apple ipad mini

iPad Mini 2021, Tablet Gahar yang Ramah Lingkungan

No comments

Jelang akhir tahun, Apple merilis sejumlah gawai terbarunya. Tidak hanya iPhone 13 series, raksasa teknologi Amerika Serikat ini juga meluncurkan Apple iPad mini yang memiliki layar lebih luas. Sebagai produk dari Apple, tentu iPad mini bukan sekadar tablet biasa.

Ada begitu banyak fitur yang dibekalkan pada Apple iPad mini yang siap untuk menemani berbagai aktivitas. Mulai dari menyelesaikan proyek hingga bermain game, semua bisa dilakukan dengan perangkat ini.

Sejumlah peningkatan pun dibenamkan Apple pada gawai terbarunya ini. Mulai dari layar lebih besar hingga penggunaan chipset terbaru A15 Bionic yang membuatnya memiliki kekuatan mumpuni dengan ukuran yang cukup mini.

Mulai dari melakukan multi-tasking hingga membuka aplikasi dengan grafis berat bisa dilakukan iPad mini dengan mudah. Sektor kamera juga dibekali fitur CenterStage yang akan memastikan penggunanya selalu ada dalam frame.

Apple Pencil juga dihadirkan untuk membuat penggunanya semakin mudah menulis catatan atau membuat sketsa saat ide tiba-tiba muncul. Tentu saja ada dukungan jaringan 5G yang dibawakan untuk iPad mini yang mendukung seluler.

Tetapi dengan segala kelebihan tersebut, harga yang dipatok untuk gawai ini terbilang cukup menguras kantong. Nah jika kamu berminat untuk membeli, berikut spesifikasi lengkap dan harga Apple iPad mini.

Body Mini yang Ramah Lingkungan

Jika kamu menginginkan sebuah tablet yang memiliki ukuran tidak terlalu besar, iPad mini menjadi pilihan yang tepat. Secara ukuran, dimensi body dari seri ini hanya 195,4 x 134,8 x 6,3 mm. Sedangkan bobotnya mencapai 293 gram untuk versi Wi-Fi dan 297 gram untuk versi yang bisa menggunakan jaringan seluler.

Untuk kamu yang sangat peduli dengan lingkungan, Apple mengklaim jika gawai ini menggunakan bahan 100 persen alumunium daur ulang. Itu berarti, bahan pembuatan tablet ini lebih ramah lingkungan. 

Bahan alumunium pada iPad mini digunakan sebagai bingkai dan juga untuk bagian belakang. Hal ini tentu membuat tablet akan terasa kokoh saat berada dalam genggaman. iPad mini juga dihadirkan dengan empat pilihan warna menarik, yakni starlight, ungu, pink dan abu-abu. 

Sebagai sebuah tablet, iPad mini juga dibekali dengan sebuah kamera di bagian belakang. Sementara untuk bagian depan, layarnya masih memiliki bezel cukup lebar. Tidak lupa ada sebuah kamera depan yang disematkan pada bagian tengah atas.

Konektor dan tombol yang ada pada iPad mini terbilang cukup lengkap. Di bagian atas, diletakkan tombol sensor Touch ID , speaker dan volume. Sedangkan di bagian bawah ada speaker stereo dan konektor USB-C. 

Sementara di bagian kanan pada model seluler terdapat slot untuk nano-SIM dan konektor magnetis untuk Apple Pencil.

Bawakan Layar Liquid Retina yang Anti Sidik Jari

Seuai dengan namanya, layar iPad mini memang lebih kecil dibanding dengan iPad biasa. Apple memasangkan layar Liquid Retina 8,3 inci untuk seri ini. Sementara tingkat kecerahan yang dibekalkan pada iPad mini sudah mencapai 500 nit. 

Saat menggunakan perangkat ini, pengguna juga akan disuguhi dengan gambar yang menarik. Sebab, iPad mini memiliki rentang warna yang luas. Apalagi, resolusi layar yang dibawakan mencapai 2266 x 1488 dengan 326 ppi.

Layar ini juga memiliki lapisan anti reflektif yang akan membuat refleksi jadi berkurang. Selain itu, ada pula lapisan oleophobic anti sidik jari yang akan membuat layar tetap terlihat bersih. Tidak hanya itu saja, layarnya pun telah mendukung Apple Pencil (generasi kedua).

Performa Kencang, Mulus untuk Tugas Berat

Meski memiliki ukuran kecil untuk sebuah tablet, tetapi performa yang dihasilkan tidak boleh diremehkan. Kehadiran chip A15 Bionic sebagai otak pada perangkat ini mampu membuatnya jadi sangat bertenaga. Apalagi dengan dukungan CPU 6-core dan grafis 5-core.

Hal ini tentu membuat penggunanya bisa dengan bebas membuka beragam aplikasi hingga multitasking tanpa hambatan. Apalagi RAM yang dibenamkan Apple pada perangkat ini sudah 4 GB dengan pilihan penyimpanan internal 64 GB dan 256 GB.

Jeroan yang kencang dengan dukungan RAM dan memori penyimpanan besar tentu membuat gawai ini bisa diandalkan untuk mengerjakan berbagai aktivitas berat. Misalnya untuk mengedit foto dengan Photoshop, membuat sketsa, atau mengerjakan tugas lainnya.

Untuk bermain game pun, iPad mini mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan. Game-game mobile populer seperti Genshin Impact, PUBG mobile, dan Mobile Legend bisa dimainkan dengan lancar tanpa hambatan. Baterainya pun tidak cepat panas.

Untuk sistem operasi, Apple telah membenamkan iPadOS 15 pada iPad mini. OS ini dihadirkan dengan beragam fitur canggih serta aplikasi bawaan yang akan memaksimalkan kemampuan dari iPad.

Tidak ketinggalan, fitur pengaman biometrik juga disematkan pada seri ini. Ada Touch ID yang akan membantu mengamankan data pribadi dalam iPad. 

Sementara untuk koneksinya, iPad mini hadir dalam dua pilihan. Apple menyediakan iPad mini yang hanya didukung Wi-fi dan model yang mendukung Wi-Fi serta seluler. Menariknya, jaringan selulernya sudah mendukung 5G sedangkan jaringan nirkabel menggunakan WiFi 6 yang lebih kencang.

Untuk mempermudah penggunanya dalam bekerja maupun berkreasi, iPad mini juga sudah mendukung Apple Pencil generasi kedua. Apple Pencil ini juga cukup praktis saat digunakan. Kamu hanya perlu mengetuk dua kali di batangnya dan akan berganti ke alat lain, misalnya penghapus atau penyorot.

Bawa Fitur CenterStage di Kamera Depan

Meski bukan sebagai jualan utama, tetapi tampaknya Apple tidak lantas membuat sektor kamera iPad mini asal-asalan. Satu buah kamera yang ditanamkan pada bagian belakang menggunakan lensa wide 12 MP dengan bukaan f/1.8.

Kamera ini sudah dilengkapi dengan beragam fitur menarik yang cukup mampu mengakomodasi kebutuhan penggunanya untuk fotografi. Mulai dari panorama, penstabilan gambar otomatis, mode beruntun, hingga koreksi mata merah.

Sementara untuk perekaman video, kamera iPad mini sudah mampu merekam video hingga 4K. Ada juga dukungan video slo-mo yang akan membuat hasil rekaman video lebih menarik. Ada juga penstabilan video sinematik yang membuat pengalaman lebih menyenangkan.

Saat kondisi pencahayaan di sekitar kurang baik, ada Quad-LED dual-tone flash yang siap membuat exposure meningkat. Soal hasilnya, kamera belakang iPad mini sudah mempu menyajikan foto dengan kualitas baik dengan hasil cukup tajam.

Sementara untuk bagian depan, ada kamera ultra wide 12 MP yang dapat menangkap gambar hingga sudut 122 derajat. Berbagai fitur seperti penstabilan video sinematik, Live Photo, hingga video selang waktu dengan penstabilan juga dihadirkan pada seri ini.

Hal menarik dari kamera depan ini adalah, kamera bisa bergerak secara otomatis mengikuti saat kamu berpindah tempat. Hal ini dikarenakan kamera depan sudah memiliki fitur CenterStage yang akan memastikan penggunanya tetap masuk ke dalam frame meski posisinya agak bergeser.

Baterai Bertahan 10 Jam untuk Browsing

Berapa besar kapasitas baterai yang digunakan tidak disebutkan oleh Apple. Tetapi Baterai tersebut diklaim sudah mampu mendukung beragam aktivitas iPad mini selama berjam-jam. Jika hanya digunakan untuk membuka berbagai situs atau menonton video melalui Wi-Fi, baterai dapat bertahan hingga 10 jam.

Sementara jika menggunakan jaringan seluler, untuk aktivitas menjelajah browser hanya bisa bertahan selama 9 jam. Jika baterai habis, kamu bisa mengisinya kembali dengan mengunakan adaptor daya atau USB Type-C.

Tablet Mini dengan Harga Tinggi

Soal harga, banyak yang mengatakan jika tablet besutan Apple ini cukup menguras kantong. Pasalnya, untuk satu buah iPad mini dengan ruang penyimpanan 64 GB dibanderol dengan harga sekitar Rp8 jutaan. Sementara untuk yang memiliki memori 256 GB, harga yang ditawarkan bahkan mencapai Rp11 jutaan.

Untuk sebuah tablet, harga dari iPad mini ini memang cukup tinggi. Tetapi bagi yang berkantong tebal, harga ini akan sepadan dengan kualitas dan keamanan yang ditawarkan oleh produk besutan Apple ini.

Tablet Praktis untuk Menunjang Pekerjaan dan Tugas Sekolah

Memiliki jeroan serupa dengan iPhone 13 series membuat performa yang ditawarkan oleh iPad mini tidak kalah gesit. Tablet besutan Apple itu sanggup digunakan untuk mengerjakan berbagai aktivitas dengan grafis lumayan berat dengan mulus.

Ditambah lagi, iPad mini sudah dilengkapi dengan Apple Pencil generasi kedua yang akan semakin memudahkan penggunanya. Kamu bisa dengan gampang menuangkan ide apa pun yang tiba-tiba muncul atau membuat catatan saat ada rapat dadakan yang harus dihadiri.

Spesifikasi yang ditawarkan iPad mini membuatnya sangat cocok untuk para desainer yang harus menuangkan ide cemerlangnya setiap saat. Bagi para pelajar, tablet ini juga cocok dijadikan teman untuk mengerjakan berbagai tugas sekolah dan kuliah.

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.