iPhone 13

Lebih Ngebut dan Canggih! Intip Spesifikasi dan Harga iPhone 13

No comments

Apple memang telah menjadi brand kelas atas yang banyak diperbincangkan masyarakat Indonesia. Sebagai salah satu produsen smartphone dengan harga yang cukup menguras kantong, seri terbaru yang mereka rilis memang mampu menyita banyak perhatian. Salah satunya adalah iPhone 13.

Sebagai penerus iPhone 12, tentu para pengguna setia produk-produk Apple sudah sangat berharap dengan kehadiran iPhone 13. Seolah tidak ingin mengecewakan konsumennya, mereka memang menghadirkan perangkat baru dengan peningkatan di berbagai sektor dibanding seri sebelumnya.

Dari segi performa, chipset A15 Bionic terbaru jelas memberikan pengalaman yang ngebut. Sektor kamera pun dihadirkan dengan berbagai peningkatan kualitas.

Tapi apakah ponsel ini memang layak untuk dibeli? Simak dulu yuk ulasan soal spesifikasi lengkap dan harga iPhone 13 berikut!

Desain Trendy dengan Poni Lebih Kecil

Soal urusan desain, tampaknya iPhone 13 tidak ingin terlalu berbeda dengan sang kakak iPhone 12. Jika dilihat sekilas, tampilan kedua smartphone ini begitu mirip. Desain flat dan sleek di seri ini serupa dengan yang ada pada seri sebelumnya.

iPhone 13 ini menggunakan bingkai aluminium dengan desain menyiku di bagian sisinya. Hal ini membuat seri ini jadi terasa kokoh saat berada dalam genggaman. Warna-warna yang ditawarkan pun menarik dan enak untuk dipandang mata.

Perbedaan lain yang menonjol dari desain seri ini jika dibandingkan dengan iPhone 12 adalah pada bagian belakang. Jika pada seri sebelumnya dua kamera belakang disusun secara horisontal, pada iPhone 13 keduanya disusun secara diagonal.

Bobot pada smartphone anyar dari Apple ini juga lebih berat, yakni mencapai 174 gram. Sementara untuk iPhone 12 hanya 164 gram. iPhone 13 juga sedikit lebih tebal 0,15 mm jika dibandingkan dengan sang kakak yang hanya 7,4 mm.

Selain di bagian belakang, perbedaan kedua gawai ini juga terlihat pada bagian depan. Meski tidak terlalu kentara, tetapi jika diperhatikan dengan seksama pengguna akan menemukan jika poni yang disematkan pada iPhone 13 lebih kecil dari pendahulunya.

Untuk port, pada bagian bawah iPhone 13 masih disematkan lubang charger untuk USB Type C, speaker, dan mikrofon. Pada bagian kanan juga masih ada tombol power. Sementara di sisi kiri ada tombol silent, tombol volume dan slot untuk SIM ganda.

Soal ketahanannya kalian juga tidak perlu khawatir. iPhone 13 sudah mendapat sertifikasi IP68 sehingga tahan cipratan, air dan debu.

Layar Tangguh Berkat Ceramic Shield

Untuk memuaskan para penggemar iPhone, seri ini hadir dengan layar OLED seluas 6,1 inci. Layar yang dibekalkan pada iPhone 13 ini lebih cerah hingga 28 persen. Tingkat kecerahan maksimal yang dihadirkan mencapai 1.200 nit sehingga membuat layar mudah terlihat meski di bawah sinar matahari.

Layar seri ini juga sangat berwarna karena dibekali dengan rentang warna yang luas. Akurasi warnanya pun sangat apik sehingga apa yang muncul di layar dengan resolusi 1170 x 2532 pixel ini tampak natural.

Teknologi layar Super Retina XDR yang mempunyai kepadatan pixel sangat tinggi juga membuat gambar yang dihasilkan lebih tajam. Pengalaman menggunakan gawai pun jadi lebih memuaskan.

Untuk urusan ketangguhan layar kamu juga tidak perlu khawatir. Sama seperti iPhone 12, seri terbaru ini juga dilengkapi dengan ceramic shield pada bagian layar, sehingga membuat gawai lebih kuat menahan kerusakan. Lapisan kaca keramik ini diklaim lebih kuat dibanding pelindung layar pada umumnya. Jika dibandingkan dengan kaca biasa yang digunakan pada ponsel umumnya, bahan ini memiliki daya tahan hingga empat kali lebih kuat saat jatuh

Chipset Baru Bikin Performa Ngebut

Soal performa, kamu juga tidak perlu khawatir. Jika dibandingkan dengan sang kakak, seri ini telah mengalami peningkatan power yang cukup signifikan. Hal ini berkat penggunaan chipset A15 Bionic yang sudah mendapat dukungan 5G dengan GPU 4-Core dan CPU 6-Core .

Chipset dengan fabrikasi 5 nm ini disebut memiliki kinerja hingga 50 persen lebih baik dibanding pendahulunya. Seri ini menggunakan RAM 4 GB dan memiliki 3 pilihan ROM, yakni 128 GB, 256 GB, atau 512 GB. Hal ini tentu membuat pengalaman mengoperasikan gawai jadi lebih mulus. 

Sistem operasinya pun sudah menggunakan iOS15. Dalam situs resminya, Apple mengatakan jika OS ini adalah yang paling aman di dunia. Selain itu, ada sejumlah fitur mumpuni yang disematkan dan dirancang melindungi privasi penggunanya.

Saat digunakan untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari membuka media sosial hingga multi-tasking, iPhone 13 berjalan sangat mulus. Urusan bermain game pun seri ini sudah bisa diandalkan. Game-game populer seperti PUBG Mobile, Genshin Impact dan Wild Rift pun bisa dimainkan dengan baik.

Sayangnya, untuk seri ini kamu tidak akan mendapatkan fitur pengaman sensor sidik jari. Sebagai gantinya, iPhone 13 dibekali dengan Face ID yang akan membantu mengamankan privasi di dalam gawai. Fitur NFC juga sudah disematkan sehingga mempermudah dalam bertransaksi digital.

Bagi kamu yang memiliki nomor ponsel lebih dari satu, iPhone 13 telah dibekali dengan slot untuk SIM ganda. 

Kamera Canggih dengan Fitur MenarikĀ 

Kualitas kamera iPhone memang tidak perlu diragukan lagi. Pada seri ini pun, Apple telah membuat sektor kamera menjadi salah satu unggulan. Meskipun hanya dibekali dua buah kamera dengan lensa utama 12 MP (wide) dan lensa 12 MP ultra wide, pengalaman memotret dan merekam video di iPhone 13 sudah memuaskan.

Dua kamera pada iPhone 13 disusun secara diagonal sehingga membuatnya tampak berbeda dari sang kakak. Tidak hanya desainnya saja yang dibuat berbeda, kemampuannya pun ditingkatkan sehingga kamera seri ini lebih canggih dibanding pendahulunya.

Kamera wide di seri ini dapat menangkap cahaya 47 persen lebih banyak dibanding dengan iPhone 12. Sementara kamera ultra wide memberi banyak detail di area gelap dalam foto. iPhone 13 juga telah dibekali dengan penstabil gambar optik sensor bergerak yang akan membuat hasil jepretan stabil.

Memotret di malam hari juga tidak perlu khawatir karena ada Mode Malam yang dapat secara otomatis beradaptasi dengan cahaya minim. Ada juga Mode Potret yang membuat background jadi buram sehingga menghasilkan gambar menarik. Secara keseluruhan, hasil foto dari iPhone 13 sudah memuaskan dengan warna yang akurat dan tajam. 

Sementara untuk yang suka merekam video, ada mode sinematik yang akan membuat kamu bisa menghasilkan video layaknya pembuat film profesional. Rekaman video juga sudah mendukung slo-mo untuk 1080p dengan kecepatan 120 fps atau 240 fps.

Sistem kamera TrueDepth yang dipasang pada bagian depan juga sudah membuat pengalaman swafoto jadi menyenangkan. Semua fitur terbaru dari kamera belakang seperti selfie mode malam hingga mode sinematik hadir di kamera depan.

Baterai Awet Seharian untuk Streaming

Baterai menjadi salah satu keunggulan yang ditawarkan iPhone 13. Baterai 3240 yang dipasang mampu bertahan 2,5 jam lebih lama. Baterai seri ini dapat digunakan untuk memutar video hingga 19 jam, streaming 15 jam dan memutar audio 75 jam.

Pengisi dayanya sudah bisa menggunakan nirkabel MagSafe hingga 15 W. Ada juga kabel USB Type C yang dapat digunakan mengisi daya, tetapi kamu perlu membeli sendiri adaptor karena tidak ikut disertakan dalam kardus.

Harga Tertinggi Capai Rp20 Jutaan

Setelah cukup lama menunggu, ponsel iPhone 13 akhirnya bisa mulai dipesan pada 12 November 2021. Soal harga, seri ini ternyata mirip dengan sang kakak iPhone 12. 

Untuk iPhone 13 dengan ruang penyimpanan 128 GB, Apple mematok harga Rp14.999.000. Sementara untuk ruang penyimpanan 256 GB Rp17.499.000 dan ruang penyimpanan 512 GB sebesar Rp20.9999.000.

Performa Setara Harga

Meski secara desain tidak terlalu berbeda dengan iPhone 12, tetapi sektor lain seperti performa, kamera dan baterai, iPhone 13 mengalami peningkatan yang signifikan. Kemampuan kameranya bahkan sudah bisa mendukung hobi pengguna yang senang membuat film.

Dengan berbagai peningkatan yang dibawa, iPhone 13 ini sangat cocok digunakan oleh para konten kreator atau penggemar fotografi ponsel berkantong tebal. Bagi yang menginginkan ponsel berkelas dengan performa game yang memuaskan, seri ini juga cocok jadi pilihan.

Promo Belanja Elektronik

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.