peluang usaha

Ini Bedanya Ide dan Peluang Usaha, Sudah Tahu Belum?

No comments

Pernah mendengar istilah tentang ide dan juga peluang usaha? Tahukah kamu jika pemahaman yang kurang tentang kedua istilah ini bisa menyebabkan bisnis yang baru dijalankan berakhir dengan kegagalan. Memangnya apa sih perbedaan dari kedua istilah tadi?

Ide dan juga peluang bisnis adalah istilah yang banyak dipergunakan oleh seorang pelaku usaha dalam pengembangan bisnisnya. Akan tetapi, seringkali sebuah bisnis hanya dimulai dengan ide. Sementara mereka tidak berusaha untuk mengubahnya menjadi sebuah peluang usaha secara nyata. 

Oleh karenanya, banyak sekali bisnis yang mengalami kegagalan saat masih berada dalam tahap awal. Hal ini tampak dari kurangnya pelanggan yang datang atau modal untuk mendanai bisnis yang tengah dijalankan.

Agar lebih memahami secara mendalam apa perbedaan ide dan peluang usaha serta apa saja contohnya, simak ulasan berikut.

Perbedaan Ide dan juga Peluang Usaha

Ada begitu banyak bisnis sukses yang muncul dari orang-orang yang berhasil mengidentifikasi sebuah masalah maupun kebutuhan pasar dengan baik. Akan tetapi, di lain sisi, banyak juga bisnis sukses karena masalah pribadi dari seseorang.

Di mana permasalahan tersebut kemudian mengantarnya ke dalam situasi penuh tekanan yang memunculkan ide-ide bisnis yang menarik. Namun, situasi frustasi yang dialami pada waktu itu hanya dirinya sendiri yang tahu dan merasakan permasalahannya. Selain pelaku usaha tersebut, adakah orang lain yang mengalami situasi dengan rasa frustasi yang serupa? 

Jika tidak, maka meski ide bisnis yang dimiliki cukup brilian, akan tetapi ide tersebut tidak siap menghasilkan peluang bisnis menjanjikan.

Lain halnya jika jawaban dari pertanyaan tersebut adalah ya, maka harus dipastikan benar-benar apakah ide tersebut merupakan peluang usaha yang punya prospek yang baik. Perlu diingat, bahwa setiap ide usaha yang ada perlu dilakukan validasi sebelum bisa diimplementasikan sebagai peluang usaha yang menjanjikan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa ide usaha adalah sesuatu yang dirasakan sendiri oleh orang yang bersangkutan. Baik perasaan frustasi hingga inovasi yang dimiliki.

Akan tetapi, tak selamanya ide dikatakan bagus atau menjanjikan hanya karena ide tersebut cukup bagus untuk seseorang? Pasalnya dalam dunia usaha terdapat satu prinsip yang cukup fundamental, yakni:

Apabila seorang entrepreneur tahu secara pribadi setidaknya sepuluh orang yang sangat bersemangat ingin membeli layanan atau produk yang dihasilkan dari ide usaha, dengan nilai jual yang pantas serta kondisi lainnya. Di pasar akan sangat mungkin terdapat ratusan, ribuan bahkan jutaan calon pelanggan potensial yang tertarik untuk membeli layanan maupun produk yang serupa jika tahu tentang produk tersebut.”

Sehingga, jika ingin mengubah sebuah ide menjadi sebuah peluang bisnis, maka kamu perlu mengikutsertakan orang lain di dalam prosesnya. Dan orang tersebut adalah pelanggan. Tak cukup hanya dengan ide bisnis saja, kamu perlu melakukan beragam hal tambahan.

Karakteristik yang Harus Ada Sebelum Mengonversi Ide Menjadi Sebuah Peluang Usaha?

Ide yang dirasa sempurna tidak serta merta menjadi peluang usaha yang menjanjikan ketika direalisasikan. Namun ada beberapa karakteristik yang harus dipenuhi agar sebuah ide bisa diimplementasikan menjadi peluang usaha yang menjanjikan, berikut di antaranya:

1. Ide Usaha Cukup Menarik Bagi Calon Pelanggan

Apakah saat ini kamu punya ide bisnis yang menarik? Tapi, jika ide tersebut tidak cukup menarik bagi para calon pelanggan, maka ide bisnis tersebut bukan ide yang bagus. Karena itu, kita perlu memeriksa pasar adakah kebutuhan yang nyata terkait dengan layanan jasa atau produk yang dihasilkan dari ide bisnis yang dimiliki.

2. Harga Jual Produk atau Layanan dari Ide Bisnis Bisa Dijangkau Banyak Orang

Di sisi lain, ketika ide bisnis yang dimiliki menghasilkan produk atau layanan jasa dengan nilai jual yang mahal, maka calon konsumen akan kesulitan untuk membelinya. Jika demikian, maka ide bisnis ini juga bisa dibilang kurang bagus. Terlebih saat ini, terjadi penurunan daya beli masyarakat yang cukup signifikan.

3. Pelaku Usaha Mampu Mengubah Ide Bisnisnya Menjadi Produk Bisnis

Terakhir, sebagai seorang pelaku bisnis, ide bisnis yang dimiliki perlu diterapkan hingga memunculkan sebuah peluang bisnis yang menjanjikan. Untuk itu, kamu harus punya pengetahuan dan skill khusus untuk mewujudkan ide tadi ke dalam sebuah praktik usaha dengan baik.

Contoh Bisnis Sukses yang Berawal dari Ide dan Peluang Usaha

1. Gojek

Kemacetan memang menjadi salah satu masalah di Jakarta dan hal ini cukup melelahkan bagi mayoritas penduduknya. Ojek menjadi salah satu jasa transportasi alternatif unggulan yang umum digunakan untuk mengatasi kemacetan.

Namun dulunya, ojek hanya dipandang sebelah mata karena banyaknya kekurangan. Dari mulai tarif harga yang kurang wajar, alasan keamanan, dan lain sebagainnya. Tetapi kehadiran Gojek dengan layanan ojek berbasis online menjadikan transportasi roda dua kini begitu populer dan sangat diminati masyarakat.

Nadiem Makarim sebagai founder dari Gojek, mengaku dirinya juga merupakan pelanggan setia ojek. Layanan jasa transportasi kendaraan roda dua ini menjadi salah satu andalannya ketika menembus lalu lintas di Jakarta yang hampir dipastikan selalu macet.

Hal tersebut dilandasi juga dari hasil pengamatannya jika dalam bisnis layanan transportasi ojek ada semacam “inefisiensi pasar”. Di mana menurutnya, ketika tidak sedang dibutuhkan ojek banyak yang nongkrong, namun saat dibutuhkan justru tidak ada.

Sekarang ini Gojek sendiri telah dikenal luas dan menjadi andalan setiap masyarakat.

2. Airbnb

Buat kamu yang hobi traveling pasti familiar dengan Airbnb. Ini merupakan sebuah marketplace yang memudahkan seseorang untuk mencari, dan menyewa akomodasi penginapan. Seperti apartemen, rumah, kamar tunggal dengan biaya yang relatif murah dan terjangkau.

AirBnb ini berangkat dari sebuah ide untuk menyediakan akomodasi murah untuk wisatawan menginap, dan juga memberikan kesempatan untuk warga lokal mendapatkan tambahan penghasilan dari kamar di rumah mereka yang kosong atau tidak digunakan.

AirBnb kini telah menjadi salah satu akomodasi terbesar yang ada di dunia tanpa satu ruang kamar pun. Marketplace ini tidak menyewakan kamar atau rumah dari pemiliknya tetapi hanya sebagai perantara penawaran dan juga permintaan.

Model usaha tersebut dibangun atas dasar keyakinan yang kuat bahwa sang pemilik akomodasi bersedia untuk menyewakan ruangan kosong di rumahnya pada orang asing. Layanan ini bahkan telah membantu banyak orang di berbagai penjuru dunia.

Tanpa Ide, Peluang Usaha Tidak Akan Muncul, Begitu Sebaliknya

Ide dan juga peluang usaha merupakan dua hal penting yang berjalan beriringan. Keduanya saling melengkapi dan tidak bisa berdiri sendiri. Selalu pastikan bahwa ide bisnis yang dirancang mampu menarik perhatian audiens, sehingga mampu diubah menjadi sebuah peluang bisnis berkelanjutan yang menjanjikan keuntungan.

Baca Juga Artikel Lainnya: