diferensiasi produk

Buat Bisnismu Semakin Maju dengan Diferensiasi Produk!

No comments

Diferensiasi produk atau pelayanan jasa dapat membuat bisnis kian berkembang, semakin unggul dan bertambah maju. Diferensiasi produk adalah faktor pembeda antara bisnismu dengan kompetitor lain yang dapat mendatangkan pengaruh signifikan bahkan keuntungan besar.

Diferensiasi produk mencakup usaha dalam menciptakan karakter, desain, harga, mutu, branding dan image yang sesuai dengan kriteria atau keistimewaan tertentu. Dari diferensiasi produk, calon pembeli dapat membedakan dan memilih produk yang menurut mereka lebih unik dan istimewa ketimbang produk serupa dari perusahaan kompetitor yang lain. 

Melalui diferensiasi produk atau pelayanan jasa, konsumen jadi bisa memilih dengan lebih mudah. Ini dikarenakan diferensiasi produk dapat menonjolkan keunikan dan karakteristik dari produk/ layanan bisnismu dengan lebih terperinci, serta menyentuh emosi atau sisi psikologis para konsumen untuk mempengaruhi keputusan pembelian mereka.

Contoh Diferensiasi Produk

Terdapat banyak contoh diferensiasi produk yang selama ini sudah dikenal luas oleh masyarakat. Untuk soft drink misalnya, siapa yang tak kenal dengan Sosro dan Coca Cola. Sama-sama minuman ringan, Coca Cola sudah diidentikkan sebagai minuman bersoda sementara Sosro adalah minuman berbahan dasar teh.

Demikian juga di ranah kosmetik, Emina, Wardah dan Make Over diketahui berasal dari satu perusahaan yang sama, yakni Paragon Technology and Innovation. Namun karena diferensiasi produk telah dilakukan, maka jalur pengembangan, promosi dan pemasarannya pun memiliki segmentasi yang tak lagi sama.

Contoh lainnya dari diferensiasi produk adalah Gojek dan Grab. Dengan berbagai layanan serta fitur yang ditawarkan, Gojek identik dengan Gopay sedangkan Grab menyediakan OVO.

Kedua fitur tersebut memudahkan konsumen untuk membayar non tunai. Kendati begitu, ada perbedaan signifikan dari layanan kedua kubu.

Diferensiasi Produk Berkaitan Erat dengan Customer Engagement

Strategi marketing meliputi banyak hal yang berkesinambungan satu sama lain. Namun semuanya berkaitan dan saling mendukung untuk memenuhi target dan orientasi bisnismu. Jika satu faktor tak berfungsi dengan baik, maka bisnis pun tak akan berjalan seimbang dan menjemput keberhasilan.

Kamu tak hanya harus menentukan segmentasi pasar serta menguasainya. Bisnismu pun harus bisa meraih keuntungan signifikan yang lebih besar daripada modal. Itulah sebabnya dibutuhkan teknik penjualan yang efektif, di mana diferensiasi produk menjadi faktor penentu penting dalam prosesnya. 

Sebagai bagian dari strategi pemasaran, diferensiasi produk dapat membantumu untuk lebih aware akan kebutuhan konsumen. Perlu diingat bahwa konsumen hanya akan membeli produk yang tak hanya memenuhi kebutuhan mereka, tapi juga sesuai selera serta karakter dan citra yang mewakili diri mereka.

Contoh umumnya, pribadi penggemar sport akan lebih tertarik membeli sepatu yang memperlihatkan image tersebut. Sementara pribadi sosialita akan berminat mengenakan produk yang menunjang citra sytlish dan kekinian mereka. Jadi pastikan diferensiasi produk yang Kamu lakukan sudah berfungsi untuk memenuhi kebutuhan calon pembelimu.

Adapun melalui diferensiasi produk, kamu dapat menjaga kualitas produk serta kreatif berinovasi. Hal ini diharapkan dapat membantu bisnismu mengoptimalkan customer engagement, menggalang konsumen setia yang akan kembali membeli darimu, menjadi pelanggan tetap, dan tidak melirik pesaing lain apalagi berbelanja dari mereka.

Fungsi Diferensiasi Produk

  • Memahami Kebutuhan Konsumen

Melakukan diferensiasi produk dapat membantumu lebih paham akan kebutuhan konsumen. Lakukan sejumlah riset terlebih dahulu untuk mengetahui dan menggali lebih lanjut terkait apa saja yang paling dibutuhkan konsumen. Dengan begitu, bisnismu dapat menghadirkan produk yang menjadi solusi dari kebutuhan mereka.

  • Menjaga Mutu Produk dan Membuatnya Lebih Mudah Dikenali

Diferensiasi produk juga berfungsi untuk menjaga konsistensi mutu produk di samping menginformasikan apa saja keunikan dan keunggulan dari produkmu. Setelah diinfokan kepada calon konsumen, diharapkan produkmu akan semakin mudah dikenali. Sehingga para konsumen pun dapat lebih selektif dan kritis dalam memilih, serta tertarik untuk membeli.

  • Menambah Value Bagi Kedua Belah Pihak

Tak hanya berfungsi untuk mengajak konsumen melakukan pembelian dan menggunakan produk. Diferensiasi produk harus bisa mendatangkan nilai tambah yang tinggi kepada produsen dan konsumen. 

Jika hendak ditinjau dengan kritis, konsumen tidak akan membelanjakan uang untuk membeli sesuatu yang tidak bermanfaat. Tentunya, mereka juga tidak akan menghabiskan budget besar untuk produk yang tak membuat bahagia/ tidak meningkatkan mutu hidupnya. Konsumen yang dipuaskan oleh mutu produkmu akan menambah tinggi nilai dan validitas  bisnismu.

  • Memaparkan Keistimewaan Produk

Dengan demikian, diferensiasi produk harus dapat memaparkan kelebihan, manfaat dan keistimewaan apa saja yang membuat produkmu lebih unggul dari toko sebelah. Ini berarti bahwa diferensiasi produk pun harus sanggup mempengaruhi keputusan konsumen. 

Misal, awalnya calon konsumen hendak membeli produk dari pesaingmu. Namun karena bisnismu lebih unggul dalam hal modifikasi diferensiasi produk, maka bukan tak mungkin konsumen pun jadi terpengaruh. Akhirnya mereka pun berubah pikiran dan beralih membeli produkmu. 

Terdapat sejumlah manfaat dari diferensiasi produk. Produk yang sudah dideferensiasi dapat tampak lebih unggul, unik dan berbeda dari produk lain yang menjadi saingannya.

Manfaat dari Diferensiasi Produk

Konsumen pun jadi lebih mudah untuk mengingat lantaran ada detail keistimewaan tersendiri yang menjadi pembeda. Hal ini akan menentukan hasil signifikan, terutama jika perusahaan hendak mendulang konsumen loyal sesuai segmentasi pasar yang dituju.

Di samping itu, diferensiasi produk dapat membuatmu menetapkan harga jual yang lebih tinggi, serta menciptakan taste atau image yang khas tersendiri ala produkmu. Dengan cara promosi serta pengemasan yang khas, produkmu dapat bermanfaat mengatasi kejenuhan pasar dengan semarak baru yang Kamu tawarkan.

Sebagai contoh, produk kosmetik yang mempunyai segmentasi pasar remaja akan lebih menarik minat pembeli jika dikemas dan dipromosikan sesuai selera dari segmentasi marketnya. 

  • Mencerminkan Keunggulan

Kemasan produk bisa didesain dengan image yang lebih fresh dan energik. Lain halnya jika segmentasi pasar yang disasar ialah perempuan dewasa muda di usia kuliah, wanita karir atau ibu rumah tangga. 

Contoh kontras lainnya bisa ditelaah dari berbagai produk smartphone yang ada. Umumnya terdapat tiga klasifikasi pembeda, yakni low end, mid end dan high end. Semakin canggih dan mutakhir spesifikasi teknologinya, akan semakin tinggi pula harganya. 

Namun tentu, tidak semua orang memerlukan smartphone dengan spesifikasi tinggi, storage luas atau kamera resolusi tinggi yang sangat berkualitas. Smartphone yang digunakan anak sekolah akan jelas berbeda dengan yang digunakan oleh pengusaha muda. 

Itulah sebabnya, para produsen di bisnis ini melakukan diferensiasi produk yang sesuai untuk memenuhi pasar yang mereka tuju. Dengan melakukan diferensiasi produk, maka angka penjualan pun bisa lebih ditingkatkan. 

Alhasil usahamu pun dapat meraih berbagai manfaat, terutamanya ialah laba yang lebih besar. Dengan kata lain, diferensiasi produk dapat mengoptimalkan bisnismu secara efektif dan efisien, membangun citra/ kredibilitas yang sesuai, serta terhindar dari salah sasaran yang mengakibatkan kerugian.

Tolok Ukur Diferensiasi Produk

  • Menjadi Ciri Khas

Kamu akan ingin memastikan produkmu tampak istimewa serta memiliki keunikan tersendiri yang tak mudah ditiru oleh pesaingmu. Sehingga diferensiasi produkmu haruslah menjadi trade mark yang membedakannya dari produk lain.

  • Terjangkau Sesuai Budget

Pastikan juga budget diferensiasi produk yang dilakukan masih terjangkau serta menguntungkan bisnis. Hindari dan pangkas biaya tidak perlu yang tak tepat sasaran.

Lainnya yang tak kalah penting, produkmu pun harus bermutu unggul. Jangan sampai pengemasan dan promosi dilakukan sebaik mungkin, namun kualitasnya tak memuaskan konsumen. 

  • Tampak Sebagai Solusi

Selalu perhatikan keunggulan produk. Pastikan produkmu menjadi solusi bagi kebutuhan konsumen serta sesuai dengan kepentingan mereka. Lalu kemaslah dengan penampilan yang mengesankan demikian; tampak sebagai solusi praktis dari kebutuhan konsumen.

Riset Pasar Secara Menyeluruh dan Mendalam

Bisnismu bisa maju dan berkembang setelah memetik manfaat optimal dari diferensiasi produk. Agar diferensiasi produk berfungsi  maksimal, lakukanlah riset pasar secara serius—dengan menyeluruh dan mendalam.

Bekali diri dengan pengetahuan dan wawasan luas terkait pangsa pasar bisnismu. Ini mencakup kultur konsumen, customer engagement yang memadai, hingga produk pesaing sebagai bahan pertimbangan dan perbandingan.

Pastikan agar produk yang telah didiferensiasi dapat ‘berbicara’ kepada konsumen yang tepat. Terlebih, produk pun harus bermanfaat mutlak bagi konsumen yang menjadi sasaranmu.

Idealnya, riset pasar dapat membuatmu mengetahui diferensiasi produk alias umpan efektif yang diperlukan untuk meningkatkan penjualan. Dengan begitu, Kamu dapat mengubah dan menentukan tema, desain kemasan, brand, bentuk, warna, bahan, harga, teknik pemasaran, promosi dll yang sesuai dengan keinginan serta kebutuhan segmentasi pasar, hingga sukses meraup keuntungan.

Baca Juga Artikel Lainnya: