Ganti Hp Baru? Perhatikan 8 Hal Ini Sebelum Beli Smartphone Agar Tidak Menyesal

No comments

Ada banyak alasan mengapa seseorang menginginkan untuk membeli ponsel baru. Sebagian besar karena memang smartphone lama sudah tidak bisa memberikan performa maksimal, tetapi ada juga yang dikarenakan hanya tergiur dengan model yang baru.

Di pasaran Indonesia sendiri ada begitu banyak merk ponsel yang diperjualbelikan. Mulai dari pemain lama seperti Samsung hingga para pendatang baru dari Tiongkok seperti Xiaomi, Vivo, dan Oppo. Merk-merk ini pun selalu bersaing untuk menghadirkan model-model terbaru dengan spesifikasi yang beragam.

Namun sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Jangan sampai hanya karena tergiur dengan iklan, kamu langsung membeli tanpa memperhatikan berbagai aspek lainnya.

Nah, agar tidak ada penyesalan, berikut rangkumkan hal-hal yang wajib diperhatikan ketika kamu akan membeli ponsel baru agar tidak salah beli dan menyesal dikemudian hari.

1. Budget

Budget yang dimiliki

Sebelum memutuskan untuk membeli ponsel baru, hal terpenting yang harus dipertimbangkan adalah berapa banyak biaya yang rela dikeluarkan untuk membeli gawai. Hal ini sangat penting untuk melihat spesifikasi gawai seperti apa yang akan didapat.

Harga smartphone sangat beragam. Mulai dari yang harganya ratusan ribu sampai puluhan juta. Ini tentu juga sebanding dengan kelas ponsel dan juga fitur yang dibawakan.

Secara garis besar, ada tiga kategori ponsel yang dijual di pasaran. Ketiganya adalah ponsel entry level yang dibanderol dengan kisaran harga Rp1 jutaan sampai Rp 2 jutaan, kemudian middle-level dengan dibanderol sekitar Rp 3 jutaan sampai Rp 6 jutaan, dan kasta tertinggi kelas flagship yang harganya diatas Rp 7 juta.

Dengan mengetahui berapa banyak budget yang dimiliki, kamu akan lebih mudah dalam menentukan pilihan ponsel mana yang paling sesuai. Selain itu, calon pembeli juga tidak perlu diliputi rasa bimbang sehingga dapat menghemat waktu.

2. Kapasitas RAM dan ruang penyimpanan

Hal berikutnya yang harus diperhatikan sebelum membeli ponsel adalah kapasitas RAM dan ruang penyimpanan yang ditawarkan. Hal ini sangat penting karena sebagian besar aplikasi saat ini memiliki ukuran yang cukup besar.

RAM yang berukuran besar tentu membuat kamu bisa lebih leluasa dalam mengoperasikan gawai. Jika sekadar ingin menggunakan ponsel untuk aktivitas harian normal dengan lancar, setidaknya kamu memilih ponsel dengan RAM minimal 2GB atau 3GB agar lebih mulus.

Performa gawai akan semakin maksimal jika ruang penyimpanan yang dibawakan juga besar. Dengan ruang penyimpanan yang besar, tidak hanya bisa menyimpan banyak aplikasi tetapi juga beragam file termasuk foto dan video.

3. Fitur smartphone

Fitur smartphone

Fitur ponsel juga menjadi hal yang wajib untuk dipertimbangkan. Pasti akan sangat menyesal jika fitur yang dibutuhkan ternyata justru tidak ada pada ponsel yang baru dibeli. Jadi, sebelum berangkat untuk membeli, tentukan dulu fitur apa saja yang diinginkan.

Misalnya saja jika kamu adalah konten kreator, tentu sektor kamera harus memiliki spesifikasi yang mumpuni. Selain itu, tentu fitur tambahan seperti penstabil gambar , baik itu optical image stabilization (OIS) atau electronic image stabilization (EIS).

4. Kapasitas baterai

Selain ukuran RAM dan ruang penyimpanan, kapasitas baterai juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Sebab, meskipun memiliki jeroan yang mumpuni, jika kapasitas baterai yang dibekalkan kecil dan boros tentu akan mengganggu kenyamanan saat mengoperasikannya.

Kapasitas baterai yang dibawakan pada ponsel sangat beragam dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Saat ini, ponsel-ponsel dengan spesifikasi mumpuni juga sudah dibekali dengan kapasitas baterai yang cukup besar.

Semakin besar kapasitas baterai, maka gawai akan bisa digunakan lebih lama. Akan semakin baik jika ponsel dilengkapi dengan fitur fast charging agar proses pengisian daya lebih cepat.

5. Prosesor dan sistem operasi ponsel

Prosesor diibaratkan otak pada sebuah gawai. Jika ingin memiliki gawai yang gahar, tentu prosesor yang dibekalkan juga harus mumpuni. Beberapa merk yang sering digunakan pada ponsel diantaranya adalah MediaTek, Qualcomm, dan Exynos.

Masing-masing merk tersebut biasanya memiliki prosesor dengan segmentasi kelas yang berbeda-beda. Untuk mendapatkan performa terbaik, pilihlah prosesor yang paling tinggi di kelasnya.

Tidak hanya itu, sistem operasi ponsel juga wajib menjadi pertimbangan. Usahakan untuk membeli ponsel yang memiliki sistem operasi terbaru atau setidaknya yang mendapat jaminan akan mendapatkan pembaruan OS. Hal ini penting karena berhubungan dengan performa gawai yang akan didapat.  

6. Bentuk fisik

Bagi sebagian orang, ponsel tidak hanya berguna sebagai alat komunikasi tetapi juga untuk menunjang penampilan. Itulah mengapa bentuk fisik dari sebuah gawai menjadi sangat penting.

Namun selain karena hal itu, bentuk fisik dari smartphone menjadi penting karena ini berdampak pada kenyamanan saat ponsel digunakan. Selain desain dan warna, dimensi hingga bobot gawai pun harus dipertimbangkan.

7. Bandingkan harga

Bandingkan harga

Bagi sebagian orang, brand sebuah ponsel memiliki pengaruh besar dalam pertimbangan untuk membeli ponsel. Jika berkantong tebal tentu memiliki smartphone berspesifikasi tinggi dengan brand ternama bukan hal yang sulit.

Tetapi jika kantong tidak mendukung, selalu ada merk smartphone lain yang mengusung spesifikasi sama tetapi harga yang ditawarkan lebih murah. Jangan sampai terjadi penyesalan saat membeli gawai karena baru mengetahui ternyata dengan harga yang sama kamu bisa mendapat ponsel dengan spesifikasi tinggi untuk merk yang berbeda.

Selain itu, membandingkan harga ponsel yang sama di beberapa toko juga perlu dilakukan. Meski biasanya harga pasarannya sama, namun beberapa toko biasanya menawarkan diskon atau bonus yang berbeda kepada pembeli.

8. Garansi

Secara garis besar, ponsel memiliki beberapa dua jenis garansi yang berbeda, yakni garansi resmi dan garansi distributor. Garansi resmi ini dimiliki oleh ponsel yang dijual dan didistribusikan secara resmi dan sudah menjalin kerja sama dengan perusahaan produsen.

Untuk bisa mendapatkan klaim garansi ini bisa langsung ke service center dari merk yang bersangkutan. Sementara untuk garansi distributor biasanya merupakan gawai yang dibeli di negara lain lalu dijual kembali di Indonesia. Klaim garansinya hanya bisa dilakukan di toko tempat membeli atau service center distributor.

Memastikan ponsel memiliki garansi ini penting karena sebagai barang elektronik, smartphone rentan mengalami kerusakan. Jadi jika gawai bermasalah saat masih dalam masa garansi, kamu bisa lebih hemat. Garansi ini biasanya berkisar antara 1 sampai 2 tahun

Kredit Hp Bisa Jadi Pilihan

Sekarang ini memang Hp sudah menjadi kebutuhan setiap orang, sebab dengan Hp bukan hanya untuk komunikasi saja, tapi kerjaan juga bisa diselesaikan dengan Hp pintar tersebut. Bagi kamu yang saat sedang butuh Hp baru, kamu bisa membeli sesuai budget atau juga bisa dengan kredit Hp. Dengan begitu, kamu bisa membeli Hp sesuai dengan spesifikasi yang diinginkan. Tak perlu bingung, kamu bisa beli atau cicil hp di merchant-merchant indodana. Selain mudah, kamu juga bisa mendapatkan promo menarik.

Promo Belanja Elektronik

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.