rekening yang dibobol

Lakukan Ini untuk Mengurus Rekening Bank yang Dibobol

No comments

Bentuk penipuan yang umum terjadi adalah pembobolan rekening. Baik melalui hacking maupun phishing, semua bertujuan untuk mengambil uang korban dari rekeningnya.

Jika sudah kena tipu, janganlah kamu berdiam diri saja. Meskipun panik dan pikiran kalut pun melanda, kamu tetap harus menindaklanjuti kasus penipuan ini.

Lalu, bagaimana caranya untuk mengurus rekening bank yang dibobol? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Mengurus Rekening yang Dibobol

Jika uang sudah keburu hilang, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Laporkan ke Situs Pelaporan Penipuan

Tahukah kamu bahwa ada situs-situs yang dapat digunakan untuk melaporkan kasus penipuan? Nah, jika kamu sudah terlanjur tertipu, langsung saja lapor kejadian di situs-situs, seperti lapor.go.id, cekrekening.id, dan kredibel.com

Situs-situs tersebut berfungsi sebagai tempat pelaporan online terkait kasus penipuan dan juga portal pengumpul database rekening bank yang diduga pemiliknya melakukan penipuan online.

2. Buatlah Laporan Ke Kepolisian

Laporan ke kepolisian pun juga perlu dibuat. Bawalah segala informasi yang bisa kamu dapatkan terkait penipu, seperti nomor telepon, nama, skenario kejadian, dan sebagainya. Pelaporan ini penting untuk dilakukan agar investigasi kejadian dapat berjalan dengan lancar.

Setelah melaporkan kejadian, kamu akan mendapatkan Surat Tanda Penerimaan Laporan (STPL) yang merupakan bukti pelaporan dari kejadian penipuan yang dialami. Bawalah bukti ini ke bank untuk dilakukan investigasi lebih dalam.

3. Laporkan ke Bank Penerbit Rekening

Pertama-tama, teleponlah pihak bank untuk memblokir rekening yang dibobol oleh penipu tersebut. Jelaskan secara rinci bagaimana skenario kejadian penipuan terjadi.

Kamu pun dapat mengunjungi langsung ke kantor cabang bank terdekat untuk mengurus rekening yang dibobol tersebut. Jangan lupa untuk membawa bukti pelaporan ke kepolisian. Biasanya, kamu akan diminta untuk mengisi formulir mengenai kejadian penipuan.

Jika pengajuan sudah diterima, pihak bank akan menindaklanjuti kasus penipuan tersebut. Kemudian, kamu akan dihubungi kembali untuk konfirmasi terkait kasus penipuan. 

Ketika penipu sudah berhasil dilacak, rekeningnya pun akan diblokir serta disita hingga jelas kasusnya. Tunggulah kasus hingga selesai dan bank akan melakukan penggantian uang. Namun, ingatlah jika kamu sudah mendapatkan uangmu kembali, uruslah surat pencabutan perkara di kantor polisi.

Rekening yang Dibobol Harus Segera Diurus

Penipuan kini tidak hanya terjadi dengan cara hacking, tetapi juga dengan cara mengirimkan gambar, tautan, dan dokumen digital padamu. Tetaplah berwaspada terhadap penipuan dan selalulah JAGA akunmu. Jika penipuan sudah terlanjur terjadi, segeralah urus pemblokiran rekening serta pelaporan kejadian penipuan ke pihak yang berwenang.

Baca juga Artikel Lainnya: