6 Tips Memilih Mesin Cuci untuk Ibu Rumah Tangga Berusia Lanjut

No comments

Semakin tua usia seseorang, kemampuan fisik yang dimiliki biasanya mengalami penurunan secara signifikan. Tubuh yang mulai renta umumnya akan merasa lebih mudah lelah jika dibandingkan dengan semasa muda.

Pekerjaan rumah seperti memasak, menyapu, mengepel, hingga mencuci baju yang tadinya terasa begitu mudah akan melelahkan saat usia semakin senja. Jika tidak hati-hati, hal ini mungkin justru bisa mencederai diri sendiri tanpa disadari.

Nah, salah satu solusi yang bisa dilakukan untuk meminimalisir risiko itu, penggunaan alat rumah tangga modern bisa menjadi pilihan yang tepat. Salah satunya adalah mesin cuci yang akan sangat meringankan proses pencucian yang cukup melelahkan.

Mesin cuci yang saat ini tersedia di pasaran pun sudah beragam. Ada berbagai tipe yang bisa dipilih oleh pengguna sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.  Mau mesin yang canggih dengan harga tinggi atau mesin cuci biasa yang harganya lebih terjangkau.

Tetapi untuk digunakan ibu rumah tangga berusia senja, memilih mesin cuci yang tepat juga bukan perkara mudah. Ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan sebelum memutuskan perangkat elektronik mana yang akan dibawa pulang.

Sebab, jika asal memilih perangkat, bisa jadi mesin cuci itu bukan mempermudah tetapi malah menyusahkan. Apalagi yang dibutuhkan oleh para ibu rumah tangga berusia lanjut adalah peralatan yang memudahkan.

Lalu kira-kira apa saja ya yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cuci untuk orang-orang yang sudah berusia lanjut? Berikut beberapa hal yang harus menjadi pertimbangan dalam membeli mesin cuci orang berusia senja.

1. Kapasitas

Kapasitas mesin cuci

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cuci adalah kapasitas. Hal ini menjadi penting agar barang yang sudah dibeli bisa berfungsi maksimal . Jangan sampai kapasitasnya jauh lebih besar atau malah terlalu kecil sehingga merepotkan.

Besaran kapasitas ini bisa ditentukan dari jumlah orang yang tinggal di rumah yang sama. Semakin banyak penghuni di dalam rumah, maka diperlukan sebuah mesin cuci dengan kapasitas besar agar bisa mencuci semua pakaian sekaligus.

Misalnya jika di rumah hanya tinggal berdua suami-istri, mesin cuci yang dibutuhkan mungkin cukup yang memiliki kapasitas paling kecil. Ukuran mesin cuci yang dipasarkan di Indonesia biasanya paling kecil 6 kilogram dan paling besar sampai 20 kilogram.

Menyesuaikan kapasitas dengan kebutuhan tidak hanya membuat proses mencuci jadi lebih mudah, tetapi juga turut menghemat daya listrik. Selain itu, kapasitas yang kecil juga akan membuat ibu rumah tangga berusia lanjut dimudahkan saat akan mengambil hasil cucian.

2. Ukuran

Jika kapasitas yang tepat sudah diketahui, hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah ukuran. Ukuran dari sebuah mesin cuci ini biasanya tergantung dari berapa banyak tabung yang digunakan.

Secara umum ada dua jenis mesin cuci yang beredar di pasarkan, yakni jenis satu tabung dan dua tabung. Soal ukuran, jenis satu tabung tentu lebih minimalis dibanding dengan produk yang menggunakan dua tabung,.

Ukuran yang minimalis tentu lebih cocok digunakan oleh orang berusia lanjut. Hal ini akan memudahkan jika sewaktu-waktu mesin harus digeser. Ukuran ini juga penting diperhatikan agar saat ditempatkan di dalam rumah tidak banyak memakan ruang.

Tidak hanya ukurannya yang kecil, mesin cuci dengan satu tabung tentu jauh lebih praktis dibanding dengan dua tabung. Para pengguna berusia lanjut tidak perlu repot memindahkan pakaian dari satu tabung ke tabung yang lain.

Hal ini tentu jauh lebih memudahkan bagi para pengguna berusia senja mengingat kemampuan fisiknya yang sudah tidak segar saat masih muda dulu.

3. Tingkat perputaran

Hal lain yang perlu diperhatikan sebelum membeli mesin cuci untuk orang yang sudah berusia lanjut adalah tingkat perputaran mesin. Mesin yang memiliki putaran minimal 1000 rpms dapat membuat proses pengeringan berjalan dengan lebih baik.

Dengan begitu, maka sisa air yang ada di pakaian akan jauh lebih sedikit. Hal ini tentu akan menghindari adanya tetesan air dari pakaian saat dikeluarkan dari dalam mesin cuci.

Sebab, tetesan air yang jatuh dari kain cucian ini berpotensi membasahi lantai dan membuatnya menjadi licin. Tentu ini sangat berbahaya bagi orang-orang yang berusia lanjut karena reflek mereka sudah tidak sebaik saat masih muda.

4. Kejelasan simbol label pada panel

Kejelasan tombol panel

Kemudian hal terakhir yang juga harus diperhatikan saat akan membeli mesin cuci untuk ibu rumah tangga yang sudah berusia lanjut adalah kejelasan dari simbol dan label yang ada di panel mesin cuci.

Secanggih apapun mesin cuci yang dibeli untuk ibu rumah tangga berusia lanjut, tidak akan berguna jika mereka sama sekali tidak memahami cara kerjanya. Karena itu, saat memilih mesin cuci pastikan simbol yang ada di panel jelas.

Selain itu, usahakan untuk memilih mesin cuci yang memiliki label tulisan yang mudah dipahami oleh orang berusia lanjut.

5. Jenis mesin cuci

Selain jumlah tabung, mesin cuci juga dibedakan dari jenis pintu yang digunakan. Ada dua tipe pintu yang dijual di pasaran, yakni front loading (pintu depan) dan top loading (pintu atas).

Dua jenis mesin cuci ini masing-masing memiliki kelebihannya sendiri-sendiri. Mesin cuci front loading biasanya memiliki kemampuan yang lebih baik soal urusan mengeringkan pakaian. Selain itu, mesin cuci jenis ini juga tidak membuat pakaian jadi mudah kusut.

Sementara untuk jenis top loading, proses pengeringan pakaian yang dilakukan tidak semaksimal tipe front loading. Selain itu, ketika baju dicuci dengan mesin cuci ini jenis ini, pakaian jadi lebih kusut dibanding dengan tipe front loading.

6. Fitur yang dibutuhkan

Hal terakhir yang harus diperhatikan sebelum membeli mesin cuci untuk orang berusia lanjut adalah fitur yang ditawarkan. Pada mesin cuci modern, biasanya ada berbagai fitur modern yang ditambahkan.

Tidak hanya sekedar mencuci dan mengeringkan, beberapa mesin cuci juga sudah menawarkan fitur pencucian yang berbeda untuk berbagai bahan pakaian seperti wool hingga jeans . Hal ini tentu akan semakin memudahkan para pengguna lansia saat proses mencuci.

Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Saat disuguhkan dengan berbagai merek dan spesifikasi kecanggihan yang beragam, kamu tak perlu bingung mau beli yang mana. Pastikan kamu mengetahui kebutuhanmu terlebih dahulu. Setelah itu, cocokan dengan masing-masing spesifikasi mesin cuci. Pilihlah mesin cuci yang spesifikasinya sesuai atau mendekati kebutuhan.

Jika budget untuk membeli mesin cuci kurang, tak perlu khawatir. Kamu bisa memanfaatkan paylater Indodana. Pengajuannya yang sangat mudah, dana yang kamu ajukan pun akan cepat cair jika kamu sudah memenuhi syarat yang ditentukan.

Ajukan Indodana PayLater Sekarang!

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.