hp disadap

Gak Perlu Panik, Begini Cara Cek HP Disadap

No comments

Mengatasi HP disadap menjadi satu hal yang cukup penting. Terlebih di era serba digital seperti saat ini, keamanan data pribadi harus benar-benar diJAGA. Karena banyak oknum tak bertanggung jawab yang bisa saja melakukan penyadapan tersebut untuk merugikan diri kita. 

Perkembangan teknologi saat ini memungkinkan penyadapan bisa dilakukan dengan cukup mudah dengan bantuan aplikasi gratis. Alasan, target sasaran, dan modusnya sendiri pun beragam, dari mulai masalah pribadi hingga iming-iming promosi yang menjurus ke arah penipuan.

Buat kamu yang ingin membuat data pribadi menjadi lebih aman dari masalah penyadapan, tak ada salahnya untuk menyimak ulasan singkat berikut ini. 

Cara Mengecek HP Disadap

Mengatasi HP yang disadap sebetulnya bukan hal yang sulit. Namun, kamu perlu mengetahui cara cek HP disadap terlebih dahulu. Mudah saja, berikut tanda-tanda HP yang telah disadap.

1. Baterai Cepat Habis

HP yang sudah disadap ditandai dengan borosnya baterai HP meski jarang digunakan. Ini disebabkan karena tanpa disadari, HP tak hanya digunakan oleh pemiliknya saja tapi ada orang lain juga yang turut menggunakannya. 

Karenanya, wajar jika daya baterai HP sangat boros dan cepat habis. Selain itu, suhu HP juga lebih cepat panas meski tidak digunakan untuk aktivitas apapun, hal ini ada kaitannya dengan proses penyadapan yang sedang dilakukan.

2. Gangguan Volume Suara pada Saat Panggilan Telepon  

Saat HP yang kamu gunakan sedang disadap, maka akan ada banyak aktivitas yang cukup aneh terjadi. Mulai dari suara bergema, berisik, hingga volume panggilan telepon yang terkadang naik turun tidak jelas.

Bahkan tak jarang saat sedang melakukan panggilan telepon, sambungan tiba-tiba terputus tanpa sebab. Jika tidak ada masalah serius pada HP atau baterai, maka ini bisa jadi tanda yang cukup jelas bahwa terjadi aktivitas penyadapan di HP-mu.

3. Susah Sinyal 

Ciri selanjutnya yang bisa menjadi tanda bahwa HP sedang disadap adalah sulitnya mendapatkan sinyal meskipun kamu berada di wilayah dengan akses sinyal yang bagus, kuat, dan stabil. 

Kondisi ini disebabkan adanya aktivitas penyadapan sehingga mengakibatkan sinyal HP hilang atau terputus. 

4. Kuota Internet Habis Lebih Cepat

Ketika kuota internet jadi lebih cepat habis dari biasanya meski penggunaannya terbilang cukup wajar, ini bisa jadi tanda HP-mu tengah disadap oleh oknum tidak bertanggung jawab. Ini karena penyadap juga memerlukan koneksi internet dari HP-mu agar bisa mengirimkan informasi ke server yang lain. 

5. Meski Belum Dibuka, Pesan Masuk Sering Sudah Terbaca 

Tanda lainnya yang cukup jelas ketika HP disadap adalah pesan masuk yang sudah dibaca padahal belum ada yang membukanya. Jika demikian, penting untuk tahu bagaimana mengatasi HP disadap lebih lanjut. 

Pasalnya, pesan yang masuk tersebut telah dibaca lebih dulu oleh penyadap.

6. Kerap Salah Sambung Saat Melakukan Panggilan Telepon 

Jika kamu sering salah sambung ketika melakukan panggilan telepon kepada seseorang, padahal nomor tujuan tidak keliru bisa jadi ini merupakan tanda bahwa HP telah disadap. Hal ini terjadi karena penyadap mengacaukan jaringan panggilan, sehingga membuatnya tersasar.

Tips Mudah Mengatasi HP yang Disadap

Tips Mudah Mengatasi HP yang Disadap

Pernah mengalami tanda-tanda yang sudah dijelaskan di atas atau justru sedang mengalaminya sekarang? Sebagai pengguna smartphone, kamu tentu harus lebih cerdas dalam melindungi keamanan ponsel.

Oleh karena itu, ketahui cara mengatasi HP disadap berikut ini.

1. Cek Kembali Penggunaan VPN 

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi HP yang disadap ialah dengan mengecek kembali penggunaan aplikasi VPN di ponsel. Virtual Private Network atau VPN memang menawarkan kemampuan untuk mengenkripsi koneksi jaringan internet yang kamu gunakan. 

Selain bisa memperbesar risiko pengambilalihan atau penyadapan di HP, penggunaan VPN juga membuat HP lebih rentan mengalami peretasan data pribadi pengguna. Karenanya, lebih cermat lah saat memilih aplikasi VPN dan jika memungkinkan batasi penggunaannya.

2. Minta Bantuan Call Center 

Cara mudah mengatasi penyadapan HP dan gak bikin repot adalah menghubungi nomor call center dari operator seluler yang digunakan. Umumnya, pihak operator seluler memiliki software khusus dan andal yang mampu mendeteksi aktivitas penyadapan yang terjadi di HP dan kemudian memutuskannya.

Pastikan bahwa nomor yang dihubungi memang benar-benar nomor milik dari call center provider tersebut. Pasalnya, saat ini banyak nomor-nomor asing yang melakukan penipuan yang berkedok call center. 

3. Lakukan Factory Reset 

Pilihan selanjutnya untuk mengatasi masalah HP yang disadap adalah dengan melakukan reset ulang atau factory reset pada HP. Cara ini memang agak sedikit kurang nyaman, pasalnya seluruh data maupun aplikasi yang terinstall di HP akan terhapus semuanya. Namun cara ini cukup ampuh dalam mengatasi HP yang disadap, sebab hidden app yang dipakai untuk menyadap ponsel milikmu akan ikut terhapus. Dengan begitu aktivitas penyadapan HP akan berhenti semuanya. 

Cara ini bisa jadi alternatif terakhir untuk mengatasi HP yang disadap agar benar-benar bersih dari penyadapan. Hal ini dilakukan karena aktivitas penyadapan HP cukup sulit dideteksi, karena aplikasi yang digunakan biasanya cukup canggih.

Sebelum melakukan factory reset, pastikan untuk melakukan backup data terlebih dulu. Agar data-data penting di HP tidak ikut terhapus saat reset ulang dilakukan. 

4. Menghentikan Penyadapan WhatsApp di HP

Jika akun WhatsApp milikmu mulai memperlihatkan tanda-tanda tidak wajar, bisa jadi ada orang yang tengah mengintai kamu. Tanda-tandanya seperti sering online tapi HP sedang off atau tak digunakan, kerap mengirimkam pesan-pesan yang aneh, dan lain sebagainya. 

Untung saja, mengatasi HP yang aplikasi WA-nya disadap bukan hal yang sulit dilakukan karena kamu bisa melogout akun tersebut dari WhatsApp Web.

WhatsApp Web merupakan fitur yang memungkinkan penggunanya untuk melihat apa saja perangkat yang sedang terhubung dengan akun WhatsApp milik kamu. Jika terlihat ada perangkat tersambung namun kamu tidak mengenalinya, maka kamu bisa segera mengeluarkannya secara paksa melalui fitur ini.

Tanggap dan Jeli Terhadap Aktivitas Apapun di HP, Agar Keamanannya Selalu TerJAGA

Ketika terdapat aktivitas tidak wajar pada HP, kamu patut waspada. Karena mungkin saja, HP sedang disadap oleh seseorang yang tidak bertanggung jawab. Cara cek HP disadap dan mengatasinya pun cukup mudah, kamu bisa melakukannya sendiri atau meminta bantuan dari operator seluler. 

Pastikan untuk selalu tanggap dengan masalah apapun yang terjadi pada HP, agar risiko penyadapan atau masalah lainnya bisa diatasi lebih dini. Semoga bermanfaat! 

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.