Selain melalui nama brand dan logo, ciri khas sebuah bisnis atau perusahaan dapat tercipta melalui pembuatan slogan. Slogan sendiri dapat diartikan sebagai bahasa yang umum digunakan untuk meraih berbagai keperluan atau tujuan. Biasanya, slogan dibuat oleh kelompok-kelompok tertentu dengan tujuan untuk memberi gambaran terkait sebuah ideologi yang diikuti atau dianut.
Selain itu, slogan sering kali digunakan untuk mengomersialkan produk dengan menjelaskan kelebihannya secara singkat. Menurut KBBI, slogan memiliki definisi sebagai kalimat atau perkataan pendek yang mencolok atau menarik, serta mudah diingat dengan tujuan mengiklankan atau memberitahukan sesuatu.
Secara umum, slogan juga digunakan untuk menyampaikan sesuatu dengan tujuan tertentu. Sebagai contoh, tujuan dibuatnya sebuah slogan adalah untuk memberikan informasi, membangun kesadaran terhadap suatu hal, memberi motivasi, imbauan, hingga memengaruhi pembacanya. Dengan tujuan tersebut, tak ayal slogan kerap dimanfaatkan dalam berbagai kesempatan, khususnya yang berhubungan dengan memberikan informasi pada publik.
Slogan pun memiliki beberapa ciri-ciri atau kriteria. Sebuah tulisan atau kalimat pendek dapat diklasifikasikan sebagai slogan saat tersusun dari kata-kata yang menarik, serta mempunyai kandungan atau isi tertentu. Tujuannya bisa untuk menginformasikannya kepada masyarakat, sebagai media mengiklankan produk, ataupun menggambarkan ideologi sebuah kelompok tertentu.
Ada pula ciri khusus dari slogan yang menjadi pembeda di antara produk bahasa lainnya. Yang pertama adalah slogan biasanya terdiri dari kata-kata singkat, mudah diingat, dan menarik, serta dibuat dengan bentuk frase, moto, klausa, ataupun kalimat. Slogan juga dapat dibuat selayaknya semboyan yang digunakan oleh sebuah kelompok organisasi maupun masyarakat.
Mengetahui definisi dan cirinya di atas, kamu pasti menyadari jika membuat slogan bisnis tidak bisa dilakukan dengan sembarangan. Sebab, tujuan dan maksud dari dibuatnya slogan tidak akan tersampaikan kepada target pembacanya. Nah, agar bisa membuat slogan bisnis yang kreatif dan efektif menyampaikan pesannya, yuk simak tips berikut ini!
Buat secara Singkat, Sederhana dan Mudah Diingat
Dalam membuat slogan bisnis, hal terpenting yang perlu diperhatikan adalah panjang kalimatnya. Jika dibuat terlalu panjang, slogan akan semakin sulit diingat dan akhirnya pesannya tak tersampaikan kepada pembacanya. Sebaliknya, jika dibuat dengan singkat dan sederhana, pembaca slogan tersebut akan lebih mudah untuk mengingat pesan yang disampaikannya.
Idealnya, buat slogan bisnis dalam satu kalimat saja yang berisi enam sampai delapan kata. Jika lebih dari itu, apalagi terdiri dari dua kalimat takutnya pesan yang disampaikan terasa campur aduk dan hanya lewat saja di benak pembacanya.
Konsisten dalam Membuat Slogan
Konsisten dalam melakukan pencitraan brand merupakan kunci dalam menentukan apakah bisnis kamu termasuk sebagai bisnis kecil atau rumahan. Pastikan slogan bisnis yang dibuat dilengkapi logo, gambaran bisnis, dan nama perusahaan atau brand. Salah satu contoh slogan yang baik dan menarik adalah “Imagination at Work” milik General Electric, sebuah perusahaan yang memproduksi produk elektronik dan slogan tersebut menggambarkan kreativitas serta kualitas perusahaan tersebut.
Fokus pada Keunikannya

Sebelum membuat slogan bisnis, cari tahu dulu apa kelebihan atau nilai lebih yang dimiliki bisnismu yang tidak dimiliki oleh bisnis kompetitor. Sebagai contoh, apakah bisnismu memiliki proses pengiriman terpadu? Apakah bisnis memiliki stok barang yang lebih lengkap dan selalu ada?
Nah, kelebihan-kelebihan inilah yang perlu ditonjolkan pada slogan guna meningkatkan pandangan konsumen terhadap bisnismu. Manfaatkan pula hal spesial yang membuat bisnismu lebih unggul ketimbang bisnis pesaing dan semacamnya.
Gunakan Kata atau Kalimat yang Tak Lekang oleh Waktu

Slogan bisnis yang baik adalah yang bisa tetap eksis walaupun zaman telah berubah alias tak lekang oleh waktu. Tak dapat dipungkiri jika bisnis di industri apapun pasti akan mengalami perubahan akibat pengaruh perkembangan teknologi atau industri yang begitu pesat. Oleh karena itu, dalam membuat slogan bisnis, kamu perlu memikirkan apakah kata atau kalimat pada slogan tersebut memiliki umur panjang atau tidak.
Hindari menggunakan referensi teknologi atau frasa yang berisiko ‘tergantikan’ seperti “satu-satunya”. Slogan yang baik adalah slogan yang mengandung kata atau kalimat yang mampu bertahan meski diterpa ujian waktu.
Sampaikan Pesan dengan Jelas dan Tak Ambigu
Tak kalah pentingnya, membuat slogan bisnis juga harus jelas dan tak ambigu. Jangan jadikan pesan dalam slogan sebagai misteri atau tak langsung bisa dipahami oleh pembacanya. Tujuan dari produk bahasa ini bagi bisnis adalah memberitahu pembaca tentang eksistensi bisnismu tanpa membutuhkan informasi tambahan untuk memahaminya.
Sebagai contoh, Cartoon Network memiliki slogan “Tempat Terbaik untuk Kartu.” Pada slogan tersebut, Cartoon Network menjelaskan dengan gamblang kepada pembacanya tentang apa yang bisa didapatkan saat menonton kanal TV tersebut beserta nilai lebih yang ditawarkan.
Pertimbangkan Pembaca yang Disasar

Tips selanjutnya dalam membuat slogan bisnis adalah mempertimbangkan target pembacanya. Kamu perlu mempertimbangkan jenis pembaca manakah yang akan membaca slogan, apakah pelanggan lokal, nasional, atau bahkan internasional.
Hal ini penting untuk dipikirkan matang-matang agar pesan dalam slogan bisnis tersebut bisa dimengerti oleh pembaca yang disasar. Sebagai tips tambahan, saat membuat slogan untuk pembaca di luar negeri dengan bahasa yang berbeda, pastikan saat menerjemahkan kata atau kalimat pada slogan benar- benar sepadan. Pasalnya, bisa jadi jika hanya diartikan kata per kata, atau sekadar mengikuti tata bahasanya saja, pesan yang disampaikan oleh slogan bisa berubah dan tak sesuai dengan tujuan awalnya.
Usahakan Slogan Terdengar Berirama dan Catchy
Membuat slogan bisnis membutuhkan cara berpikir yang kreatif karena perlu dibuat sedemikian rupa agar dapat diingat oleh pelanggan. Salah satu caranya bisa dengan membuat slogan memiliki rima yang sama agar terdengar lebih catchy dan unik.
Kalimat yang memiliki irama serupa tentu jauh lebih mudah dikenal dan diingat kembali. Bahkan, menurut sebuah studi, slogan bisnis yang diubah menjadi lagu jingle jauh lebih efektif menyampaikan pesan yang terkandungnya dibanding sekadar diucapkan saja.
Tekankan pada Komitmen Perusahaan
Tak sedikit slogan bisnis dibuat untuk menyampaikan komitmen perusahaan pada para pelanggannya. Sebagai contoh, melalui slogan, perusahaan berusaha menyampaikan hal terkait pelayanan pelanggan, jaminan garansi, dan lain sebagainya. Meskipun ada banyak perusahaan atau bisnis lain yang menjajakan produk serupa, jangan biarkan hal tersebut memengaruhi kualitas perusahaan atau bisnismu.
Tunjukkan pula keunggulan lainnya yang mungkin tak bisa ditemukan atau diberikan oleh perusahaan pesaing. Contohnya adalah pelayanan pelanggan intensif pada bisnis yang mampu meningkatkan kepercayaan konsumen dan pengalaman positif saat bertransaksi.
Mampu Merefleksikan Ciri Khas Produk dengan Jujur
Slogan yang apik mampu menunjukkan gambaran atau refleksi dari sebuah produk yang diwakilinya. Beberapa hal yang mampu mempengaruhi pribadi sebuah produk adalah kualitas, sifat produk, atribut fisik produk, dan lain sebagainya.
Kadang kala, saat membuat slogan bisnis, kata yang dipakai dalam memosisikan ciri khas produk terkesan berlebihan. Sehingga, slogan tersebut terlihat sulit untuk dipercaya, bahkan terkesan generik. Contoh slogan bisnis dengan kalimat berlebihan adalah “bisnis terbaik”, “bisnis kami nomor 1”, dan sebagainya.
Bisa jadi secara kualitas produk yang dimiliki oleh bisnismu memang tak ada duanya. Namun, dengan membuat slogan dengan kalimat hiperbola, pembaca akan merasa sulit untuk memercayainya. Alih-alih melakukan hal tersebut, tetap buat slogan bisnis dengan pesan yang realistis, namun masih mampu menunjukkan keunggulan produk atau bisnis.
Munculkan Solusi pada Slogan
Selain menyisipkan keunikan atau keunggulan produk, coba untuk menunjukkan solusi saat membuat slogan bisnis. Dengan begitu, pembaca dapat mengetahui bahwa produk atau bisnismu tengah berusaha untuk mengatasi masalah yang sedang mereka alami. Jadi, rasa penasaran dan minat untuk membeli produk pun akan menjadi lebih kuat dan berakhir dengan penjualan.
Tuangkan Kreativitas untuk Ciptakan Slogan yang Powerful
Slogan bisnis termasuk sebagai produk bahasa yang harus bisa dibuat dengan cara yang kreatif agar bisa menjalankan fungsinya dengan optimal. Melalui cara pikir yang kreatif, seseorang mampu menciptakan slogan bisnis yang powerful dan mampu menyampaikan pesannya dengan jelas dan mudah dimengerti. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengikuti 10 tips di atas agar bisa merancang slogan bisnis secara tepat dan pembaca mampu menerima pesan yang disampaikannya secara utuh.
Baca Juga Artikel Lainnya:
You must be logged in to post a comment.