Rekomendasi 8 Destinasi Wisata Ala K-Drama di Indonesia, Wajib Dikunjungi!

No comments

Saat ini, ada begitu banyak orang yang tengah menggandrungi serial drama Korea. Jadi tak heran, jika kemudian tak sedikit orang pula yang ingin datang ke lokasi syuting serial drama favoritnya. Namun sayangnya, berwisata ke Korea Selatan tak semudah yang dibayangkan untuk beberapa kalangan. 

Jika kamu adalah salah satunya, sebaiknya tak perlu berkecil hati. Sebab, masih ada banyak pilihan lokasi wisata menarik di Indonesia yang mengusung vibes ala drama Korea. Dengan begitu, kamu tak harus jauh-jauh pergi ke Korea ataupun menabung sedemikian keras hanya untuk mewujudkan hal tersebut. 

Berikut ini beberapa lokasi wisata yang terletak di Indonesia tetapi memiliki suasana layaknya lokasi syuting drama Korea terpopuler, di antaranya:

1. The Lost World Castle – Sleman, Yogyakarta

The Lost World Castle – Sleman, Yogyakarta

Lokasi wisata yang pertama adalah The Lost World Castle di Yogyakarta. Diketahui, tempat ini sangat mirip dengan lokasi syuting drama Jewel in The Palace. Pasalnya, disana terdapat bangunan menyerupai benteng khas Korea Selatan yang bernama Hwaseong. 

Selain itu, lokasi ini juga dilengkapi dengan beraneka pohon Sakura tepat di area depan benteng sehingga suasana Korea pun terasa begitu kental. The Lost World Castle ini berada di kawasan Petung, Kel. Kepuharjo, Kec. Cangkringan, Kab. Sleman, Yogyakarta. 

2. Tanjung Silar – Bolaang Mongondow Timur, Sulawesi Utara

Pantai yang berlokasi di Nuangan, Kab. Bolaang Mongondow Timur atau Botim di Sulawesi Utara ini sangat mirip dengan tempat syuting drama Korea berjudul Descendants of The Sun. Meski lokasi sebenarnya ada di Yunani, Tanjung Pilar yang ada di Indonesia ini tak kalah memukau. Sebagian besar wisatawan mengenalnya sebagai area pantai berbentuk teluk kecil dilengkapi tebing bebatuan dengan warna air yang penuh pesona. 

3. Malino Highlands – Gowa, Sulawesi Selatan

Para penggemar drama Korea tentu masih ingat dengan salah satu adegan ikonik dalam drama berjudul Goblin. Pada adegan tersebut, terlihat si pemeran utama tengah berdiri di ladang yang dikenal dengan nama Borinara Hagwon Farm. 

Siapa sangka, tempat unik sekaligus cantik tersebut juga bisa ditemukan di kawasan Malino Highlands. Lokasinya ada di Pattapang, Kec. Tinggimoncong, Kab. Gowa, Sulawesi Selatan. Di sana, kamu bisa menemukan sebuah ladang luas penuh bunga-bunga cantik berwarna putih. 

4. Lembah Harau – Lima Puluh Kota, Sumatera Barat

Selanjutnya adalah Lembah Harau di Sumatera Barat. Bisa dibilang, sebagian besar bangunan di tempat ini nyaris serupa dengan bangunan sekolah yang kerap muncul di beberapa serial drama Korea. Inilah yang kemudian membuat Lembah Harau bisa jadi alternatif destinasi wisata tanpa harus susah payah datang ke Korea. 

5. Little Seoul – Bandung, Jawa Barat

Di beberapa judul drama Korea seringkali menampilkan adegan atau suasana khas pertokoan pada pusat kota. Jika ingin merasakan suasana yang sama, kamu bisa mendatangi Little Seoul di Kota Bandung, Jawa Barat. 

Pada dasarnya, Little Seoul merupakan kafe yang memiliki desain unik ala Korea Selatan. Di tempat ini, kamu bisa berfoto dengan latar belakang pertokoan yang sarat dengan dekorasi Korea. Adapun lokasi kafe satu ini berada di Jalan Sawunggaling 10, Kel. Tamansari, Kec. Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat. 

6. Jawa Timur Park III – Batu, Jawa Timur

Jawa Timur Park III – Batu, Jawa Timur via kompas.com

Para penggemar serial drama Korea Princess Hours pasti tidak asing dengan destinasi wisata satu ini. Bagaimana tidak, Jawa Timur Park III ternyata memiliki bangunan serupa Istana Gyeonghuigung yang jadi lokasi syuting drama tersebut. Menariknya, pihak JWP menyediakan persewaan hanbok atau pakaian adat khas Korea untuk sekedar bergaya dengan latar belakang replika istana tersebut. 

7. Dae Jang Geum – Sleman, Yogyakarta

Destinasi wisata yang tak kalah memukau adalah Dae Jang Geum di Sleman, Yogyakarta. Di sini, kamu bisa bergaya anggun layaknya putri kerajaan Korea seperti para pemeran drama berjudul Jewel in The Palace. Selain suasana dan tempat yang terlihat nyaris serupa dengan aslinya, kamu pun bisa menikmati berbagai penganan khas Korea di sini. 

8. Bangka Botanical Garden – Pangkalpinang, Kep. Bangka Belitung

Siapa pun yang hobi travelling pasti tak asing dengan suasana di tempat satu ini. Pasalnya, Bangka Botanical Garden memang disebut-sebut mirip seperti Pulau Nami atau lokasi syuting serial drama Korea terpopuler, yaitu Winter Sonata. Di tempat ini, kamu bisa menemukan area penuh pohon cemara menjulang tinggi yang berderet rapi. 

Indonesia Kaya Akan Tempat Wisata

Rasanya, tak ada satupun penggemar serial drama Korea yang tidak memimpikan untuk bisa datang berkunjung ke lokasi syuting tontonan favoritnya. Akan tetapi, keinginan semacam itu kadang harus terhambat hanya karena urusan biaya sehingga wisata ala drama Korea ini tinggal angan belaka. 

Beruntung, Indonesia memiliki banyak tempat wisata yang tak kalah menarik dan memukau. Bahkan, seperti yang telah dijelaskan di atas, ada beberapa yang nyaris serupa dengan tempat syuting drama Korea paling populer sepanjang masa. 

Demikian tadi beberapa lokasi wisata yang ada di Indonesia yang tentu saja memiliki kemiripan dengan tempat syuting serial drama Korea. Baik itu tampilan bangunan, suasana, hingga konsep yang diusung oleh pihak pengembang.

Baca Juga: