6 Ide Kreatif Konten Instagram Ini Bikin Online Shop Tetap Eksis, Wajib Coba!

No comments

Setiap akun bisnis atau online shop, pasti kerap mengunggah konten seputar produk ataupun jasa yang ditawarkan. Meski tak sepenuhnya salah, tapi konten semacam itu justru terkadang dianggap membosankan bagi calon konsumen. Jadi sebaiknya, selingi konten jualan di akun Instagram bisnis dengan konten lain yang tak kalah menarik. 

Konten Kekinian untuk Akun Bisnis di Instagram

Tak harus selalu menggelar dagangan dari waktu ke waktu, meski memang tujuan utama adalah berbisnis melalui media sosial. Akan tetapi, pahamilah bahwa tak semua orang mau disodori aneka dagangan terus menerus. 

Ada kalanya, mereka juga ingin melihat konten hiburan atau konten bermanfaat lainnya. Ketika kamu berhasil mewujudkan semua itu, dijamin deh akan semakin banyak calon konsumen potensial yang beramai-ramai mengikuti akun bisnis kamu. 

Berikut ini ada beberapa ide konten Instagram yang bisa diterapkan, antara lain:

1. Giveaway

Ide Kreatif Konten Instagram

Sampai saat ini, konten berupa giveaway masih sering dilakukan demi meningkatkan jumlah pengikut atau followers Instagram. Umumnya, konten semacam ini dibuat oleh pebisnis yang hendak memulai bisnis menggunakan media sosial. 

Giveaway juga sering dikatakan sebagai salah satu konten yang mampu memberi real feedback kepada para pengguna media sosial. Jadi tak heran jika konten giveaway selalu bisa menarik minat dan perhatian begitu cepat. Apalagi jika hadiah yang disediakan memiliki nilai yang besar dan menggiurkan. 

Kendati demikian, kamu tak harus menyediakan hadiah berupa uang untuk menyelenggarakan giveaway. Berikan saja produk yang dijual sebagai bentuk kenang-kenangan untuk para pemenang nantinya. 

2. Tengah Viral di Media Sosial

Jika bingung hendak mengunggah konten seperti apa lagi, coba deh ikuti tren yang saat ini tengah viral. Dengan konten semacam ini, kamu bisa lebih mudah membuat unggahan pada akun Instagram online shop yang dikelola karena tak perlu lagi pusing memikirkan soal konsep dasar. 

Cukup dengan menyesuaikan tren tersebut dengan produk yang ditawarkan sehingga para follower bisa merasa terlibat. Jangan lupa juga untuk mengajak mereka membuat konten yang sama agar bisa diunggah di akun media sosial masing-masing. 

3. Gambar Lucu atau Meme

Tak harus selalu serius, mengunggah konten berupa gambar lucu layaknya komik, meme, dan sejenisnya terbukti mampu meningkatkan jumlah pengikut di media sosial. Pasalnya, konten seperti ini kemungkinan besar bisa membuat para followers kamu merasa terhibur. Bahkan, banyak juga yang pasti menunggu postingan lucu berikutnya. 

Namun pastikan saja, bahwa gambar lucu yang diunggah memang relevan dan menarik sesuai bisnis yang dilakoni. Bukan hanya sekadar dianggap sebagai hiburan semata, gambar lucu seperti ini juga bisa digunakan untuk mengedukasi calon konsumen tentang produk yang dijual. 

Dengan begitu, mereka jadi semakin tahu apa saja keunggulan dan fungsi dari produk yang ditawarkan sehingga berminat untuk membelinya. Mengingat proses pembuatan gambar meme cukup sulit dilakukan jika tidak memiliki ilmu yang mumpuni.

Mungkin perlu untuk menyiapkan anggaran lebih untuk membuatnya. Baik itu membayar jasa ahli, berlangganan aplikasi, dan lain sebagainya. 

4. Quotes yang Penuh Motivasi

Ide Kreatif Konten Instagram

Banyak orang sangat menyukai berbagai quotes yang penuh motivasi dan menginspirasi. Apalagi, jika kata-kata tersebut memang relate dengan kondisi dan kehidupan saat ini. Namun ingat, setiap quotes yang dicantumkan harus tetap mencantumkan nama pembuatnya agar tidak dianggap plagiat. 

5. Kuis 

Cara membuat konten satu ini cukup mudah, kok. Coba saja susun beberapa pertanyaan singkat yang nantinya dibagikan kepada seluruh follower di akun bisnis Instagram tersebut. Namun pastikan setiap pertanyaan tersebut tak terlalu mudah ditebak sehingga bisa membuat follower kamu merasa penasaran. 

Ingat juga untuk tidak membuat pertanyaan yang terlalu rumit atau justru nyeleneh. Sebab, bisa saja mereka akan menganggap pertanyaan yang diberikan hanya sekadar gurauan semata. 

6. Tips dan Trik

Ide konten yang terakhir adalah konten life hacks. Salah satunya berbentuk tips dan trik untuk menyelesaikan masalah tertentu. Jika ingin lebih menarik, bisa dengan membuat konten berupa carousel yang memiliki beberapa slide dilengkapi visualisasi yang serasi. Jangan lupa juga untuk menyesuaikannya dengan konten terkait. 

Pastikan Konten Dibuat di Akun Bisnis Instagram

Sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan demi membuat suatu konten pada akun bisnis Instagram sehingga tampak semakin memikat. Satu hal yang paling penting adalah untuk memastikan bahwa konten tersebut tetap menarik dan relevan bagi calon konsumen sehingga mempengaruhi performa penjualan. 

Setiap ide konten yang telah diulas di atas terbukti efektif pada akun online shop di Instagram. Jadi, tak harus melulu mengunggah produk atau jasa yang ditawarkan saja. Nah, sekarang tak ada lagi kata sulit dan bingung lagi untuk mengkreasikan berbagai konten yang hendak diunggah pada akun online shop kamu. Tapi pastikan, konten tersebut tidak bersifat menyinggung SARA dan hal negatif lainnya, ya!

Baca Juga: