Strategi Marketing Ampuh untuk Brand Lokal Agar Lebih Dikenal dan Bersaing di Pasar

10 Strategi Marketing Ampuh untuk Brand Lokal

No comments

Jangan anggap sepele brand lokal, karena tak kalah menjanjikan, lho. Ini terbukti dengan hampir 93,3 persen masyarakat Indonesia yang jauh lebih mempercayai kualitas produk buatan lokal. Angka ini cukup jauh dibandingkan kepercayaan konsumen terhadap produk buatan asing yang cuma 71,5 persen saja.

Menariknya lagi, ternyata konsumen juga lebih suka beli produk lokal yang diperkenalkan (promosi) dengan baik. Hal ini, membuat konsumen jadi merasa lebih dekat dengan produk-produk dari brand lokal tersebut.

Ini artinya, bagi pemilik brand lokal yang ingin bisnisnya menghasilkan cuan lebih maka jangan anggap sepele promosi. Tapi, masalahnya bagaimana cara untuk mempromosikan produk dari brand lokal secara baik dan maksimal? Tak perlu khawatir, sebab ada beberapa strategi marketing ampuh yang bisa dicoba berikut ini.  

Brand Lokal dan Strategi Marketing yang Ampuh 

Strategi Marketing

Strategi Marketing

Ada banyak alasan mengapa marketing sangat penting untuk meningkatkan performa brand lokal. Dari mulai membuat pelanggan lebih mudah menemukan brand kamu, menyasar pelanggan dengan lebih tepat, membangun brand awareness, memenangkan persaingan dan lain sebagainya.

Nah, berikut beberapa strategi yang bisa digunakan dalam meningkatkan performa sebuah brand  lokal, antara lain.

1. Go Online melalui Website jadi hal wajib

Di Indonesia, pengguna internetnya bahkan telah mencapai ratusan juta pengguna hingga 73,7 persen dari seluruh total populasi. Bisa dikatakan jika sebuah brand lokal ingin bisa terus berkembang, maka promosi online jadi hal wajib. Coba bayangkan kalau masih tetap menjalankan bisnis secara offline, maka potensi mendapatkan jutaan pelanggan bisa saja lenyap tinggal angan-angan.

Apalagi saat ini, sudah ada banyak pilihan yang mendukung bisnis untuk bisa go online. Misalnya dengan platform media sosial, marketplace maupun website. Dengan segala kelebihan dan kekurangannya masing-masing, website tetap jadi pilihan terbaik sebagai kanal utama untuk kegiatan promosi. 

Ini karena kepercayaan calon pelanggan lebih tinggi terhadap bisnis yang punya website dan informasi tentang bisnis di internet lebih mudah ditemukan. Selain itu, website juga membuat langkah branding bisnis jauh lebih gampang. 

Berbeda dengan media sosial atau marketplace yang tampilannya tak dapat diubah dan seragam, website memberikan kebebasan pada penggunanya untuk membangun branding-nya sendiri. 

2. Jangan Lupa Daftarkan Bisnis di Google Bisnisku

Selanjutnya jangan sampai lupa mendaftarkan bisnis ke Google Bisnisku. Layanan dari Google ini bekerja untuk menampilkan segala informasi tentang bisnis kamu secara lengkap agar konsumen bisa lebih mudah menemukannya.

Bukan itu saja, Google Bisnisku juga dapat menguatkan Local SEO, lho. Karena, jika ada calon pelanggan yang ingin mencari brand kamu secara khusus, maka informasinya akan ditampilkan langsung di first page Google. 

Dengan Google Bisnisku, ini juga mampu membuat kredibilitas bisnis meningkat drastis hingga 70 persen. Alasannya simpel, bahwa bisnis yang memiliki informasi yang semakin lengkap maka kemungkinan bisnis tersebut abal-abal tentu jauh lebih kecil, bukan?

3. Mengoptimalkan Local SEO

Mengoptimalkan SEO

Tentunya sebagai sebuah brand lokal, kamu harus dapat menguasai hasil pencarian di Google secara lokal. Hal ini agar mendukung prinsip marketing jadi lebih baik. Terlebih, sebesar 46 persen pengguna Google selalu melakukan pencarian lokal.

Hal ini kemudian daoat disiasati dengan mengoptimasi Local SEO, yakni cara untuk mengoptimasi website. Agar bisa muncul di laman hasil pencarian untuk lingkup suatu wilayah tertentu. 

Kunci penting agar Local SEO lebih optimal adalah dengan melakukan riset kata kunci dan gunakan di website kamu. Tujuannya supaya kamu bisa lebih jeli dengan apa yang konsumen inginkan dan keyword apa yang akan diketikkan di kolom pencarian Google.

4. Bangun Buyer Persona

Agar brand lokal bisa menyasar target pelanggan dengan lebih tepat ada strategi marketing yang tak boleh dianggap sepele, yakni menciptakan buyer persona. Hal ini bisa dibilang sebagai representasi dari target konsumen bisnis kamu. 

Buyer persona diperoleh dari hasil analisis dan riset yang berisi data atau diagram berupa demografis dari perilaku, kepribadian, dan sejenisnya. Berdasarkan survei, 90 persen bisnis mampu meningkatkan pemahaman terhadap konsumen yang semakin baik melalui buyer persona

Alhasil, kamu tidak hanya bisa tahu persis siapa yang jadi target pasar tapi juga hal apa saja yang sangat mereka butuhkan. Dengan begitu, langkah promosi jadi lebih efisien dan tetap sasaran.

5. Menentukan Nilai Jual dari Brand

Setiap brand pasti memiliki kelebihan dan sesuatu yang membuatnya terlihat beda dari para kompetitornya. Nah, temukan itu, misalnya apakah produk dari brand kamu ini lebih eksklusif? Atau, layanan pelanggannya melayani 24 jam?  

Apapun itu, pastikan untuk menentukan USP (Unique Selling Point) atau keunikan dari brand yang dibangun. Bukan sekedar mampu menarik konsumen saja, USP juga memudahkan strategi marketing dan juga branding yang sedang dilakukan.

6. Tingkatkan value melalui blog

Sekilas, mengelola blog terdengar cukup melelahkan. Tak mengherankan jika banyak sekali brand lokal enggan untuk melakukannya. Padahal, hal ini bisa menjadi tips marketing ampuh dan jitu untuk diterapkan. 

Faktanya, sekitar enam dari sepuluh konsumen mengaku jika mereka memperoleh value dari sebuah blog. Value yang dimaksud bisa saja berupa informasi yang bermanfaat, misalnya panduan, tips, info promo produk terbaru dan sebagainya. 

Artinya, melalui content marketing dari blog bisa menjadi jembatan yang menghubungkan antara konsumen dan brand agar lebih dekat. Strategi ini sangat cocok digunakan untuk membangun dan meningkatkan kredibilitas dari brand lokal dalam jangka panjang. 

7. Buat akun sosial media secara resmi, lalu kelola dengan baik

Pastikan agar bisnis sudah punya akun sosial media secara resmi. Bulan hanya itu, pastikan akun tersebut juga dikelola dengan baik. Ini karena, pengelolaan yang baik mampu memberikan costumer journey yang memuaskan untuk pelanggan. 

Bahkan, 71 persen konsumen tidak ragu untuk merekomendasikannya pada orang yang mereka kenal. Sehingga akun sosial media bisnis kamu bisa semakin dikenal luas dan terjadi peningkatan jumlah follower.

8. Maksimalkan Strategi Ads 

Hingga saat ini iklan masih jadi satu cara efektif untuk melakukan promosi, inilah sebabnya brand lokal pun tetap perlu melakukannya. Tetapi, alih-alih pasang iklan di baliho atau billboard, terbukti iklan digital yang disebar secara online jauh lebih efektif. 

Terlebih saat ini pilihan platform untuk memasang iklan online juga cukup banyak. Dari mulai Google Ads, Facebook Ads, TikTok Ads, Instagram Ads, dan YouTube Ads. 

Agar iklan online yang dibuat semakin efektif, Jangan lupa untuk menentukan apa tujuan dari iklan tersebut, lalu tonjolkan nilai jual yang dimiliki  brand, dan pilih platform yang tepat untuk beriklan.

9. Tawarkan Juga Promo dan juga Diskon

Siapa sih yang bakal menolak promo atau diskon? Karenanya, jangan sampai lupa untuk mengadakan promo dan juga diskon agar menarik simpati konsumen. Jika bisnis memiliki website, kamu bisa menggunakannya juga untuk membagikan promo dan diskon online tersebut.

Hal ini karena, masih banyak konsumen yang suka mencari promo atau diskon. Tak perlu muluk-muluk dengan promo atau diskon yang ‘wah’. 

Sekedar diskon 10 persen atau gratis ongkir sudah bisa bikin penjualan naik berkali lipat. Tapi jika ingin lebih menarik calon konsumen baru, kamu bisa mencoba memikirkan sesuatu yang unik dan menarik untuk ide promo yang akan digelar.

10. Gunakan Jasa Influencer

Membahas strategi marketing yang ampuh buat brand lokal, rasanya tak lengkap jikau tidak mengaitkannya dengan influencer. Ini karena, influencer memang cocok untuk mengenalkan produk, apapun tingkat atau level bisnisnya. Jadi cukup pilih jenis influencer dengan tepat mulai dari, nano, mikro sampai mega influencer yang ingin diajak bekerjasama.

Bukan cuma jauh lebih fleksibel, influencer marketing dianggap lebih efektif dalam mendukung kebutuhan bisnis. Faktanya, 89 persen bisnis mampu memperoleh ROI atau return of investment yang jauh lebih baik daripada  kanal marketing yang lain. 

Tapi, pastikan untuk memilih influencer dengan lebih jeli dan penuh pertimbangan. Perhatikan reputasinya, engagement yang dimiliki, jumlah follower-nya, hingga spesialisasi konten yang dibuat. Hal ini, agar tidak terjadi masalah atau hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari.

Siapkan Diri dan Strategi Marketing yang Jitu agar Value Brand Lokal Meningkat

Nah, demikian tadi beberapa tips marketing untuk brand lokal yang bisa kamu coba jalankan. Sudah tahu tips mana yang ingin digunakan, atau justru berniat ingin mencoba semuanya? 

Apapun pilihan yang diambil, pilihlah yang memang paling sesuai dan efektif, baik dari segi biaya dan juga waktu. Apalagi jika kamu baru berencana untuk memulai brand lokal kamu sendiri.

Download App Indodana Sekarang!

Baca Juga Artikel Lainnya: