Daripada Nonton Doang, Mending Hasilkan Cuan dari TikTok dengan 8 Cara Ini!

No comments

Saat ini TikTok menjadi salah satu platform sosial media dengan pertumbuhan paling cepat di dunia. Meningkatnya popularitas platform ini, tidak sedikit pula yang kemudian bertanya-tanya bisakah platform tersebut menghasilkan cuan yang tak jauh berbeda dengan YouTube maupun Instagram?

Meski memang, sistem cuan dari TikTok bukanlah dari videonya sebagaimana video yang diunggah ke Youtube. Namun, masih ada sejumlah strategi yang bisa kamu coba untuk menghasilkan cuan dari platform TikTok.

Penasaran bagaimana cara hasilkan cuan dari TikTok? Dirangkum dari berbagai sumber, simak dulu ulasan berikut selengkapnya!

1. Jadi Seorang Influencer

Jadi influencer

Dilansir dari Iconosquare, sebuah platform analitik, cara pertama hasilkan cuan dari TikTok adalah dengan menjadi Influencer atau bintang TikTok. Meskipun demikian tak gampang untuk jadi seorang influencer, apalagi dalam waktu yang sekejap. 

Dalam laporannya, Forbes menyebut Addison Rae merupakan salah satu selebriti TikTok terpopuler. Dengan jumlah pengikut mencapai 54 juta, Rae termasuk Influencer TikTok dengan penghasilan tertinggi.

Dalam satu tahun Rae mampu menghasilkan pendapatan hingga USD$ 5 juta. Disusul kemudian, ada nama Charli D’Amelio yang memiliki 50 juta lebih pengikut dengan penghasilan mencapai USD$4 juta.

Agar bisa menjadi seorang bintang TikTok, hal pertama yang harus diketahui adalah target pasar yang akan dibidik kemudian pemilihan jenis konten apa yang nantinya akan dibuat. Lalu tunggu hingga kemudian follower meningkat dan akhirnya tawaran iklan yang mulai berdatangan. Dari situlah cuan akan mengalir deras setiap bulannya.

2. Jual Beli Akun TikTok

Trik lainnya untuk menghasilkan cuan dari TikTok adalah mengembangkan akun TikTok untuk kemudian dijual kembali.

Bagaimanapun, kini kepopuleran platform TikTok sudah menyamai Instagram. Seperti Ramy Halloun misalnya yang seorang pengguna Instagram, dia mampu menghasilkan USD$30.000 tiap tahun dari cara ini.

Strategi ini pun juga dapat direplikasi untuk platform TikTok. Untuk memulainya, temukan target pasar dan mulai membuat konten-konten yang menarik. Setelah akun berkembang dan memiliki pengikut yang cukup banyak. Kamu pun bisa menjual akun TikTok tersebut kepada siapa saja yang tertarik terlebih sejumlah brand yang butuh sosial media sebagai sarana promosinya.

3. Endorsement

Endorsement

Punya banyak follower di TikTok? Memanfaatkan kesempatan tersebut agar bisa menghasilkan cuan berlimpah. Saat ini, tak sedikit dari para konten kreator di TikTok yang open endorsement karena dirasa lebih gampang.

Kamu hanya harus menjalin hubungan baik dengan pemilik brand dan ajukan kerja sama yang menguntungkan kedua belah pihak. Kerja sama tersebut bentuknya sangat tergantung dari kesepakatan yang dibuat. Apakah pembayaran diberikan dalam bentuk cash atau barang.

4. Berkolaborasi dengan Konten Kreator Lainnya

Pengikutmu di TikTok jumlahnya belum banyak? Jangan terlalu cemas, karena kamu masih dapat berkolaborasi dengan Konten kreator lainnya yang punya banyak pengikut.

Ini bisa membuka kesempatan untuk memperoleh tambahan followers dengan lebih mudah di TikTok. Kamu bisa mengajak mereka yang punya banyak followers untuk berkolaborasi, misalnya membuat sebuah video kreatif dan viral.

Dengan demikian, akun kamu bisa lebih mudah terjangkau, sehingga membuka peluang untuk meningkatkan pengikut di TikTok. Secara logika, semakin banyak kamu punya pengikut di TikTok maka peluang untuk memperoleh tawaran endorsement jadi lebih besar.

5. Saling Memberi Gift

Saling memberikan gift

Masih dilansir dari situs iconosquare, cara lainnya yang bisa digunakan untuk menghasilkan cuan dari TikTok adalah dengan saling menyumbangkan gift. Hal ini sekilas mirip dengan situs Twitch, dimana seseorang bisa menghasilkan cuan dari kegiatan live streaming.

Kamu pun juga dapat melakukannya di TikTok meskipun jumlah pengikut tidak terlalu banyak. Alurnya, penonton umumnya akan memberikan seperti gift item, dimana bisa dibeli dari koin yang dimiliki di TikTok.

Koin tersebut bisa diperoleh dengan membelinya menggunakan mata uang real misalnya Rupiah atau Dollar. Kemudian koin yang dihasilkan bisa dikonversikan dalam bentuk cash melalui proses payout. Jumlah minimum uang yang dapat di-payout dalam sehari dari aplikasi TikTok antara USD$100 hingga maksimal USD$1.000,-.

6. Manfaatkan Platform Iklan 

Cara selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghasilkan cuan di TikTok adalah dengan memanfaatkan platform iklannya. Tak jauh berbeda dengan iklan Facebook maupun Instagram.

Caranya, kamu bisa browsing tentang “iklan TikTok”, lalu daftarkan akun TikTok agar dapat mengakses platform iklan yang mereka miliki. Sebaiknya buatlah beberapa iklan, jangan lupa tetapkan sejumlah anggaran khusus untuk bereksperimen dengannya.

Mungkin saja kamu bisa menjual produk lebih banyak karena sudah mengiklankannya melalui platform iklan di TikTok. Siapa tahu, ini justru jadi ladang cuan kamu yang menjanjikan.

7. Jual Produk Sendiri

Jual produk sendiri

Selain mengiklankan produk orang lain, kamu pun juga bisa menghasilkan uang dengan menjual produk sendiri di platform TikTok. Hal ini bisa tetap bisa kamu lakukan tanpa perlu ribuan pengikut.

Satu hal yang menjadi rahasianya adalah dengan membuat konten yang unik dan menarik agar bisa menarik perhatian orang lain. Contohnya, kamu punya bisnis produk kecantikan, lalu membuat promosi produk di TikTok untuk menarik perhatian calon pembeli.

Buat video singkat tutorial makeup dengan konten yang kreatif kemudian mempostingnya di TikTok. Lalu dalam tiga detik terakhir di video, tambahkan call to action yang menarik perhatian pengguna lain di TikTok agar melakukan pembelian.

Buat Konten yang Bijak dan Kreatif

TikTok bukan hanya sosial media untuk eksis saja tapi juga bisa jadi ladang cuan yang menjanjikan. Selain harus memahami bagaimana triknya, kamu juga harus melakukannya secara total, serius dan berdedikasi. Selalu ingat, agar jangan terlalu fokus dengan cuan saja, tapi buatlah konten-konten yang menarik, kreatif dan tetap bijak. Dengan begitu, kamu bisa mudah menarik perhatian banyak orang untuk menonton video TikTok kamu, membeli produk jualan, hingga endorse.

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.