya bantuan dari sistem dan perkembangan teknologi, perusahaan dapat dengan mudah mengirimkan lembar survey kepuasan pelanggan melalui surel, media sosial, atau menggunakan sistem rating pada akun e-commerce

5. Memaksimalkan Potensi Pertumbuhan Perusahaan

Pandemi yang terjadi beberapa tahun belakangan ini merupakan salah satu faktor pendorong perusahaan dari berbagai belahan dunia untuk melakukan digitalisasi proses bisnis demi tetap memenuhi kebutuhan pelanggan.

Kendati demikian, di sisi lain, melalui digitalisasi bisnis perusahaan juga dapat menemukan potensi pangsa pasar baru atau ceruk pasar yang sebelumnya tidak mampu dijangkau lantaran terkendala jarak atau faktor lainnya.   

Bahkan, melalui digitalisasi bisnis maka perusahaan memiliki lebih banyak kesempatan untuk bersaing dengan perusahaan lain yang skalanya lebih besar, tak hanya dari segi keunggulan produk melainkan juga pelayanan. 

6 Ide Bisnis Digital yang Menjanjikan

Bagi seorang pemula dalam dunia bisnis yang berniat untuk memiliki dan mengelola bisnis digital sendiri, berikut ini merupakan beberapa rekomendasi ide bisnis digital yang menjanjikan.

1. Toko Online 

Bicara tentang bisnis digital, toko online atau kerap disebut olshop tentunya menjadi pilihan utama yang terbersit dalam pikiran sebagian besar orang. 

Ada berbagai pilihan barang yang dapat dijual secara online melalui toko online, mulai dari produk rumah tangga, pakaian, aksesoris, kosmetik, hingga produk yang berkaitan dengan hobi tertentu. 

Selain itu, platform untuk berdagang secara online juga bervariasi. Kamu bebas memilih untuk menggunakan platform e-commerce atau akun media sosial yang memberi fasilitas penggunanya berjualan secara online, seperti Instagram, Facebook, dan TikTok. 

2. Bisnis Dropship  

Meskipun disebut bisnis digital, yang namanya toko online tentu mengharuskan para pemiliknya untuk menyimpan stok barang yang dijual. Jika terkendala dengan menyimpan stok barang, bisnis dropship layak untuk dicoba. 

Bisnis dropship merupakan jenis bisnis digital yang dilakukan dengan mengandalkan kemampuan dalam menawarkan produk tanpa perlu mengkhawatirkan stok barang di gudang atau pengiriman barang. 

Ketika berhasil menjual produk, maka produsen akan secara langsung mengirimkan barang tersebut kepada pembeli. Keuntungan bisnis ini kamu peroleh dari selisih antara uang pembeli yang diterima dengan uang yang harus dibayarkan kepada produsen. 

3. Bisnis Afiliasi 

Hampir mirip dengan bisnis dropship, bisnis afiliasi merupakan jenis bisnis yang dilakukan dengan cara memasarkan barang milik orang lain dan sebagai gantinya, kamu akan memperoleh komisi. 

Secara singkat, cara kerja bisnis afiliasi dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Pertama, kamu harus mendaftar terlebih dahulu pada program afiliasi yang diselenggarakan oleh brand tertentu dan memperoleh tautan atau kode referal khusus. 
  • Kedua, kamu perlu mempromosikan produk atau brand tersebut melalui website atau akun media sosial dengan menyertakan tautan atau kode referal yang telah diberikan oleh pihak brand sebelumnya.
  • Terakhir, keuntungan akan kamu peroleh jika pembeli yang tertarik menggunakan kode referal atau mengikuti tautan yang disertakan. 

4. Penulis Konten Digital 

Jika memiliki keahlian dalam bidang menulis, menjadi penulis konten bisa menjadi peluang bisnis digital yang layak untuk dicoba. 

Sebagai permulaan, kamu bisa menulis konten yang sesuai dengan kebutuhan target konsumen di blog pribadi. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung, gunakanlah kata kunci yang unik dan menarik. 

Makin banyak jumlah pengunjung blog maka semakin besar pula kesempatan untuk memperoleh keuntungan, baik melalui tawaran pekerjaan dari perusahaan maupun dengan cara menyewakan space di blog untuk kolom iklan. 

Jika tidak memiliki keterampilan dalam mengelola blog, kamu juga bisa mendaftarkan diri sebagai penulis paruh waktu untuk website atau portal berita online, seperti WritersWeekly atau BaBe. 

5. Konsultan SEO

Konsultan SEO merupakan salah satu profesi yang masih berkaitan dengan konten digital. Pasalnya, SEO (search engine optimization) merupakan upaya yang dilakukan agar konten digital yang dipublikasikan menempati posisi terbaik di mesin pencari. 

Dengan kata lain, kesuksesan setiap konten digital baik yang dipublikasikan melalui website, blog, maupun platform lainnya bergantung pada seberapa baik posisi mereka di mesin pencari. 

Makin baik posisi konten di mesin pencari maka semakin tinggi pula kemungkinan konten tersebut dilihat oleh pengunjung. Selain itu, SEO juga dapat mendatangkan pengunjung tanpa perlu mengeluarkan biaya melalui organic traffic.

Keahlian dalam melakukan teknik SEO dapat membantu konten digital yang dibuat untuk menempati posisi terbaik di mesin pencari. Dengan begitu, kamu juga bisa menjadi seorang konsultan SEO untuk membantu website klien dan memperoleh penghasilan. 

6. Jasa Pembuatan Website 

Website merupakan salah satu hal yang berperan penting dalam kesuksesan bisnis digital. Website memuat berbagai informasi yang relevan tentang perusahaan, seperti sejarah berdirinya perusahaan, visi-misi dan tujuan perusahaan, produk yang dijual, dan lain-lain. 

Perusahaan yang berskala besar bahkan menjadikan website sebagai satu-satunya sumber informasi relevan tentang perusahaan. Caranya adalah dengan memberikan space untuk pengumuman kebijakan dan pengembangan karir, serta pelaporan keuangan. 

Nah, jika memiliki keahlian dalam membuat website maka menawarkan jasa pembuatan website mungkin bisa menjadi peluang bisnis digital yang berpotensi menguntungkan bagi kamu. 

Kamu bisa menawarkan jasa pembuatan website ini ke berbagai perusahaan. Uniknya, pekerjaan ini memungkinkan kamu untuk mengerjakan proyek pembuatan website bagi beberapa perusahaan sekaligus. 

Jalani Bisnis Digital yang Menjanjikan

Jadi, sekarang kamu sudah paham tentang apa itu bisnis digital. Bisnis digital manakah yang menurutmu menjanjikan dan menarik untuk dicoba?

Download App Indodana Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya: