layar hp bergaris

Layar HP Bergaris? Begini Penyebab dan Langkah Mudah Mengatasinya

No comments

Layar HP bergaris atau bahkan berkedip bisa jadi satu masalah yang cukup mengganggu. Hal ini pun bisa terjadi karena banyak faktor. Dari mulai karena masalah kecil hingga mengindikasikan adanya masalah serius pada ponsel. 

Bisa dikatakan jika layar HP cukup jarang mengalami kerusakan, terlebih jika penggunaannya masih terbilang baru. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah yang satu ini. Penasaran seperti apa, simak penjelasannya berikut ini.

Penyebab Layar HP Bergaris 

Layar HP Bergaris

Munculnya masalah layar HP bergaris memang sangat menyebalkan, apalagi jika HP tersebut punya peran yang sangat penting. Karena umumnya, ponsel menjadi salah satu tempat untuk menyimpan banyak hal. Seperti data kontak telepon kerabat dan sahabat maupun data pribadi penting lainnya.

Setiap ponsel pasti memiliki spesifikasi layar yang tidak sama tergantung tipe dan juga merek perusahaan pembuatnya. Seperti layar ponsel buatan Samsung tentu berbeda dengan layar ponsel buatan Apple, ketahanan terhadap sejumlah gangguan yang muncul pun juga akan sangat berbeda.

Penyebab kerusakan pada layar ponsel seringkali muncul karena adanya benturan yang cukup keras. Namun ternyata bukan hanya itu saja penyebab layar HP bergaris, sebagaimana berikut di antaranya.

1. Ponsel sering terjatuh

Ketika ponsel yang digunakan semakin sering terjatuh, maka resiko layar HP bergaris hingga retak juga semakin besar. Komponen yang paling beresiko rusak adalah LCD atau layar sentuh ponsel, dan ini bisa jadi jawaban mengapa layar HP terlihat seperti bergaris. Resiko terbesar dari insiden tersebut adalah pecahnya layar HP. Hal ini ditandai dengan munculnya garis hitam di layar ketika ponsel diaktifkan.

2. Ponsel sering mengalami tekanan berlebih 

Penyebab selanjutnya mengapa muncul garis berwarna warni pada layar HP adalah adanya tekanan berlebihan. Hal ini kerap terjadi lantaran banyak pengguna yang suka menyimpan ponselnya di saku celana bagian belakang. Lalu mendudukinya tanpa sengaja. 

Kebiasaan ini bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan pada layar HP, mulai dari muncul garis pada layar hingga body ponsel berubah bentuk bahkan retak. Karena ketika duduk dengan meletakkan ponsel di saku belakang, hal ini akan memicu tekanan berlebihan pada layar ponsel.

3. Kontak langsung dengan air

Baik disengat atau tidak, alat elektronik apapun jika sudah terkena air pasti akan muncul masalah, termasuk ponsel. Mulai dari sekedar percikan atau bahkan jatuh dan terendam dalam air.  Sejumlah merk ponsel ternama saat ini sudah membekali perangkatnya dengan fitur anti air. 

Sayangnya tak semua ponsel punya fitur tersebut, jadi ponsel akan gampang rusak saat terkena air. Hal ini karena adanya reaksi elektris di dalam ponsel sehingga memicu kerusakan, salah satunya layar bergaris.

4. Konektor mengalami masalah 

Jika layar ponsel kamu bergaris atau bahkan berkedip, ini bisa jadi disebabkan karena adanya gangguan pada konektor HP. Misalnya, konektor terlepas dari tempatnya atau bahkan longgar, sehingga memicu masalah, salah satunya pada layar.  

Kerusakan konektor bisa terjadi karena sejumlah faktor, mulai dari tertimpa tekanan berlebih, hingga masalah pada saat proses perakitan komponennya. Jika masalah garis pada layar semakin parah, kamu bisa membawanya ke tempat servis HP terdekat.

5. Terjadi error pada sistem 

Sistem pada ponsel yang mengalami eror juga bisa menjadi penyebab lainnya yang bisa memicu munculnya garis di layar HP. Kondisi ini kemudian membuat sistem bereaksi dan memunculkan bug yang berbentuk garis halus hingga layar berkedip. Biasanya permasalahan ini kerap muncul di ponsel yang pernah di-root atau ponsel rakitan. 

6. Terjadi kerusakan pada soket LCD

Faktor yang bisa membuat layar HP bergaris juga bisa datang dari soket LCD yang bermasalah. Sebetulnya, hal ini cukup jarang terjadi namun bukan tidak mungkin. Rusaknya soket layar dapat menjadi pemicu munculnya garis pada layar, seperti garis vertikal, horizontal, putih, dan juga garis ganda. 

Umumnya, kerusakan soket layar ponsel terjadi akibat cacat saat masa produksi. Tetapi, hal tersebut juga bisa terjadi karena kesalahan pada saat servis ponsel. Misalnya, pemasangan yang kurang presisi dan lain sebagainya.

Soket layar pada ponsel merupakan komponen yang cukup sensitif dan perlu keahlian dan ketelitian khusus dalam penanganannya. Agar tidak ada lagi masalah baru pada ponsel yang diperbaiki. 

Cara Mudah Mengatasi Masalah Layar HP Bergaris 

Layar HP Bergaris

Cara Mudah Mengatasi Layar HP Bergaris

Setelah mengetahui apa saja penyebab munculnya garis pada layar HP, sekarang baru bisa menentukan solusi dan langkah penanganan yang sesuai. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk menanganinya masalah kerusakan tersebut. Berikut cara termudah mengatasinya, antara lain. 

1. Aktifkan mode malam 

Langkah pertama untuk mengatasi masalah layar HP bergaris yakni dengan mengaktifkan fitur mode malam di ponsel kamu. Cara ini bisa jadi langkah paling mudah dan cepat untuk mengembalikan layar HP yang bermasalah tadi.

Namun sayangnya, tak semua ponsel dilengkapi dengan fitur mode malam. Biasanya, ponsel dengan sistem operasi Android 8.0 ke atas yang sudah memiliki fitur tersebut. Tapi tak perlu khawatir, jika ponsel yang digunakan tidak dilengkapi dengan fitur ini. Kamu cukup men-download aplikasi mode malam dari Play Store. 

Kendati cara ini tak mampu membantu sepenuhnya, namun setidaknya bisa meminimalisir ketidaknyamanan yang muncul karena layar HP yang bergaris.

2. Restart ponsel lalu aktifkan safe mode

Langkah selanjutnya ini bisa kamu gunakan ketika ponsel tak memiliki fitur mode malam. Yakni dengan merestart ponsel, lalu aktifkan ‘safe mode’ atau mode aman pada ponsel. Hal ini agar membantu melacak kinerja pada sistem operasi dan menemukan masalah yang muncul pada sistem operasi ponsel. 

Dengan mengaktifkan mode aman, jika memang muncul garis atau retak pada layar ada pada software, maka sistem akan segera mengirimkan notifikasi atau pemberitahuan. Berikut cara mudah mengaktifkan fitur mode aman (safe mode):

  • Tekan terus tombol power pada ponsel sampai di layar muncul pop up.
  • Klik pop up tersebut dan tekan tombol off hingga pop up yang lain muncul.
  • Klik Ok Agar bisa me-reboot ponsel ke fitur mode aman, selanjutnya ponsel akan secara otomatis berada dalam safe mode

3.  Gunakan opsi pengembang

Selanjutnya, untuk mengatasi masalah garis-garis pada layar HP bisa dengan menggunakan opsi pengembang atau opsi developer. Ini merupakan pengaturan lanjutan di ponsel Android, dimana penggunanya bisa mengatur ponsel dengan lebih detail.

Perlu diingat bahwa kamu akan mendapatkan keleluasaan untuk mengatur sistem pada ponsel, jadi jangan sampai teledor. Pasalnya, jika terjadi kesalahan pada sistem pengaturan yang berjalan, alih-alih menyelesaikan masalah justru muncul kerusakan baru. Berikut cara mengaktifkan opsi pengembang.

  • Buka menu pengaturan dari ponsel
  • Pilih opsi ‘Tentang Ponsel
  • Selanjutnya pilih menu ‘Nomor Bentukan’, lalu klik 7 kali hingga muncul pesan “Anda sudah jadi pengembang
  • Lanjut, klik tombol kembali dan buka ‘Opsi Pengembang’. 
  • Kemudian, pilih ‘Tampilan Petunjuk’ dan nonaktifkan. Secara  otomatis, layar HP yang bergaris akan pulih kembali dan garis-garis yang muncul pun hilang.

Perlu diingat, jenis garis yang bisa dihilangkan melalui opsi pengembang ini hanya garis yang muncul dari sistem dan bukan akibat kerusakan hardware. Misalnya seperti garis putih, vertikal, horizontal, warna-warni dan garis-garis yang lainnya.  

4. Keringkan ponsel sesaat setelah kontak dengan air

Jika penyebab munculnya garis pada layar HP karena pernah kontak dengan air, maka segera keringkan. Untuk mengeringkannya, kamu bisa menggunakan kain dengan daya serap yang bagus. Jangan lupa, pilih kain yang tidak terbuat dari bulu-bulu halus dan mudah rontok. 

Selain itu, ada alternatif lain untuk mengeringkan ponsel, yakni dengan menguburnya dalam beras selama beberapa hari. Hal ini dipercaya mampu mengurangi kelembaban pada ponsel akibat terkena air tanpa sengaja. Sebelum mengubur ponsel dalam beras, pastikan untuk melepas casing, kartu SIM dan juga kartu memori pada ponsel.

5. Ganti Komponen LCD

Langkah terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah layar HP bergaris yakni dengan mengganti komponen LCD pada ponsel. Hal ini dilakukan jika memang semua langkah di atas tidak efektif dan ada indikasi kerusakan layar. 

Bisa dikatakan, ponsel telah mengalami kerusakan yang cukup parah. Sehingga hanya dengan penggantian layar, maka masalah garis pada layar HP bisa diatasi. 

Kenali penyebabnya dan perbaiki dengan cara yang tepat

Sebelum memutuskan cara apa yang akan dilakukan untuk mengatasi masalah layar HP bergaris, penting untuk mengetahui penyebabnya. Selanjutnya, ketika masalahnya sudah bisa diketahui baru kemudian solusinya bisa diterapkan. 

Asal memperbaiki masalah pada layar HP tanpa tahu penyebabnya, bukanlah hal yang bijak. Alih-alih teratasi, masalah pada HP justru bisa semakin besar dan membuat kerusakan makin parah.

Maka dari itu, selalu jaga HP dan rawat dengan sebaik mungkin. Jangan sampai sudah beli HP dengan susah payah, malah rusak begitu saja.

Ajukan Kredit HP Sekarang! (Android)

Baca Juga Artikel Lainnya: