oven listrik

Hobi Masak? 7 Oven Listrik Murah Ini Bisa Jadi Teman Dapur Tepat!

No comments

Pandemi Covid-19 telah membuat sebagian orang menjadi lebih kreatif dan menemukan bakat baru yang selama ini tidak pernah disadari. Salah satunya adalah memasak. Semenjak pandemi, sepertinya orang-orang jadi lebih punya banyak waktu untuk melakukan eksplorasi dapur.

Hobi baru ini pun membuat sebagian orang rela untuk mengeluarkan biaya tambahan guna membeli berbagai peralatan dapur. Salah satu yang cukup banyak dicari adalah oven. Peralatan dapur satu ini memang sangat berguna untuk urusan masak memasak. 

Tidak hanya untuk memanggang kue, fungsi oven sebenarnya cukup banyak. Kamu bisa memanfaatkan peralatan elektronik dapur ini untuk memanggang atau membakar ikan, daging, ayam dan berbagai makanan lainnya.

Di pasaran, ada beberapa jenis oven yang ditawarkan, di antaranya adalah oven listrik dan oven yang menggunakan bahan bakar gas. Masing-masing oven ini memanfaatkan energi dari listrik dan gas untuk kemudian diubah menjadi panas untuk dimanfaatkan dalam proses memasak.

Jika dibandingkan dengan oven gas, oven listrik memiliki beberapa keunggulan. Di antaranya desain yang ergonomis sehingga bisa diletakkan di tempat yang sempit sekalipun asal ada sumber listrik. 

Selain itu, oven listrik biasanya juga sudah dibekali dengan berbagai fitur canggih yang membuat proses memasak jadi lebih mudah. Kamu tidak lagi perlu repot menunggu di depan oven untuk memastikan apakah makanan sudah matang atau belum Cukup mengaktifkan pengaturan waktu dan oven akan berbunyi jika makanan sudah matang.

Nah, jika kamu sedang mencari oven listrik untuk melengkapi peralatan dapur, berikut beberapa merk yang bisa dijadikan pilihan.

1. Denpoo DEO-18T

Oven listrik pertama yang bisa kamu pilih untuk melengkapi kebutuhan dapur adalah Denpoo DEO-18T. Dengan harga cukup terjangkau berkisar antara Rp 500 ribuan sampai Rp 600 ribuan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah peralatan memasak yang canggih. 

Oven ini membutuhkan daya 950 W dan angkauan suhunya juga cukup besar yang bisa diatur mulai dari 100 sampai 250 derajat celcius. Jadi, kamu bisa lebih leluasa dalam memasak berbagai jenis makanan.

Tetapi dengan harga terjangkau yang ditawarkan, ukuran dari oven ini juga tidak bisa terlalu besar, yakni hanya berkapasitas 18 liter saja. 

2. Mito MO-999

Oven listrik berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Mito MO-999. Produk dari Mito ini dibanderol dengan harga lebih mahal dari Denpoo DEO-18T, yakni sekitar Rp 700 ribuan sampai Rp 900 ribuan.

Dengan harga yang ditawarkan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah oven dengan kapasitas 25 liter. Selain itu, alat elektronik dapur ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai kecanggihan yang semakin memudahkan saat memasak.

Misalnya, keberadaan fitur diamond shape alumunium cavity yang membuat oven dapat menghasilkan panas yang lebih rata. Selain itu, jika kamu gemar makan ayam, oven ini juga bisa digunakan untuk memanggang ayam lebih merata berkat rotisserie pick.

Fitur lainnya adalah sudah dilengkapi pengatur waktu otomatis lengkap dengan bell ring. Ini akan membuat kamu tahu jika masakan sudah matang. 

Suhu pada alat elektronik dapur ini berkisar antara 100 sampai 20 derajat celcius. Sementara untuk daya listrik yang dibutuhkan sekitar 350-700 watt.

3. Maspion MOT-500

Oven listrik rekomendasi ketiga adalah Maspion MOT-500. Sebagai salah satu produsen peralatan dapur yang sudah terpercaya, Maspion menghadirkan sebuah oven dengan harga sangat terjangkau, yakni sekitar Rp 200 ribuan sampai Rp 300 ribuan saja.

Dengan harga yang ditawarkan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah oven yang hemat daya. Untuk bisa menggunakannya, kamu hanya membutuhkan daya 500 watt saja. Jadi tidak lagi perlu khawatir tagihan listrik membengkak saat membeli alat ini.

Desainnya juga cukup cantik sehingga bisa menambah estetika di dapur. Jendelanya dibuat menggunakan kaca bening dan tahan panas sehingga membuat penggunanya bisa lebih leluasa untuk mengawasi selama proses memanggang.

Memasak makanan juga bisa dilakukan bersama hal lain karena oven ini sudah dilengkapi pengatur waktu otomatis. Ini akan membuat kamu terhindar dari risiko masakan gosong karena kelupaan.

4. Cosmos CO-9919 R

Oven listrik berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Cosmos CO-9919 R. Memiliki pengalaman bertahun-tahun membuat peralatan rumah tangga membuat Cosmos mampu menghadirkan sebuah oven dengan harga terjangkau, yakni sekitar Rp 400 ribuan sampai Rp 500 ribuan saja.

Dengan harga yang ditawarkan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah oven yang hemat daya. Untuk bisa menggunakannya, kamu hanya membutuhkan daya 350 watt saja. Jadi tidak perlu khawatir tagihan listrik membengkak saat menggunakan alat ini.

Memiliki kapasitas 19 liter, oven ini menggunakan elemen stainless steel yang dapat menghasilkan panas merata. Selain itu, ada juga BBQ Rotisserie Pick yang akan membuat proses pemanggangan ayam matang sempurna. Oven juga dilengkapi dengan 2 rak kue dan rak besi.

5. Oxone OX-858BR 4-in-1

Jika berbicara soal peralatan dapur, Oxone tampaknya selalu menjadi salah satu yang dibicarakan, termasuk oven listrik Oxone OX-858BR 4-in-1. Meski dikenal dengan produsen alat dapur profesional, pada seri ini Oxone menawarkan produknya di kisaran harga Rp 700 ribuan sampai Rp 900 ribuan saja.

Sesuai dengan namanya, Oxone memang membuat oven listrik ini memiliki banyak fungsi sekaligus. Selain untuk memanggang atau membakar, oven ini juga mampu digunakan untuk memanaskan dan mencairkan makanan.  

Daya yang diperlukan untuk bisa menggunakan peralatan dapur ini hanya 680 watt. Selain itu, oven berkapasitas 18 liter ini juga sudah dilengkapi dengan rottiseries pick yang akan membuat makan matang dengan sempurna. Suhu maksimal yang bisa digunakan pada oven ini mencapai 250 derajat celcius.

6. Sharp EO-28LP

Oven listrik berikutnya yang bisa dijadikan pilihan adalah Sharp EO-28LP. Sebagai salah satu vendor peralatan dapur yang sudah terpercaya, Sharp selalu memiliki jaminan terhadap produk yang dibuatnya, termasuk oven ini. Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau yakni sekitar Rp 600 ribuan sampai Rp 700 ribuan saja.

Dengan harga yang ditawarkan, kamu sudah akan mendapatkan sebuah oven yang canggih dan multifungsi, seperti toast, grill, bake, hingga roast. Alat ini juga memiliki kapasitas 28 liter sehingga bisa digunakan untuk memasak dalam jumlah banyak. Namun dengan kapasitas yang cukup besar, daya yang dibutuhkan untuk oven listrik ini mencapai 1500 watt.

Oven ini menggunakan elemen stainless steel yang dapat menghasilkan panas merata. Ada juga pilihan untuk menggunakan pemanas atas, bawah atau keduanya. Selain itu, terdapat timer  hingga 60 menit yang bisa digunakan untuk membuat masakan matang di waktu yang tepat. 

7. Kirin KBO-190LW

Rekomendasi oven listrik terakhir dengan harga terjangkau adalah Kirin KBO-190LW. Kirin juga telah menjadi salah satu produsen peralatan rumah tangga yang selalu menghadirkan produk berkualitas dan oven ini salah satunya

Dibanderol dengan harga sekitar Rp 500 ribuan sampai Rp 750 ribuan, oven listrik ini sudah dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan dalam proses memasak. Di antaranya adalah lampu indikator, tombol untuk mengontrol pengoperasian elemen panas, hingga timer otomatis sampai 60 menit.

Suhu maksimal dari oven ini mencapai 250 derajat celcius sehingga bisa digunakan untuk memanggang berbagai makanan sesuai dengan kematangan yang diinginkan. Selain itu, oven berkapasitas 19 liter ini dilengkapi dengan dinding lapis ganda berdaya rendah.

Nah, itu tadi tujuh oven listrik dengan harga di bawah Rp 1 juta yang bisa dijadikan pilihan untuk melengkapi peralatan dapur kamu. Meski harganya cukup terjangkau, tetapi oven-oven tersebut sudah mampu memberikan kualitas yang terjamin.

Meski begitu, ada baiknya jika kamu menyesuaikan dengan kebutuhanmu sebelum membelinya. Mulai dari kapasitas, harga, fitur yang diinginkan, serta membelinya di tempat yang terpercaya.

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.