pandemi

10 Tips Aman dan Tetap Sehat Selama Bepergian di Masa Pandemi Covid-19

No comments

Wabah pandemi Covid-19 masih mewabah di Indonesia. Hingga saat ini pemerintah Indonesia masih mengupayakan pemutusan penyebaran virus Covid-19. Salah satunya dengan kebijakan berada di rumah saja, mulai dari belajar di rumah dan bekerja di rumah.

Meski begitu, pemerintah masih memberikan kelonggaran untuk masyarakat bisa melakukan kegiatan di luar rumah, seperti belanja, melakukan perjalanan dinas, bekerja, hingga rekreasi di beberapa lokasi yang memang sudah mendapat izin buka di tengah pandemi oleh pemerintah.

Agar selama melakukan aktivitas di luar rumah atau bepergian di masa pandemi Covid-19 ini kamu tetap merasa aman dan sehat, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Simak ulasannya berikut ini dan terapkan dalam sehari-hari!

Tips Sehat Selama Bepergian di Masa Pandemi Covid-19

1. Cek Kondisi Tubuh

Cek kondisi tubuh

Jika kamu merasa perlu keluar rumah karena kondisi yang mendesak. Pastikan untuk selalu mengecek kondisi tubuh terlebih dahulu. Seperti misalnya cek suhu tubuh sebelum memutuskan untuk pergi keluar rumah. Dan jika kondisi tubuh dirasa kurang sehat, mengalami batuk, pilek, atau demam, ada baiknya untuk membatalkan rencana bepergian.

Kamu perlu segera hubungi pertolongan medis jika mengalami gejala seperti demam, sesak napas, ataupun demam. Dan berikan informasi jujur riwayat bepergian kepada petugas medis.

2. Batasi Kontak Fisik  

Beri jarak dan jangan lakukan kontak fisik dengan orang lain. Terlebih jika berpapasan dengan orang yang mengalami batuk atau suhu tubuhnya cukup tinggi. Hal ini dilakukan, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya penularan penyakit maupun virus yang berbahaya.

3. Cuci Tangan dengan Benar

Baik sebelum maupun sehabis keluar rumah pastikan kamu sudah mencuci tangan dengan baik dan benar. Mencuci tangan dianjurkan dengan menggunakan air mengalir dan sabun anti bakteri. Jika tidak ditemukan air dan sabun, maka bisa dengan hand sanitizer setelahnya.

Berikut langkah-langkah cuci tangan yang baik:

  • Tuangkan sabun cair ke telapak tangan. Gosok telapak tangan dengan cara memutar 
  • Gosok juga secara lembut punggung tangan
  • Gosok sela jari dan dan pada ujung-ujung jari dengan posisi tangan mengunci
  • Gosok ibu jari dengan cara bergantian

4. Hindari Menyentuh Area Wajah

Ketika sedang bepergian, pastikan untuk menghindari kebiasaan menyentuh area wajah, baik mulut, hidung dan juga mata. Sebab, di area tangan besar kemungkinan menjadi tempat banyaknya bakteri dan virus. 

Jika tangan menyentuh area mulut, hidung, dan mata, maka virus bisa saja masuk tanpa disadari. Hal ini bisa jadi awal penularan penyakit yang bisa membahayakan kesehatan tubuh. Untuk itu, sangat penting melakukan cuci tangan secara rutin dengan sabun dan air mengalir atau menggunakan hand sanitizer.

5. Etika Bersin dan Batuk

Jika batuk atau bersin, ada baiknya tutup area hidung dan mulut. Kamu bisa menekuk lengan untuk menutupi area hidung dan mulut atau bisa juga dengan selembar tisu. Setelah itu, lekas buang tisu yang sudah digunakan tersebut di tempat sampah.

Jangan lupa untuk mencuci tangan dengan sabun dan bilas di air mengalir. Jika memang tidak ada, bisa gunakan hand sanitizer yang lebih praktis.

6. Pakai Masker dengan benar

Menggunakan masker dengan benar

Masker merupakan hal wajib yang dipakai selama beraktivitas di luar rumah selama masa pandemi ini. Masker pun harus digunakan dengan baik dan benar, pastikan agar masker menutupi bagian mulut dan juga hidung. 

Saat kembali ke rumah, pastikan untuk membuang masker sekali pakai yang sudah dikenakan lalu cuci tangan. Jika kamu menggunakan masker kain, segera rendam dengan deterjen dan cuci hingga bersih.

7. Perhatikan Kondisi Tubuh di Perjalanan

Jika saat di perjalanan merasa kondisi tubuh terganggu atau kurang fit, sebaiknya segera menghubungi orang terdekat dan meminta pertolongan medis untuk segera diperiksa. Pastikan untuk memberikan informasi mengenai riwayat perjalanan yang dilakukan dengan sejujur-jujurnya.

Selain itu, berikan juga informasi gejala yang dirasakan dan terjadi selama di perjalanan kepada petugas yang menangani. Jangan ada yang ditutup-tutupi agar penanganan yang diberikan lebih tepat.

8. Perhatikan Konsumsi Makanan yang Matang

Perhatikan makanan yang dikonsumsi

Selama di perjalanan, pastikan agar imun tubuh tetap terjaga dengan baik. Salah satunya dengan mengkonsumsi memakan-makanan yang sehat dan bervitamin. Selain itu, konsumsilah makanan yang diolah benar-benar matang saja.

Karena makanan yang diolah kurang matang, akan sangat mungkin masih menyimpan bakteri yang bisa menyebabkan penyakit. Selain itu, jika imun tubuh kurang, itu dapat mempermudah virus menyerang. Jika memungkinkan perbanyak makan buah dan sayur-sayuran.

9. Hindari meludah sembarangan

Tidak hanya orang lain saja, tapi kamu juga perlu menjaga kebersihan fasilitas umum, dengan tidak meludah sembarang di tempat. Hal ini bisa menyebabkan penyebaran virus yang mungkin bisa membahayakan. Selain itu, meludah di sembarang tempat juga kurang beretika.

10. Jauhi Hewan yang Sakit

Cara aman bepergian selama pandemi selanjutnya adalah dengan menghindari kontak dengan hewan, apalagi jika hewan-hewan tersebut sakit. Hewan juga rawan terkena virus-virus diluar sana, jadi akan lebih baik untuk tidak membawa serta hewan saat bepergian. 

Selain menjaga agar kondisi diri tetap aman, hal ini juga agar tidak saling menularkan virus dari dan ke hewan yang ada disekitar.

Patuhi Protokol Kesehatan

Penularan virus Covid -19 ini dapat menular kepada siapa saja. Dari anak kecil, remaja, dewasa, dan sangat rentan pada orang yang sudah tua. Maka menerapkan protokol kesehatan dan memastikan fisik sehat begitu penting saat bepergian keluar rumah. 

Jika memang tidak ada kepentingan atau kegiatan di luar rumah, sebaiknya lebih baik untuk tetap berada di rumah. Selain lebih aman, kamu mendukung kebijakan pemerintah dalam pemutusan penyebaran rantai virus Covid-19.

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.