5 Poin Penting Tentang Paylater yang wajib Diketahui

No comments

Kehadiran paylater tentu melengkapi kenyamanan dalam bertransaksi, terutama transaksi online. Alat pembayaran yang satu ini akan mempermudah pengguna memenuhi berbagai kebutuhan, bahkan di saat mendesak dan tidak memiliki uang. 

Pengguna bisa memakainya dengan mudah untuk membeli berbagai barang yang diperlukan. Selanjutnya, pengguna hanya perlu melakukan pencicilan hingga barang tersebut lunas. Jika kamu termasuk orang yang senang dengan sistem pembayaran yang praktis, maka sudah waktunya menggunakan paylater. 

Bukan hanya sekedar memberikan kemudahan semata, paylater juga akan memungkinkan kamu menikmati berbagai keuntungan lainnya, seperti diskon dan berbagai penawaran menarik. 

Namun pastikan kamu memahami sistem kerja dan hal lainnya terkait paylater ini terlebih dahulu, sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Berikut ini adalah beberapa poin penting tentang paylater yang perlu diketahui:

1. Proses Pendaftarannya Mudah

Proses pendaftaran mudah

Jika dibandingkan dengan fasilitas kredit lainnya, paylater termasuk salah satu yang terbilang mudah didapatkan. Kamu bisa menemukan produk ini dari berbagai perusahaan, mulai dari fintech, marketplace dan yang lainnya. 

Semua ini akan memberikan kemudahan untuk memilih salah satu paylater yang paling tepat dan bisa memenuhi kebutuhan. Penawaran yang diberikan masing-masing paylater juga berbeda-beda dan ini akan memudahkan kamu untuk menggunakan dan mendapatkan manfaat maksimal dari paylater yang diajukan.

Bukan hanya itu saja, hampir semua marketplace bahkan menyediakan layanan ini dan menawarkannya bagi membernya. Jika selama ini kamu sudah memiliki aplikasi dan akun di marketplace tertentu, maka bisa dengan mudah mendaftarkan paylater di sana. 

Syarat dan proses pengajuan terbilang sangat mudah, sehingga kamu tidak akan kesulitan untuk memenuhinya. 

2. Diawasi Otoritas Jasa Keuangan (OJK)

Sama dengan produk keuangan lainnya, paylater juga berada di bawah pengawasan OJK. Artinya, paylater ini sudah terdaftar dan mengikuti aturan yang dibuat oleh OJK. Hal ini penting dan menjamin hak-hak kamu sebagai konsumen, sebab OJK tentu memiliki aturan ketat terkait dengan paylater itu sendiri. 

Jika dibandingkan dengan produk pinjaman online lainnya, tentu akan lebih baik jika kamu memilih paylater. Saat ini banyak jenis kredit online yang bermasalah dan tidak dikelola secara profesional, terutama produk-produk pinjaman yang tidak terdaftar di OJK. 

3. Limit dan Bunga yang Variatif

Limit dan bunga yang variatif

Jika berbicara tentang pinjaman, besaran bunga yang diterapkan tentu menjadi salah satu poin yang paling penting. Di dalam paylater kamu akan dikenakan bunga yang terbilang tinggi, yakni mulai dari 2,5% sampai 4,7% per bulannya. 

Jika dibandingkan dengan bunga pinjaman di bank, ini tentu jumlah yang cukup besar, bahkan lebih besar dari bunga kartu kredit. Ini patut menjadi pertimbangan sebelum menggunakan paylater. 

Paylater juga memberikan limit yang beragam untuk penggunanya, mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 50 juta. Besaran limit ini tentu tergantung pada kebijakan perusahaan penyedia paylater, termasuk kondisi keuangan penggunanya.

Sedangkan tenor pinjaman terbilang fleksibel, produk ini rata-rata menyediakan tenor mulai dari 1 bulan hingga 12 bulan. Ini akan membuat kamu leluasa dalam memilih, sehingga cicilan bisa disesuaikan dengan kondisi dan kemampuan keuangan. 

4. Cepat dan Lebih Fleksibel

Berbeda dengan proses pengajuan pinjaman di bank yang membutuhkan proses panjang, paylater akan menghemat banyak sekali waktu. Kamu bisa mengajukan pinjaman ini dengan mudah secara online dan dalam proses yang terbilang sangat cepat. Tidak butuh waktu lama, paylater bisa diproses dalam hitungan jam saja. 

Selain itu, produk ini juga tidak menerapkan berbagai persyaratan yang rumit dan sulit untuk dipenuhi. Hal ini memungkinkan hampir semua orang bisa mengakses pinjaman yang satu ini dengan cepat. 

Kamu bisa mengajukannya kapanpun dan dimanapun, tentunya selama terhubung dengan layanan internet. Jika sudah disetujui, kamu bahkan bisa langsung menggunakan paylater untuk bertransaksi.

5. Banyak Pilihan Platform

Pilihan platfor yang banyak

Paylater juga hadir dalam berbagai platform yang berbeda, di mana mereka juga menawarkan keuntungan yang berbeda. Jika kamu senang bepergian atau traveling, maka tidak ada salahnya untuk mendaftar dan menggunakan paylater dari situs perjalanan. 

Namun jika kamu termasuk orang yang senang belanja, maka paylater yang disediakan oleh marketplace kesayanganmu tentu akan menjadi pilihan terbaik. Banyaknya pilihan platform ini akan menjadi keuntungan tersendiri bagi kamu, terutama jika memilih paylater yang tepat sejak awal.

Kenali dan Pilih Paylater yang Paling Tepat

Bagi yang baru akan menggunakan paylater untuk pertamakalinya, pastikan kamu meluangkan waktu untuk mempelajari produk ini terlebih dahulu. Selain keuntungan yang ditawarkan, paylater juga tentu memiliki beberapa kekurangan. Pilih paylater yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan, sehingga kamu bisa memanfaatkannya dengan maksimal.

Baca Juga:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.