Perawatan Wajah untuk Usia 30 Tahun

Perawatan Wajah untuk Usia 30 Tahun, Langkah Persiapan Hadapi Penuaan Kulit

No comments

Tahukah kamu bahwa seiring dengan pertambahan usia, kulit pun mulai mengalami penuaan?

Hal tersebut tentu dipicu oleh melemahnya jaringan kolagen dan elastin yang menyebabkan elastisitas kulit semakin berkurang dan memunculkan tanda-tanda penuaan. Seperti keriput, garis-garis halus, bintik hitam, kerutan di sudut luar mata, hingga pipi yang tampak turun atau mengendur. 

Umumnya tanda-tanda penuaan kulit mulai dialami oleh setiap orang ketika memasuki usia 30 tahun. Pada usia tersebut, kulit cenderung lebih kering dan sensitif sehingga lebih rentan terhadap kemunculan berbagai masalah kulit. 

Oleh sebab itu penting bagi kamu untuk mulai melakukan perawatan wajah untuk usia 30 tahun demi menjaga keremajaan kulit. 

Kenali Penyebab Terjadinya Penuaan Kulit

Penuaan kulit seringkali menjadi penyebab munculnya perasaan insecure atau kurang percaya diri, meskipun sebenarnya penuaan merupakan hal yang terjadi secara alamiah seiring dengan bertambahnya usia. 

Apalagi jika penuaan kulit terjadi pada orang-orang dengan usia yang masih tergolong muda, atau biasa dikenal dengan sebutan penuaan dini. 

Oleh sebab itu, tak jarang jika banyak orang pada usia 20 tahun sudah mulai merawat diri menggunakan produk anti-aging untuk menjaga keremajaan kulit dan menghindari risiko penuaan dini. Pertanyaannya, hal-hal apa saja sih yang dapat memicu penuaan dini?

1. Tidak Menggunakan Sunscreen saat Beraktivitas

Selain menyebabkan kulit kusam, paparan sinar ultraviolet (UV) juga dapat merusak jaringan elastin pada kulit. Hal tersebut menyebabkan proses penuaan kulit berjalan lebih cepat sehingga meningkatkan risiko terjadinya penuaan dini, bahkan kanker kulit. 

Belakangan ini, tak hanya matahari, paparan sinar UV yang diakibatkan oleh radiasi dari smartphone dan berbagai jenis gadget lainnya juga tak kalah berbahaya. 

Oleh sebab itu, pastikan kamu selalu mengaplikasikan sunscreen saat hendak beraktivitas, baik di dalam maupun di luar ruangan.

2. Merokok

Tiga zat utama yang terkandung dalam satu batang rokok adalah nikotin, tar, dan karbon monoksida. Ketiganya tak hanya merusak organ-organ dalam tubuh, namun juga menghambat peredaran darah pada kulit wajah. 

Akibatnya, kulit menjadi kusam serta memunculkan tanda-tanda penuaan seperti garis-garis halus dan keriput. Jika kamu menginginkan kulit yang sehat dan awet muda, pastikan untuk menghindari dan menghentikan kebiasaan merokok. 

3. Mengonsumsi Minuman Beralkohol 

Sama halnya dengan merokok, mengonsumsi minuman beralkohol dalam jumlah berlebihan secara terus menerus juga dapat memicu penuaan dini pada kulit. 

Konsumsi minuman beralkohol secara berlebihan dapat menurunkan kadar vitamin A, vitamin B3, dan vitamin C yang merupakan zat antioksidan dan dibutuhkan pada proses regenerasi sel-sel dalam tubuh. 

Hal tersebut bisa jadi semakin parah apabila dibarengi dengan pola makan yang berantakan, kurang tidur, dan berbagai permasalahan psikologis seperti stres dan depresi. 

4. Pola Makan Tidak Sehat

Mengonsumsi berbagai jenis karbohidrat olahan, seperti roti dan pasta, serta makanan yang mengandung gula secara berlebihan dapat merusak kolagen dalam kulit. 

Sebagaimana kamu ketahui, kolagen adalah zat yang menjaga elastisitas dan keremajaan kulit. Kerusakan kolagen dalam tubuh dapat memicu terjadinya penuaan dini. Selain karbohidrat olahan dan gula, kamu juga perlu membatasi konsumsi makanan yang berlemak dan junk food karena dapat memicu obesitas atau kegemukan. 

Perbanyaklah konsumsi berbagai jenis sayur dan buah yang kaya akan antioksidan seperti wortel, brokoli, buah anggur, atau buah beri. 

5. Sering Begadang 

Malam hari merupakan saat yang tepat bagi kulit untuk melakukan detoksifikasi secara alami sekaligus regenerasi sel. Oleh sebab itu, penting bagi kamu untuk memiliki waktu istirahat yang cukup. 

Terlalu sering begadang selain membuat tubuh menjadi mudah lelah dan kurang fokus, juga akan menghambat proses regenerasi sel sehingga kulit menjadi lebih cepat mengalami penuaan. 

Saat memasuki usia 30 tahun, tentu saja kondisi kulit menjadi lebih kering, tipis, dan sensitif. Oleh sebab itu, pastikan kamu juga menghindari kebiasaan-kebiasaan tersebut selain melakukan berbagai cara perawatan wajah untuk usia 30 tahun. 

Produk Wajib untuk Perawatan Wajah untuk Usia 30 Tahun

Menghindari kebiasaan yang dapat memicu penuaan akan membantu menjaga keremajaan kulit dari dalam. Namun, melakukan hal itu saja tidak cukup untuk menjaga kulit tetap sehat dan awet muda. 

Kamu juga perlu membantu menjaga kesehatan dan keremajaan kulit dengan menjalankan cara perawatan wajah untuk usia 30 tahun. Nah, produk kecantikan apa saja sih yang wajib kamu aplikasikan dalam melakukan perawatan wajah untuk usia 30 tahun? Yuk, simak bersama!

1. Pembersih Wajah 

Tahukah kamu bahwa menjaga kebersihan kulit adalah salah satu cara perawatan wajah agar senantiasa terlihat sehat, segar, dan lebih awet muda?

Selain sinar matahari, setiap hari kulitmu juga terpapar berbagai jenis kotoran mulai dari debu, asap kendaraan, hingga sisa-sisa produk make up yang kamu gunakan sehari-hari. 

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kulit wajah yang tidak dibersihkan dengan benar dapat mempercepat kemunculan tanda-tanda penuaan. Seperti bintik hitam atau flek, garis-garis halus pada wajah, serta berbagai permasalahan lain pada kulit. 

Selain sabun pembersih wajah, pastikan kamu juga menggunakan produk pembersih wajah yang berfungsi mengangkat kotoran dan sisa make up. Seperti micellar water, milk cleanser, atau make up remover. 

Jika perlu, kamu juga dapat melakukan eksfoliasi wajah dengan menggunakan scrub atau produk-produk yang mengandung senyawa AHA (alpha hydroxy acid), BHA (beta hydroxy acid), dan retinoid.

2. Pelembab Wajah 

Seiring dengan bertambahnya usia, produksi sebum atau kelenjar minyak alami mengalami penurunan. Hal inilah yang menyebabkan kulit menjadi terasa lebih kering. 

Untuk mencegah kulit kering, pastikan kamu juga mengaplikasikan produk-produk kecantikan yang dapat mengembalikan kelembaban kulit, terutama setelah membersihkan wajah. 

Selain itu, pastikan kamu juga memperbanyak konsumsi air putih agar kulit terhidrasi dengan baik dari dalam.

3. Krim Tabir Surya atau Sunscreen 

Pada bagian sebelumnya telah dijelaskan pentingnya menggunakan sunscreen saat akan beraktivitas baik di dalam maupun di luar ruangan. Selain menyebabkan kulit menjadi kusam, radiasi sinar ultraviolet juga dapat mempercepat penuaan kulit. 

Pastikan kamu menggunakan krim tabir surya dengan minimal SPF 30 pada area wajah dan leher di pagi hari dan aplikasikan kembali setiap 2 sampai 4 jam sekali. 

4. Krim Mata 

Produk perawatan wajah untuk usia 30 tahun yang wajib kamu miliki selanjutnya adalah krim mata. Sesuai namanya, produk ini diaplikasikan secara khusus pada area mata. 

Sebagai informasi penting, kulit di area mata adalah bagian kulit wajah yang sensitif dan sangat mudah menunjukkan tanda-tanda penuaan. 

Penggunaan krim mata dengan kandungan vitamin C, vitamin E, minyak mineral, dan peptida pada malam hari efektif untuk mengencangkan kulit dan menghilangkan kerutan. 

5. Produk yang memiliki kandungan Anti Aging 

Adapun kandungan anti aging yang dimaksud ialah retinol, sebuah senyawa aktif turunan vitamin A yang sangat efektif untuk mencegah penuaan dini. Retinol berfungsi untuk meningkatkan produksi kolagen, meremajakan kulit, serta membuat kulit wajah menjadi lebih glowing.

Namun, kamu perlu memahami bahwa produk-produk yang mengandung retinol dapat menyebabkan kemerahan pada kulit apabila terpapar sinar matahari. 

Oleh sebab itu sebaiknya produk yang mengandung retinol digunakan pada malam hari atau jika digunakan pada pagi dan siang hari maka jangan lupa untuk menggunakan krim tabir surya. 

Itulah produk-produk perawatan wajah untuk usia 30 tahun yang sebaiknya mulai diaplikasikan untuk mencegah dan memperlambat terjadinya penuaan pada kulit. 

Baca Juga Artikel Lainnya:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.